Gagape Loppa ( Udang masak Serundeng) ala Bugis


Menu ini selalu mengingatkanku akan kenangan manis dapur Ummi. Kalau masak menu ini, dapur kami akan dipenuhi aroma kelapa goreng yang wangi dan aneka bumbu dapur yang meninggalkan goresan manis hingga saat ini.

Dulu dimasa kecil, belum ada kulkas. Jadi kalau dirumah ada menu ini. Bisa dipastikan akan ada keriuhan di dapur. Kakak sepupu akan berbagi tugas. Ada yang memarut Kelapa untuk disangrai dan sebagian lagi akan menyiapkan aneka bumbu dapur. 

Tahun 70an akhir, kulkas dan blender belum familiar dengan dapur kami seperti umumnya dapur tetangga disekitar rumah. Semua bahan makanan diolah secara tradisional. Entah kenapa rasanya lebih nikmat. Bumbunya diulek dicobekan batu. Sebagian masakan dimasak di kompor minyak tanah dan sebagian lagi di tungku tanah liat dengan kayu bakar. 

Sekarang kalo mau masak semua lebih praktis. Ada blender buat menghaluskan bumbu. Ada wajan teflon buat sangrai Parutan kelapa biar lebih mudah dan tidak lengket. Dan ada kulkas yg bisa menyimpan lebih lama aneka jenis bahan makanan.

Masakan Bugis dengan tambahan bahan dari Kelapa Sangrai selalu dengan bumbu yang hampir sama. Pakai Sereh, Lengkuas, Jahe, Merica dan  Bawang Merah. Takaran bumbunya pakai perasaan๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

Aku biasa haluskan semua bumbu beserta Kelapa sangrai dengan sedikit air panas agar santan kelapa keluar. Setelah itu bumbu ditumis. Kalo udah wangi, masukkan Udang segar yang sudah dibersihkan. Resep aslinya pakai sedikit air asam Jawa tapi aku biasanya tidak pakai. Jangan lupa tambahkan garam dan sedikit kaldu bubuk kalau suka.

Selamat mencoba❤❤❤

Comments

Popular Post