Keiko chan belajar bikin Roti


Sudah hampir 4 minggu dirumah, aku mengajar online karena kampus tutup dan Keiko chan juga belajar online dari rumah. Kondisi sekarang rentan bikin stress. Harus banyak aktivitas dalam rumah agar tidak bosan


Tadi siang setelah selesai belajar online dan meyetor tugas harian. Aku ke dapur, ajak Keiko chan bikin Roti. Rotinya tidak diulen pakai tangan tapi pake mixer kecil khusus kue dan roti. Mixer ini hanya bisa proses roti dalam takaran 200gram, tapi tadi aku pakai resep 250 gram.

Adonan aku bagi dua, separuh untuk bikin Pizza topping Bakso Sapi dan sisanya buat Roti. Resepnya sederhana, kalau tidak ada mixer khusus Roti, uleni aja pakai tangan 10 menitan atau sampai kalis ya.

Resep Roti ala Dapoer Yuyu

Bahan-bahan
250 gram Terigu ( aku pake Cakra Kembar khusus roti)
3 sdm Mentega
7 gram Ragi instan
2 sdm Gula pasir
1 butir telur
50gram susu bubuk
Air 30ml

Cara membuat

Buat biang roti dulu, campur gula, ragi dan dua sdm air hangat. Aduk rata dan diamkan 10 menit. Campur terigu, susu, mentega, telur dan air ragi. Mixer...tambahkan air sedikit demi sedikit. Air tergantung kondisi tepung, kalo sudah cukp jangan tambah air lagi.

Kalau adonan sudah kalis, matikan mixer. Tutup adonan dan biarkan 30 menit sampai mengembang.

Setelah 30 menit, kempiskan adonan agar udaranya keluar. Bagi adonan, tadi seoaruh untuk Pizza dan separuh lagi aku  buat 4 roti. Adonan roti yang sudah dibentuk diamkan lagi 25 menit sebelum dioven, kalau adonan pizza bisa langsung dikasi topping dan dibakar dioven

Selamat mencoba❤




Comments

Postingan Populer

Konversi Alat Ukur dalam Memasak

Keripik Daun Kelor

Menu Rumahan buat Arisan Keluarga

Jalangkote (Pastel Goreng)

Bajabu Kaluku (Abon Kelapa ala Bugis)

Gagape Loppa ( Udang masak Serundeng) ala Bugis

Tumpi-Tumpi Ikan Tongkol

Sokko Bampa (Nasi Ketan Khas Bugis)

Beppa Bandang-Bandang Ala Bugis

Gammi Ladang (Sambel Cabe Rawit Khas Bugis)