Posts

Showing posts from 2020

Kue Talam Pisang Tepung Hunkwe

Image
  Masih ada sisa Pisang didapur, Pisang hasil kebun Emak tetangga kampung sebelah. Kalau panen, Emak selalu kerumah menawari. Emak tau, aku suka Pisang mentah untuk diolah jadi Sanggara Peppe aka Pisang muda yg digoreng dan dipenyet terus digoreng lagi. Emak bawakan 2 sisir besar, 6 kg beratnya.  Seminggu kemudian Emak datang lagi, nawarin yang udah matang. Sebenarnya sisa yang kemarin masih ada, udah matang juga. Tapi aku ga tega nolak, aku beli aja yg Emak bawa.  Sisa beberapa biji ini tadinya mau aku olah jadi Pisang bakar Keju, tapi Pisangnya kematangan. Akhirnya aku olah jadi Kue Talam. Kue ini selalu mengingatkan suasana Ramadhan saat kecil. Mania, wangi dan gurih. Resepnya ga pakai takaran. Hanya ikuti petunjuk dikemasan tepung. 1 tepung : 5 bagian air. Aku tambahkan 65 ml santan instan, gula pasir 6 sdm, sejumput garam dan beberapa lembar daun Pandan yang aku tanam diteras depan.  Resep aslinya, pisang dikukus dulu. Tadi kucampur semua bahan plus  Pisang yang aku potong kecil-k

Cabe Keriting Bubuk

Image

Pangsit Mini ala Dapoer Yuyu

Image
Pangsit Mini ala Dapoer Yuyu Resepnya : 1 kg tepung terigu 200 gram Tepung Tapioka 200 gram mentega (cairkan) 350 ml air panas 2 butir telur Bumbu 7 siung Bawang putih 10 biji cabe keriting Haluskan Garam 1sdm Kaldu bubuk sedikit Lada bubuk 1/2 sdt 10 lembar daun Seledri, iris kecil Cara membuat Campur Terigu, semua bumbu, Seledri, telur dan Mentega cair. Uleni sampai tercampur rata, diamkan 15 menit. Giling adonan dari no 1, 2 dan 3 digilingan sistik. Goreng diminyak panas pakai api kecil. Selamat mencoba❤

Tahu Walik ala Dapoer Yuyu

Image
Tadi malam ngobrol sama kakak sulung, ngolor-ngidul sejam. Salah satu kabarnya kalo anak sepupu kami disana jualan Tahu Walik dan laku keras. Sebenarnya aku sudah siapin bahannya di kulkas dua hari kemarin tp sibuk ikuti beberapa Webinar sejak pagi.  Pagi-pagi tadi, masuk dapur...aku siapin bahannya sambil nunggu mamah pulang dari warung beliin dada ayam segar untuk isian. Ponakan yg jualan disana isinya bakso yang dipotong kecil-kecil, kalo aku lebih suka daging ayam fillet yang dihaluskan Resep Tahu Walik ala Dapoer Yuyu Bahan-bahan 15 biji Tahu Sumedang Aku beli yg udah digoreng Isian : 1 biji Wortel, parut kasar 2 batang bawang bombay, iris halus 1 butir Telur 200 gram ayam fillet 1/3 sdt Lada bubuk 1/2 sdt garam halus Sedikit kaldu bubuk ( sesuai selera) 5sdm air dingin 100 gram Tepung Tapioka Minyak untuk menggoreng Cara membuat Aku rebus Tahu Sumedang agar yakin lebih bersih karena pesan di pasar yang sudah digoreng. Setelah dingin,  belah Tahun

Ladu (Penganan manis legit khas Sunda)

Image
Dua minggu lalu ngumpul sama keluarga teh Tya, makan nasi liwet rame-rame. Disuguhi Ladu yang masih hangat. Ternyata didapur teteh lagi buat penganan khas Sunda ini.  Aku masuk ke dapur, liat proses mencetaknya, sayang ga sempat liat proses masaknya. Lain kali aku mau sempatkan belajar bikin Ladu sama teteh Bahan-bahannya Beras Ketan Putih, Kelapa dan Gula merah. Beras disangrai dulu sebelum digiling, Kelapa juga disangrai sampai kecoklatan dan dihaluskan.  Cara membuatnya : Gula Merah dicairkan, setelah itu masukkan kelapa sangrai. Kalau udah tercampur rata. Masukkan tepung Ketan sedikit demi sedikit. Jangan lama ngaduknya, adonan Ladu bisa keras. Adonan yang sudah matang dibentuk Segitiga Panjang seperti ini, pakai plastik yg lentur. Setelah itu digulingkan di Tepung Ketan. 

Sambel Bawang (Edisi Revisi)

Image
Beberapa hari lalu main ke kebun bawah, berdua Keiko chan. Iseng ikuti Yuri dari kejauhan. Kucing kami itu sekarang betah main disana, hanya pulang saat lapar. Setelah itu pergi lagi.  Kompleks rumah kami sebagian besar adalah bekas kebun milik penduduk kampung. Sebagian kecil masih diolah oleh mereka. Pulangnya ketemu Emak yang biasa lewat depan rumah. Nanya Emak lagi nanam apa, ternyata Emak udah mau panen Cabe Rawit dan Cabe Keriting. Aku pesan Cabe Rawit aja karena stok Cabe Keriting masih banyak. Sore Emak ngasih singgah 2 kg Cabe Rawit yang baru dipetik. Emak juga ngasih Cabe Keriting Merah dan Hijau. Satu Kg Cabe Rawit udah aku bagi-bagi sama keluarga, sahabat dan tetangga. Sisanya masih ada 1 kg. Pagi ini aku buat Sambel Bawang, kalo ngikut resep yang biasa. Ribetnya.... Aku buat edisi revisinya, lebih praktis dan rasanya sama enak dan nendang pedesnya๐Ÿ˜„ Resep Sambel Bawang ala Dapoer Yuyu Bahan-bahan: 200 gram  Cabe Rawit segar 200 gram Bawang M

6 Tahun Dapoer Yuyu

Image
6 tahun Dapoer Yuyu Smg selalu berbagi resep, cerita dan hal-hal yang menyenangkan Salam hangat Yuyu Saleh❤

Baceman Bawang Putih

Image
Menurut review emak-emak blogger, Baceman ini akan menghadirkan aroma masakan ala abang-abang Nasi Goreng yg super wangi. Aroma yg sulit dihadirkan didapur tanpa resep rahasia๐Ÿ˜„ Resep Baceman Bawang Putih ala Dapoer Yuyu Bahan : 300 gram Bawang Putih Minyak goreng Cara membuat Kupas bawang Putih, pastikan dalam keadaan kering. Setelah itu cacah agak kasar, aku pake food processor. Setelah itu masukkan kedalam botol kaca (pastikan dalam kondisi bersih dan kering) Setelah itu tambahkan Minyak goreng dan aduk rata. Baceman harus terendam minyak goreng Simpan disuhu ruang, bisa dipakai keesokan harinya. Saran pengguna tetap disimpan disuhu ruang tapi kalau takut rusak, simpan saja dalam kulkas. Pakai sendok bersih setiap kali mengambil Baceman ya❤

Tumis Udang Buncis

Image
Sejak Keiko chan kecil, aku terbiasa masakkan menu praktis porsi kecil untuk sekali makan. Yang penting ada sayurnya karena dia tidak bisa makan kalo tidak ada sayur. Porsi kecil juga lebih praktis dan tidak membutuhkan banyak waktu didapur.  Memasak menu ini hanya butuh waktu kurang dari lima menit, bumbunya Bawang Putih 1 siung yang diiris kecil, ditumis pake sedikit minyak, kalau sudah wangi masukkan Udang. Aduk sampai berubah warna. Setelah itu masukkan Buncis dan Tomat, tambahkan sedikit Garam dan 1 Sdt Saos Tomat. Aduk sebentar dan siap disajikan.  Menu ini juga cocok untuk bekal sekolah anak❤

Mie Kering Makassar

Image
Menu ini salah satu menu Favorit kami, dulu sebelum ada dijual di Bandung. Aku selalu bawa dari Makassar, beli malam sebelum berangkat esok harinya. Dibekukan di freezer, dan aku packing sebelum berangkat ke bandara. Packingnya dengan berlapis-lapis koran dan plastik kemudian aku tenteng ke Cabin. Akang hanya selalu pesan menu ini untuk oleh-oleh. Sejak ada menu ini dirumah makan Konro Bakar Marannu di Bandung, aku tidak repot lg bawa jauh-jauh. Rasanya lebih enak dan toppingnya lebih banyak. Dulu di Makassar aku biasa bikin sendiri karena Mienya banyak dijual di pasar Terong. Tinggal digoreng dan dibuatkan kuah aja. Minggu lalu akang beli pulang dari piket dikantor, tapi kemarin pengen lagi. Aku coba pesan mie basah ukuran kecil diwarung langganan dibawah. Pagi-pagi udah mama ambilkan pesanannya. Kendalanya hujan dan mendung bergantian sepanjang hari. Aku coba goreng, hasilnya kurang bagus. Pindahkan lagi ke oven, aku oven 15 menit dan digoreng. Hasilnya lebih bagus... Aku

Roti Sobek isi Coklat

Image
Pertama kali bikin roti sobek, senang dengan hasilnya. Rotinya lembut dan wangi, isian coklatnya enak...tidak terlalu manis. Coklatnya kerasa. Resep Roti Sobek isi Coklat Bahan-bahan: 220 gram Tepung Terigu Protein tinggi (Cakra Kembar) 2 sdm gula pasir 5 sdm air hangat 4 Sdm Susu bubuk 1 sdt Ragi instan 1 butir telur 1/3 sdt bread improver 50 gram mentega 4 sdm air Isian Coklat 100 gram coklat batang (sisir halus) 1 sdm Tepung terigu 3 sdm Mentega Campur semua bahan isi, masak dengan api kecil sambil terus diaduk aduk hingga lumer dan tercampur rata.Angkat,  bagi 6 sisihkan Adonan Roti Buat dulu biang rotinya, campur ragi, gula dan air hangat. Aduk rata, diamkan 10 menit sampai berbuih. Masukkan Terigu, telur, air, mentega, bread improver, susu dan biang Ragi. Kocok sampai adonan Kalis, kalau tidak pakai mixer Roti, uleni adonan sekitar 10 menitan. Bulatkan dan tutup kain, diamkan 30 menit sampai mengembang. Setelah 30 meni

Banana Cake ala Dapoer Yuyu

Image
Sebenarnya aku kurang suka makan Banana Cake, rasanya aneh Cake dengan aroma Pisang yang tajam. Pisang dari kebun Organik Abah matang bersamaan. Yang aku buat ini Pisang Susu. Rasanya manis dan sangat lembut, beda kalau beli diluar. Keiko chan yang pengen Banana Cake.  Aku malas browsing resep, ini bikin Banana Cake pakai resep Sponge Cake jadul yang biasa aku bikin. Hanya takarannya dikurangi dan ditambah Pisang aja. Tadi aku tambahkan 50 gram gula pasir, rasanya manis...lain kali kalau bikin lagi aku akan skip Gulanya karena manis dari pisang udah cukup Resep Banana Cake ala Dapoer Yuyu Bahan 4 butir telur 50 gram gula pasir ( skip kalo ga suka manis) 1sdt TBM 5 biji pisang yang sudah matang (haluskan) 100 gram Tepung Terigu 3 sdm Susu bubuk 1/3 sdt Baking powder  150 gram mentega (lelehkan) Cara membuat Panaskan oven, Kocok telur, gula dan Tbm sampai res, turunkan speed mixer ke kecepatan terendah. Masukkan Pisang yang sudah dihaluskan. Masu

Sambel Ebi Ekstra Pedes

Image
Kemarin main ke kebun organik Abah Endaj, sudah berapa kali Abah panggil kesana tp baru kesampaian. Hampir sebulan mengurangi kegiatan diluar rumah karena Covid 19, sungguh sangat menyiksa.  Abah ngasih banyak oleh-oleh dari kebun, Cabe rawit, Pepaya, Pisang, Kacang Tanah, Terong Ungu, Leunca, Jahe dan daun Pepaya. Kami pulang setelah makan siang bersama. Menu wajibnya tentu nasi liwet dari beras organik. Sambel buatan adek enak banget. Cabe rawit dari Abah sebagian aku buat untuk sambel Ebi ini. Resep Sambel Ebi ekstra pedes Bahan Segenggam Ebi kering Segenggam cabe rawit 5 siung bawang merah 2 siung bawang putih 1/2 sdt Garam 3 sdm Gula pasir Minyak goreng secukupnya Cara membuat Haluskan bumbu dan Cabe rawit, tumis dengan minyak goreng. Kalo udah wangi, masukkan Ebi. Tambahkan Garam dan Gula pasir. Aduk sesekali dan tambahkan minyak. Angkat kalo udah agak kering Selamat mencoba Kami makan diteras rumah, biasanya makan dinsaung tapi kemarin cuac

Kue Bahulu

Image
  Kue Bahulu❤ Rasanya kayak Bolu Cukke khas Bugis. Dulu sering temani Ummi bikin Bolu Cukke tp lupa resepnya. Alat panggangnya juga belum ada, kalo ga salah...loyang Bolu Cukke itu tebal dan berat. Sejak kecil aku udah akrab dengan tepung, Ummi senang bikin kue. Kalo beli tepung Terigu bukan kiloan tapi beli sekarung. Habis untuk bikin kue dan kami nikmati bersama. Kue kering kadang ada dirumah sepanjang tahun. Belum kalo bikin kue Bolu dalam jumlah banyak dan dibagi-bagikan untuk keluarga Sebenarnya aku kurang suka kue yang manis, lebih suka yang ada isian asin kayak Jalangkote (Pastel ala Bugis). Sejak siang tadi pengen sekali makan kue ini. Sore ajak Keiko chan bikin kue ini, aroma kue dalam oven sungguh wangi. Resepnya juga mudah dan anti gagal. Wangi kue dalam oven terekam manis dalam kenangan Ah...jadi kangen❤❤❤ Resep Kue Bahulu Bahan: 2 butir telur 59 gram gula pasir 1/2  sdt Vanila bubuk 60 gram tepung terigu 1/2 sdt bakin

Binte Biluhuta, Perkedel Jagung & Sambel ikan Tongkol

Image
Binte Biluhuta Bahan-bahan 200 gram Jagung pipil 3 sdm Tepung Maizena ( cairkan dengan 5 sdm air) Garam Lada bubuk Kaldu bubuk Daun seledri Bawang daun 2 sdm bawang goreng 1 liter air Cara menbuat: Rebus air hingga panas, masukkan Jagung pipil. Tambahkan daun seledri dan bawang daun ( masukkan dalam bentuk batangan). Kalau Jagungnya udah matang, tambahkan semua bumbu. Tambahkan Tepung Maizena, aduk rata. Koreksi rasanya, siap dihidangkan Perkedel Jagung Bahan : 100 gram Jagung yg sudah diserut kasar 1 butir Telur 2 batang bawang daun 3 batang daun Seledri 1 lombok besar 3 sdm Tepung Terigu Garam, kaldu bubuk dan lada bubuk Cara membuat Iris halus bawang daun, seledri dan lombok besar merah. Campur semua bahan, koreksi rasanya. Goreng sampai matang Sambel ikan Tongkol Bahan :  100gram ikan Tongkol kukus tanpa tulang (Saya beli yg udah matang) Bumbu 3 Lombok besar warna merah 5 siung Bawang Merah 3 siung

Ikan Bakar bumbu Merah

Image
Ikan bakar paling enak kalau bumbunya dioles di Ikan dan dibakar lagi sebentar. Wangi dan rasanya lebih enak. Ikan bakar bumbu merah ini bumbunya aku tumis terpisah, setelah ikan matang bumbunya disiram diatas ikan. Enak taoi masih kalah enak dengan cara diatas. Sebelum dibakar, setelah ikan dibersihkan dan dikerat bagian atas dan bawah. Lumuri dengan campurn minyak goreng, garam dan lada bubuk. Bumbu merahnya Cabe keriting, bawang merah, bawang putih, garam, gula dan sedikit kaldu bubuk❤

Dalgona Coffee

Image
Minuman kekinian yg memenuhi beranda IG dan FB. Kemarin pagi iseng buat, kebetulan masih ada kopi sachet di kotak kopi. Enaknya emang pake kopi Nescafe classic. Kemarin pake merek ini. Wangi dan enak banget,  tadi siang buat lagi, coba pakai kopi asli campur kopi instan, hasilnya gagal๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Resep 3 sachet kopi Nescafe Classic 2 sdm gula pasir 2 sdm air panas Mixer semua bahan ini Sebelumnya siapkan susu dalam gelas, tambahkan kopi yang sudah dimixer. Aku taburi gula palm diatasnya. Enakkk banget. Silahkan dicoba❤

Keiko chan belajar bikin Roti

Image
Sudah hampir 4 minggu dirumah, aku mengajar online karena kampus tutup dan Keiko chan juga belajar online dari rumah. Kondisi sekarang rentan bikin stress. Harus banyak aktivitas dalam rumah agar tidak bosan Tadi siang setelah selesai belajar online dan meyetor tugas harian. Aku ke dapur, ajak Keiko chan bikin Roti. Rotinya tidak diulen pakai tangan tapi pake mixer kecil khusus kue dan roti. Mixer ini hanya bisa proses roti dalam takaran 200gram, tapi tadi aku pakai resep 250 gram. Adonan aku bagi dua, separuh untuk bikin Pizza topping Bakso Sapi dan sisanya buat Roti. Resepnya sederhana, kalau tidak ada mixer khusus Roti, uleni aja pakai tangan 10 menitan atau sampai kalis ya. Resep Roti ala Dapoer Yuyu Bahan-bahan 250 gram Terigu ( aku pake Cakra Kembar khusus roti) 3 sdm Mentega 7 gram Ragi instan 2 sdm Gula pasir 1 butir telur 50gram susu bubuk Air 30ml Cara membuat Buat biang roti dulu, campur gula, ragi dan dua sdm air hangat. Aduk rata dan diamk