Mie Kering Makassar


Menu ini salah satu menu Favorit kami, dulu sebelum ada dijual di Bandung. Aku selalu bawa dari Makassar, beli malam sebelum berangkat esok harinya. Dibekukan di freezer, dan aku packing sebelum berangkat ke bandara. Packingnya dengan berlapis-lapis koran dan plastik kemudian aku tenteng ke Cabin. Akang hanya selalu pesan menu ini untuk oleh-oleh.

Sejak ada menu ini dirumah makan Konro Bakar Marannu di Bandung, aku tidak repot lg bawa jauh-jauh. Rasanya lebih enak dan toppingnya lebih banyak. Dulu di Makassar aku biasa bikin sendiri karena Mienya banyak dijual di pasar Terong. Tinggal digoreng dan dibuatkan kuah aja.

Minggu lalu akang beli pulang dari piket dikantor, tapi kemarin pengen lagi. Aku coba pesan mie basah ukuran kecil diwarung langganan dibawah. Pagi-pagi udah mama ambilkan pesanannya. Kendalanya hujan dan mendung bergantian sepanjang hari. Aku coba goreng, hasilnya kurang bagus. Pindahkan lagi ke oven, aku oven 15 menit dan digoreng. Hasilnya lebih bagus...
Aku telp Ical di Mks, minta resepnya kembali. Resepnya sama aja, hanya pake bumbu bawang putih dan lada bubuk. Ga pakai minyak wijen. Tapi kata Ical, bawang putihnya di cincang, biasanya aku blender biar praktis ( makasih tipsnya dek)

Yuk intip resepnya

Resep Mie Kering

1/2 mie basah (jemur dan goreng)
1 ikat sawi hijau
5 sdm tepung maizena
2 butir telur
1 liter air
Udang
Bakso
Ayam
Hati dan ampela Ayam



Bumbu :
10 siung Bawang putih
1 sdm lada bubuk
Garam dan kaldu bubuk

Cara membuat :

Cincang halus bawang putih, tumis sampai wangi. Masukkan ayam dan ampela. Kalau sudah berubah warna, masukkan air. Kalau sudah mendidih tambahkan hati, udang dan sawi. Kalau sudah matang, masukkan telur yang sudah dikocok dan ditambahkan sedikit air. Aduk terus hingga rata. Masukkan tepung maizena yang sudah dicampur sedikit air. Masukkan garam, lada dan kaldu bubuk, koreksi rasanya. Siap disajikan

Sajikan dengan lombok kuning, jeruk nipis dan kecap manis

Cara penyajian, pisahkan kuah dengan Mie. Ambil mie, tata.dipiring, siram dengan kuah. Tambahkan jeruk, kecap dan sambel.

Selamat mencoba❤

Note : lombok Kuning itu khas Makassar, kalo ga ada, blender aja cabe rawit dengan air hangat. Tambahkan 1 sdm cuka.

Untuk 4 porsi besar dan banjir๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ (istilah kalo beli di Makassar)



Comments

Postingan Populer

Konversi Alat Ukur dalam Memasak

Bajabu Kaluku (Abon Kelapa ala Bugis)

Jalangkote (Pastel Goreng)

Gagape Loppa ( Udang masak Serundeng) ala Bugis

Abon Telur (Resep Ummi tercinta)

Gammi Teboka (sambel ampas Minyak Kelapa) khas Bugis