Sokko Bampa (Nasi Ketan Khas Bugis)

Sejak kecil menu ini selalu ada dalam upacara daur hidup kami sebagai orang Bugis. Misalnya pada saat ada acara selamatan atau pesta Nikahan. Sokko Bampa ini adalah Nasi Ketan khas Bugis.  Ada dua jenis, yang pertama Sokko yang ditambahkan aneka jenis rempah dapur dan ada juga yang tidak pakai rempah. Menurutku yang pakai rempah dan santan kental itu lebih enak karena gurih dan wangi. 


Tadi malam mamah bilang pengen makan Nasi Ketan. Pagi-pagi nyari kebawah ga ada, minggu lalu aku beliin mama nasi Ketan yang dijual sama bibi dekat warung langganan.

Liat dikulkas masih ada Beras Ketan hitam. Beras Ketannya aku bawa waktu pulang mudik lebaran di Bone. Aku simpan di kulkas biar awet. Ternyata benar, udah berapa bulan, berasnya masih utuh dan tidak bau apek. Pengalaman nyimpan beras Ketan di suhu ruang, tidak tahan lama. Berasnya rusak dan kutuan.

Telp pg Ramlawati Mun'im sepupuku di Makassar. Minta resepnya, pake bumbu apa. Bumbunya sereh, lengkuas, ketumbar, bawang merah dan bawang putih. Dimasak sama santan kental sampai hampir jadi minyak. Beras ketannya aku rendam sejak pagi. Dikukus setengah matang, dipindahkan ke panci yg udah mendidih airnya. Dimasak sampai airnya abis. Setelah itu dikukus lagi sampai matang. Setelah matang dicampur santan yang udah tanak. Dipukul-pukul sebentar, namanya juga Sokko Bampa : Nasi Ketan yang dipukul😄😄😄
Nikmat dimakan sama Pepes Ikan Tongkol❤




Comments

Popular Post