Selai Tomat Organik

Kemarin main ke Kebun Organik Abah Endaj di Cibunar. Sejak pulang mudik di Sulawesi, sibuk urus-urus berkas pindah, beberes rumah dan dan ke kampus. Berdua Keiko chan, dijemput ayah dirumah, abis itu itu antar ayah ke kantor dan kami berdua lanjut ke Cibunar. Sampai di kebun, Ibu ngajak panen Tomat dan Cabe Rawit. Aku panen sedikit, panas matahari jam 12 siang bikin aku balik ke saung. Keiko chan pake topi Caping, ikutan metik Cabe Rawit. Ibu memintaku balik aja kerumah. "ntar Ibu aja yg ambilkan" kata Ibu.

Ngaso sebentar...kami berdua sibuk di dapur masak nasi liwet. Abis makan, Abah baru datang urus surat buat acara di Jogja. Ngobrol sampai sore, Abah dan Adek Uji ambilkan Pepaya dan Labu Kuning. Oleh-olehnya banyak sekali, kataku. kata Abah bagi-bagi aja kalo neng ga bisa masak semua.

Pagi tadi abis sarapan, aku tanya ke Keiko chan apa dia mau aku buatkan Selai Tomat? Katanya "bikin dikit aja dulu, bu"

Akhirnya bikin aja 1/2 kg, setelah matang dan dimakan dengan Roti Tawar. Keiko chan suka banget, rasanya segar dan tidak terlalu manis.
Ini aku share resepnya ya, td aku buat 1/2 resep aja. Kalo mau buat, sekalian aja 1 kg biar hasilnya lebih banyak.

Selai Tomat Organik ala Dapoer Yuyu

Bahan-bahan :
1 kg Tomat Organik (pakai Tomat biasa kalo tidak ada yg organik?
400 gram gula pasir
2 biji Jeruk Manis (peras, ambil airnya)

Cara membuat:

Cuci bersih Tomat dan rebus di air mendidih sampai kulitnya terkelupas. Blender sampai halus tanpa air. Setelah itu disaring, masak sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan gula pasir. Aduk terus sampai kental, masukkan air perasan Jeruk. Aduk kembali hingga mengental. Angkat dan siap dinikmati. Selamat mencoba❤❤❤



Comments

Popular Post