Monday, October 23, 2017

Sokko Pulu' Mandoti

Pulu' Mandoti ini sejenis Beras Ketan yg khas dan hanya tumbuh di ladang petani di Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan. Rasanya enak dan wangi...
Cara masaknya kalo ga mau pake santan cukup ditambahkan sedikit minyak goreng saat diliwet. Nasinya diliwet sebentar sampai airnya kering. Abis itu dikukus sampai matang. Jangan lupa tambahkan sedikit garam. Selamat mencoba😄😄😄

Sunday, August 20, 2017

Pancake Pisang praktis

Pancake ini paling praktis...pisangnya potong kecil-kecil. Diwadah terpisah, kocok telur 1 butir. Tambahkan beberapa sendok tepung pisang goreng siap saji. Panaskan teflon, masukkan sesendok penuh, ratakan. Masak hingga matang, balikkan dan masak kembali. Siap disantap...praktis kan?

Gammi Teboka (sambel ampas Minyak Kelapa) khas Bugis

Sulit sekali dapat ampas Minyak Kelapa asli di Garut. Yg asli masih berupa butiran kasar hasil perasan Minyak Kelapa yg diolah secara tradisonal. Kebetulan ayah bawa Galendo dari Tasikmalaya. Isinya sama saja hanya Galendo ini bentuknya padat dan rasanya menurutku ga seasli yg blm diolah.
Gammi Teboka ini enak disantap dengan nasi, gorengan atau Burasa. Waktu kecil, didepan SD tempatku sekolah ada penjual nasi kuning yang sambelnya pake Gammi Teboka. Disiram diatas nasi kuning dan ditambahkan beberap ekor udang kering. Nikmat banget....
Resep sambelnya ga sulit kok, apalagi yg malas ngulek. Masukin aja semua bahannya diblender n dihaluskan😃😃😃
Resep Gammi Teboka ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:
150 gram Galendo

Bumbu-bumbu:
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 rimpang lengkuas
5 batang sereh
10 biji cabe rawit
1 sdm gula pasir
1 sdt garam
100 ml air
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
Blender semua bumbu yg sudah dibersihkan dengan Galendo dan air. Jangan terlalu halus ya. Tumis sampai wangi dan airnya berkurang. Tambahkan garam dan gula. Koreksi rasanya, siap dinikmati.
 Nikmat disantap dengan Ubi Goreng dan  Sarabba❤❤❤

Sunday, July 23, 2017

Bakso Bumbu Kacang

Baksonya pesan sama tetangga jd aku posting resep bumbu kacangnya aja ya. Menu ini aku bawa kekampus buat dimakan rame-rame saat rapat. Praktis dan enak, menu ini jarang yg nolak deh hehehe. Masaknya buru-buru jd ga pake timbangan ya.

Resep bumbu kacang
Bahan:
Kacang goreng dua genggam
Bawang putih 5 siung
Garam 1 sdt
Cabe rawit kering yang udah dihaluskan secukupnya
Kecap manis secukupnya
Bawang goreng, seledri dan bawang daun secukupnya

Cara membuat
Blender kacang goreng dan bawang putih pake 50 ml air. Bawang putihnya digoreng utuh sebelum dihaluskan. Masak sampai mendidih, tambahkan Cabe rawit kering dan garam. Masukkan bakso, aduk rata. Tambahkan kecap manis. Kalo udah diaduk rata, masukkan bawang goreng dan daun seledri. Aduk rata, pindahkan kepiring saji, taburi sedikit bawang goreng dan bawang daun❤❤❤


Aku makan sama Lemper isi ayam...enak😙😙😙

Monday, July 17, 2017

Menyusuri Pantai Selatan Jawa Barat

Perjalanan ini kami lakukan tiga hari setelah lebaran, tadinya mau berangkat H plus 2 tapi aku masih kecapean abis acara syukuran ultah Keiko chan H plus 1.
Kami berangkat jam 9 pagi dari Garut, tumben ga macer...perjalanan lancar banget 2.5 jam udah nyampe di rumah teh Mhia di Ciamis. Makasih ya sayang❤❤❤

Menu sianh request khusus, Kapurung sama Ikan Bakar. Nikmattt banget, nambah dua kali. Kue Bolu Tape Keju enaknya, ga sempat cicipin BaksonIkan Tengiri. Keiko chan aja yg makan Bakso. Jam 2 siang lanjur ke Cilacap, lagi-lagi ga macet...jalanan malah lengang. Dekat pertigaan Banjar kearah Pangandaran baru macet arah sebaliknya. Jam 4 sore kami nyampe dirumah Bapak. Singgah sebentar temani akang makan Bakso Malang diperbatasan Banjar-Cilacap



Pantai Karapyak

Besok pagi jam 8 kami star ke Pangandaran, lewat jalan Kedungreja. Ga lewat Banjar....jalan sepi padahal info dari teman akang jalanan macet dari Tasik sampai Pangandaran. Tadinya mau langsung ke pantai Pangandaran tapi liat plang Pantai Karapyak jadi penasaran....hanya 5 km dari jalan utama. Aku browsing kayaknya pantainya bagus. Lumayan pantainya...walaupun masih sepi. Ga seramai di Pangandaran. 

Lanjut ke Pangandaran kota, macet sedikit sebelum jembatan yg masih dikerja. Kami ga singgah ke pantai...melipir ke arah kota. Mampir makam Bakso dan Es Duren. Istirahat sebentar dan lanjut ke Pantai Batukaras



Pantai Batukaras


Ayah jaga sendal selagi kami berdua mandi dipantai hehehe

Pantai Anonim

Kami melanjutkan perjalanan sebelum Maghrib, singgah dipinggir pantai. Keiko chan main sebentar

Lapar....nyari warung Ikan Bakar. Hampir 70km baru dapat warung ikan bakar. Istirahat dua jam an setelah makan malam. Jam 12 malam kami lanjut ke Pamengpeuk. Lewati pesisir pantai dan hutan. Jalan sepi....kami hanya papasan 3 mobil dari arah sebaliknya sampai di Pamempeuk jam 2 dinihari. Ke Pantai Santolo, rame banget.... Parkir didepan deretan toko oleh-oleh, kami tidur dimobil 3 jam. Jam 5 bangun, sholat subuh di Mushollah. Abis sholat, main ke Pantai dan sarapan pagi. 

Pantai Santolo


Kami mandi dipantai, gamtian temani Keiko chan main pasir. Jam 10 pagi, abis mandi dan ganti pakaian kami tinggalkan pantai Santolo. Singgah makan ikan bakar ditempat tahun kemarin kami singgah makan plg Camping di Santolo.



Mobil berantakan, barang-barang ga karuan ngaturnya hehehe. Jam 2 siang nyampe di Garut. Singgah dirumah teh Tia makan Rujak...seger
Sekarang ga penasaran lagi rute Garut ke Pangandaran dan melipir Pantai Selatan Jawa Barat. Perjalanan kali ini lebih irit dikantong, ga keluar uang buat hotel. Kami hanya banyak pengeluaran beli makanan aja. Semua happy❤❤❤

Sunday, July 16, 2017

Camping di Cilopang Adventure Camp Garut

Ternyata tempat Camping ini dekat banget dari rumah. 15 menit udah nyampe, selama ini fikir Cilopang itu kearah Gunung Papandayan. Awal tahun kemarin Keiko chan Camping disini sama teman-teman dan guru disekolah. Tp aku ke Bandung jd yg jemput ayahnya.
Dari rumah masuk kejalan besar teru belok ke Jl. Cipanas baru. Pertigaan belok kanan lewati deretan hotel sampai diujung belok kiri. Ikuti aja jalan itu masuk ke pemukiman penduduk. Setelah itu lewati sawah dan tempat pemancingan ikan sampai deh disini❤❤❤

Berangkat di Cilopang udah dekat Maghrib. Tiba langsung pasang tenda. Aku sama teh Ike beresin makanan dan alat dapur di Villa. Abis Maghrib makan malam rame-rame. Setelah itu nyante dan main kartu diteras belakang.




Bakar Lumpia sambil nyante diteras belakang


Pindah kedekat tenda, anak-anak sama kang Deki nyari kayu buat api unggun. Menikmati malam sampai jam 2. Semua milih tidur diluar...ga ada yg mau tidur di Villa padahal ada kamar satu sama ruang tamu yg aku udah hamparkan tikar. Aku ditenda sama Keiko chan, dek Rasya, teh Ike dan Ceu Ely. Akang tidur diluar pake Matras dan sleeping bag sama kang Deki dan A' Beril.

Bangun tidur sarapan didepan Villa sambil menikmati view danau dan gunung Guntur. Indah...banget. abis itu hiking keatas rame-ramep

Siang, anak-anak main rumah-rumahan kami nyante ditenda sambil menikmati pemandangan kearah Camping ground dan outbond dibawah sana.

Siang makan Nasi Liwer Jengkol...nikmat banget❤❤❤

View danau dan Gunung Guntur dari depan Villa

Nasi liwet Jengkol

Menu dadakan buat makan siang waktu Camping di Cilopang kemarin. Siangan udah mulai lapar, tek Ike ngecek nasi kayaknya kurang. Aku nitip ikan Peda sama Akang yg mau keluar nyari umpan buat mancing. Pulangnya ada Ikan Peda sama Jengkol. Lg ceplok telor eh gas di kompor portable  abis. Jadinya rebus Jengkol di Rice Cooker. Ternyata masih mentah ternyata dan harus gantian masak nasi. Ya udah....aku sekalian aja bikin nasi liwet pake jengkol biat ga lama nunggu. Pake bumbu seadanya. Asin peda dibakar pake bara api sisa api unggun td malam. Sekalian matengin sedikit telor ceplok yg blm beres karena gas keburu abis. Nasi liwet pake jengkol ternyata enak...Jengkolnya lembut. Dimakan sama sambel tomat yg aku bawa dari rumah nikmat. Makan siang dengan menu seadanya ditambah sisa menu td malam.