Asinan Mangga



Tadi pagi ngajak teh Ike belanja ke warung , di perempatan jalan liat A' Yus lagi bebersih depan rumah. 
Aku teriakin dari atas "A' minta Mangga" kataku. Dia balas "yuk sini...tuh banyak" jawabnya sambil nunjuk ke atas pohon Mangga. Bulan kemarin A' Yus ngirim Mangga kerumah. Aku bikin Asinan. Seger banget....

Aku dan teh Ike metik Mangga yang udah gede. Sebenarnya lebih enak kalo udah matang tapi Mangga itu tidak pernah ada yang tinggal sampai matang di pohon. Hampir setiap hari dipetikin sama anak-anak kampung dari atas.  

"Ambil lagi!" Seru A' Yus ketika aku berhenti metik dan memasukkan dalan keresek besar yang dia ambil dari dalam rumah.
"Udah dulu, nanti kesini lagi kalo mau" jawabku...

Pulang belanja di warung, teh Ike bantu ngupasin. Mamah bantu marutin pake parutan Wortel. Aku beberes dapur bekas sarapan pagi.

Dapur udah bersih, saatnya bikin kuah asinan. Aku campur gula Merah dan gula putih biar wangi. Ini resepnya :

Asinan Mangga ala Dapoer Yuyu

Bahan-bahan :
6 buah mangga ujuran besar
3 potong gula merah
1/4 gula putih
11 biji Cabe Rawit
1sdt garam
3 sdm Cuka dapur

Cara membuat:

Rebus gupa sampai larut, saring. Rebus kembali sampai mendidih. Masukkan Cabe rawit dan garam yang sudah di ulek kasar. Matikan apinya, tambahkan Cuka.

Siram Mangga serut yang sudah masukkan diwadah. Tunggu sampai dingin, masukkan ke kulkas.

Tips : Mangga yang sudah di parut remas dengan air garam dan air untuk mengurangi rasa kecutnya. Setelah itu tiriskan,  selamat mencoba❤❤❤




Comments

Popular Post