Friday, December 29, 2017

Beppa Taripang (Gemblong)

Kemarin ngences liat postingan kue ini di FB kak Diana. Browsing resepnya, nemu di blog mbak Didi Diah Kitchen ( nuhun resepnya, mbak). Resepnya aku ubah sedikit dibahan dan takaran. bahannya ada kecuali kelapa parut. Pagi-pagi belanja sayur sekalian beli kelapa parut. Takaran airnya aku kurangi. Pas buat dibentuk...
Orang Bugis mengenal kue ini dengan sebutan Taripang aka Beppa Taripang. Ternyata buatnya ga sulit hanya butuh teknik saat menggoreng biar ga pecah. Tipsnya pake minyak agak banyak, panaskan dulu sebelum mulai menggoreng. Pake api sedang dan jangan goreng terlalu lama. Kue ini cepat matang. Kalo kelamaan bisa pecah kuenya. Bisa kecipratan minyak panas.
Resep Beppa Taripang aka Gemblong

Bahan-bahan:
150 gram Tepung beras ketan putih
150 gram kelapa parut
Seujung sendok teh garam halus
100 ml santan kental hangat ( aku pake santan instan 65 ml dicampur air panas 35 ml)

Cara membuat:
Campur tepung ketan, kelapa parut dan garam. Kalo udah tercampur rata. Tuang santan hangat, uleni sebentar. Bentuk dan sisihkan. Panaskan minyak, goreng samoai sedikit kemerahan. Gorengnya janhan dibolak-balik ya. Kalo udah agak merah balikkan. Kalo udah disis sebelah langsung angkat.

Bahan Gula:
200 gram gula merah
50 gram gula pasir
50 ml air
Cara membuat:
Masak gula dan air hingga gula meleleh. Saring dan masak kembali dengan gula pasir. Aduk terus hingga gula mengental dan berserat halus. Matikan api, masukkan kue yg udah digorenh. Aduk rata, angkat dan dinginkan.
Selamat mencoba๐Ÿ˜š๐Ÿ˜š๐Ÿ˜š



Post a Comment