Jumat, 16 Juni 2017

Sup Durian

Durian di Garut harganya mehong....itupun jarang banget ada dijual. Selama Ramadhan baru liat kemarin ada dijual di swalayan, ampun mahalnya...ditimbang sama cangkangnya pula. Ga jadi beli ah...kalo ada di Swalayan pasti ada dijual dipinggir jalan. Bener... dapat penjual Durian dipinggir jalan, lumayan harganya murah 3x lipat#dasaremak2superirit hehehe
Aku buat jd Sup Durian, tinggal nambahin Nata De Coco dan Strawberry. Ga pake gula pasir hanya air es ditambah Susu Kental Manis yg Gold. Keiko chan suka banget sekalian ngasih buat tetangga:-)

Selasa, 13 Juni 2017

Jasuke, Cemilan Sehat buat Keiko chan

Jasuke itu Jagung, Susu dan Keju.....biar gampang nyebutnya jd disingkat. Cemilan ini paling mudah dibuat. Kalo ada stok Jagung manis, tinggal disisir ayau dipipil terus direbua pake sedikit air, aduk-aduk hingga matang. Masaknya ga lama paling 5 menitan kalo porsi kecil aja. Airnya dikit aja ya jd pas udah matang, airnya juga udah kering.
Pindahkan Jagung kewadah saji, tambahkan Susu kental manis abis itu tambahkan parutan Keju.
Praktis kan? Selamat mencoba:-)

Lumpia Bakar ala Dapoer Yuyu

Awal Ramadhan beberapa kali beli Lumpia goreng, minyaknya netes di tissu.Ampun....jd takut konsumsi banyak. Mending bikin sendiri, lebih sehat dan ga perlu digoreng. Cukup dibakar diteflon. Enaknya sih pake Sayur Rebung,pernah beli dipasar yg udah diiris halus. Aku buang karena curiga udah dikasi formalin. Mending ganti sama bahan lain yg dijamin bebas pengawet.
Bakarnya pake teflon dengan api kecil ya biar ga cepat hangus. Bisa disimpan buat stok dikulkas, tahan 2 hari.
Bumbunya hanya bawang putih yg aku cincang halus, tumis pake minyaj sedikit. Abis itu masukkan daging ayam yg udah dipotong kecil. Kalo udah matang, masukkan telur 1 butir, orak-arik sampai matang. Setelah itu masukkan wortel, touge,terakhir Bihun yg udah direbus misah dan dipotong kecil dan bawang daun. Tambahkan garam, lada bubuk, sedikit kaldu bubuk atau gula pasir.

Bahan-bahan:
1 bungkus kulit Lumpia (isi 20 l)
1/4 kg dada ayam
1 bungkus Touge
1 bungkus Bihun
4 batang wortel
1 butir telur
2 batang bawang daun

Bumbu:
3 siung bawang Putih
Garam, lada bubuk, kaldu bubuk atau gula pasir secukupnya


Resep sambelnya :
12 biji cabe rawit
2 siung bawang putih
Garam, gula dan cuka secukupnya
1 sdm tepung Tapioka ( tepung Aci/Kanji)
1/2 gelas air
Cara membuat:
cabe rawit dan  bawang putih diblender halus. Masak sampai hangat, tambahkan 1 sdm tepung Tapioka yg udah dicampur air 1/2 gelas. Tambahkan garam, gula dan sedikit cuka. Aduk rata sampai mendidih. Siap dinikmati...
Selamat mencoba:-)



Senin, 12 Juni 2017

Bakso Asam Manis

Menu praktis buat nambah hidangan berbuka puasa buat Keiko chan. Aku rebus dulu sebelum diolah. Baksonya beli sama Abah Udjo, tetangga kami di kompleks ini. Kadang kalo pesan dalam jumlah banyak aku langsung kerumah Abah diatas gunung dijejeran depan. Nanjak lewati puluhan anak tangga. Baksonya enak, sambelnya khas....cabe kering yg digiling dengan kacang tanah yg sudah disangrai.
Menu ini kesukaan Keiko chan....masaknya ga pake lama dan ga perlu ngulek bumbu. Yuk intip resepnya:

Bakso Asam Manis
Bahan-bahan:
1/4 kg bakso daging sapi
Bawang bombay secukupnya
4 sdm Saus sambel
3 sdm kecap manis
1 buah tomat merah
Garam dan lada bubuk sejumput
2 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat:
Rebus bakso sampai mendidih, angkat dan tiriskan. Tumis bawang bombay yg sudah dicincang kasar. Kalau sudah wangi masukkan Bakso daging sapi. Aduk dua menitan. Masukkan Tomat yang sudah dipotong kecil. Tambahkan semua bumbu yg lain. Aduk kembali hingga semua bumbu tercampur rata. Koreksi rasanya, siap dihidangkan

Minggu, 11 Juni 2017

Bukber di RM Cibiuk Jatinangor



Bukber di Jatinangor abis Sidang Promosi Doktor dek Ilyas. Beberapa teman ngajar datang dari Palu. Sebagian juga yg lg kuliah di Pasca Unpad.
Ngabuburit di Cibiuk dari jam 4 sore jd kami punya banyak waktu untuk ngobrol. Selamat ya dek Ilyas...smg ilmunya barokah:-)








Keiko chan tes Psikologi sama kakak Rini pake  gambar.Makasih kakak Rini:-)

Sabtu, 10 Juni 2017

Panen Sayur di Kebun Tetangga




Rumah kami di Garut berdampingan dengan pemukiman penduduk asli daerah ini. Rumah mereka dengan rumah-rumah dikompleks tidak tersekat tembok. Pagi dan sore sebagian dari mereka yg bertani diatas lewat depan rumah. Aku rajin menyapa dan menanyakan aktivitas mereka dikebun. tetangga yg merupakan pemilik lahan tanah sebelum tanah mereka dibeli untuk pemukiman baru. Sebagian lahan yg dibeli perusahaan masih berupa kebun sayur yg subur. Pagi-pagi main ke kebun atas sama teh Ike dan anak-anak. Kami ikut panen sayur Kacang Panjang, Terong Lalap dan Cabe Merah dan Ijo. Sayurnya segar banget...