Thursday, January 4, 2018

Sorong Utti (Pisang Karamel ala Bugis)

Temani Keiko chan belajar dan tiba-tiba pengen cemilan manis. Dikulkas masih ada Pisang Kepok yg aku beli waktu kerumah Bapak diCilacap. Stok gula merah dari teh Ikeu juga masih ada. Masuk ke dapur dan eksekusi.
Cemilan manis ini dulu sering Ummi buatkan. Kalo di Bone banyak sekali Pisang Kepok. Dikebun Abba juga banyak ditanam. Ingat kalo hari Minggu kami ramai-ramai main ke kebun yg jaraknya 4 km dari kota. Disamping kebun Abba ada sungai, aku suka mandi sambil nyari kerang.Kadang juga sepulang Abba ngajar aku diajak temani ngambil hasil kebun.
Kembali ke cemilan ini, masaknya ga lama. Jangan pake santan ya, teh Ipoy td kirimin foto hasil masaknya. Ditambah santan yah...jadinya kolak deh hehehe.
Yuk intip resepnya

Resep Sorong Utti (Pisang Karamel)
1kg pisang kepok (potong serong agak tipis)
300 gram gula merah
2sdm gula pasir
100 ml air

Cara membuat
Masak air dan gula merah, kalo gula udah cair matikan api. Saring gulanya, masukkan kembali kepanci. Tambahkan gula pasir, masak kembali dengan api kecil sambil terus diaduk. Kalo gula udah mengental dan berserabut. Masukkan pisang dan aduk rata. Masak sekitar 3 menitan. Matikan api, tunggu beberapa menit.
Siap disajikan, nikmat selagi hangat.


Post a Comment