Nasu Likku (edisi revisi)

Tadi pagi-pagi masak Nasu Likku buat menu siang. Dua hari sebelumnya seorang teman minta resep ini. Setelah masak dia posting di FB. Kelihatan dari foto saat masak airnya banyak dan butuh waktu lama untuk menunggu airnya susut. 

Kalau pakai jenis ayam negeri memang akan seperti itu karena jenis ayam ini mengandung banyak air. Akhirnya aku coba teknik baru, pakai wajan teflon biar tidak hangus bagian bawah saat ngeringin ayamnya.

Caranya adalah :

Setelah ayam dibersihkan, tiriskan airnya. Campur dengan sedikit kunyit bubuk/kunyit mentah yg sudah dihaluskan. Setelah itu masukkan kewajan. Kecilkan api kalau sudah panas. Tutup wajan teflon, jangan tambahkan air. Nanti airnya dari ayam akan keluar sendiri. Balik sesekali sambil siapkan bumbunya. 

Resep bumbunya ambil di postingan ini ya http://www.dapoeryuyu.com/2015/06/nasu-likku-menu-bugis.html?m=1

Masak sampai air ayamnya susut atau hampir kering. Semua bumbu blender dengan santan. Tadi aku pakai santan instan 65ml. Setelah bumbu sudah halus, masukkan kedalam wajan, tambahkan irisan Bawang Merah, garam, kaldu bubuk dan 1 sdm gula pasir. Aduh sesekali,  tambahkan 3 sdm minyak goreng. Tidak lama airnya akan susut, angkat kalo ayamnya sudah matang. Aku tidak tambahkan lagi santan, 1 kg ayam dengam 65 ml santan Instan cukup enak.

Teknik ini membuat proses masak lebih cepat, biasanya setelah ayam masuk kedalam bumbu ditambah santan. Airnya jadi melimpah, kadang ayamnya udah matang tapi airnya masih banyak. 

Selamat mencoba❤


Comments

Ramlawati said…
Mantap resepnya Pg. Yuyu. Insya Allah siao masak nasu likku.

Postingan Populer

Konversi Alat Ukur dalam Memasak

Bajabu Kaluku (Abon Kelapa ala Bugis)

Jalangkote (Pastel Goreng)

Bukber dan Arisan dengan Menu Rumahan:-)

Gagape Loppa ( Udang masak Serundeng) ala Bugis

Gammi Teboka (sambel ampas Minyak Kelapa) khas Bugis