Donat Kampung




Aku lagi cuci piring bekas makan kucing-kucing ketika ingat sudah beberapa hari ini pengen makan Donat Kampung pake topping Gula Kawung. Pernah bikin waktu di Palu tapi pakai mixer khusus roti jadi anti gagal adonannya.

Kubuka lemari tempat bahan makanan kering, ada Fermifan sebungkus yang entah kapan hari aku beli, masih ada stok mentega. Terigu khusus untuk Roti sisa sedikit, aku sudah pakai bikin Bala-bala. Nyari timbangan, mama dapat dibawah tangga. Sudah lama aku tidak pakai alat itu. Lebaran Idul Fitri kemarin aku tidak buat kue lebaran. Keiko cha bilang " ga usah, bu" tamunya juga sedikit. Kue akhirnya beli jadi dan aku udah keburu mudik ke Makassar.

Aku timbang, Terigunya sisa 200gram. Berarti bahan lain dikurangi. Telur yang aku ambil dari kulkas kujemur sebentar disamping rumah. Aku ambil hp dikamar. Browsing resep Donat kampung yang tanpa Kentang. Kentang sekilo udah aku masak jadi Perkedel Ayam kemarin sore. Nemu resep mbak Moniec, teman foodbloggerku yang resep-resepnya anti gagal (makasih mbak Monic sayang).

Fermifan aku larutkan dalam mangkuk kecil berisi air hangat, kubaca lagi resepnya. Ya ampun...gula dulu dilarutkan baru masukin Fermifan. Aku tambahkan saja gula dan kuaduk kembali. Alarm dapur aku set 10 menit sesuai petunjuk.

Saatnya nyampur bahan lain, terigu dan telur diaduk pake sendok sampai berbutir halus. Setelah itu masukkan mentega. Setelah tercampur rata, masukkan Fermifan yang sudah berbuih. Aku ulenin sampai kalis dan dibanting berkali kali sambil ketawa-ketawa sama mamah. Ga tau kalisnya adonan Donat itu kayak apa.

Setelah itu, adonan aku tutup pake plastik bening dan didiamkan sejam. Adonan lumayan ngembang, aku kempesin dan dibagi 7. Didiamkan lagi 15 menit. Setelah itu aku lubangi sebelum digoreng

Wah asyik...hasilnya menul-menul dan lembut banget. Toppingnya pake gula Kawung produksi Garut. Tinggal ditabur diatas donat setelah diolesi sedikit mentega.

Bahan-bahannya :

200 gram tepung terigu
1 butir telur ayam
2 sdm gula pasir
2sdm mentega
Air 100ml (masukkan dikit-dikit) tari aku pakai 1/3 saja.

Bahan dilarutkan
1 sdt gula
1 sdt fermifan
2sdm air hangat

Comments

Popular Post