Friday, December 29, 2017

Serunya di Green Canyon Pangandaran

Main ke Pangandaran dengan teman-teman Tim Borang Fikom Uniga empat hari. Puas main dan wisata kuliner. Hari kedua main ke Green Canyon, lumayan jauh dari hotel tempat kami nginap yg lokasinya didepan pantai Pangandaran.
Dari tempat perahu sandar, kami diantar masuk kedalam. Kira-kira 10 menitan udah nyampe. Ngeri juga arusnya deras banget, kami harus dipandu guide buat meniti diseutas tali. Hp aku titipin sama kru perahu yg ikut sekalian difotoin. Tas dititip semua diperahu. Jangan takut ada yg hilang, aman kok.
Ngambil paket 1 jam berenang plus ke pemandian Putri. Sebelum berangkat semua pake baju pelampung.
Dipandu buat formasi diair. Seru hehehe....
Pemandangan indah banget, warna airnya cantik. Diapit dua dinding karang.
Abis itu lanjut lagi nyebrang satu-satu kesebelah karena kami mau dibawa ke permandian Putri. Dari gambarnya kayak bangus banget. Aku dan beberapa teman mendaki tebing karang keatas. Nyampe diatas huhuhu...hanya cekungan kecil dengan air setengah betis. Cukup buat duduk benerapa orang. Ga sebanding dengan repotnya naik keatas. Lain  kali kalo kesini ga usah nambah paket ke permandian putri. Main arus dibawah udah asyik kok. Puas main dan basah-basahan kami pulang ke base camp tempat naik perahu tadi.
Kalo main ke Pangandaran bisa seru-seruan disini.










Beppa Taripang (Gemblong)

Kemarin ngences liat postingan kue ini di FB kak Diana. Browsing resepnya, nemu di blog mbak Didi Diah Kitchen ( nuhun resepnya, mbak). Resepnya aku ubah sedikit dibahan dan takaran. bahannya ada kecuali kelapa parut. Pagi-pagi belanja sayur sekalian beli kelapa parut. Takaran airnya aku kurangi. Pas buat dibentuk...
Orang Bugis mengenal kue ini dengan sebutan Taripang aka Beppa Taripang. Ternyata buatnya ga sulit hanya butuh teknik saat menggoreng biar ga pecah. Tipsnya pake minyak agak banyak, panaskan dulu sebelum mulai menggoreng. Pake api sedang dan jangan goreng terlalu lama. Kue ini cepat matang. Kalo kelamaan bisa pecah kuenya. Bisa kecipratan minyak panas.
Resep Beppa Taripang aka Gemblong

Bahan-bahan:
150 gram Tepung beras ketan putih
150 gram kelapa parut
Seujung sendok teh garam halus
100 ml santan kental hangat ( aku pake santan instan 65 ml dicampur air panas 35 ml)

Cara membuat:
Campur tepung ketan, kelapa parut dan garam. Kalo udah tercampur rata. Tuang santan hangat, uleni sebentar. Bentuk dan sisihkan. Panaskan minyak, goreng samoai sedikit kemerahan. Gorengnya janhan dibolak-balik ya. Kalo udah agak merah balikkan. Kalo udah disis sebelah langsung angkat.

Bahan Gula:
200 gram gula merah
50 gram gula pasir
50 ml air
Cara membuat:
Masak gula dan air hingga gula meleleh. Saring dan masak kembali dengan gula pasir. Aduk terus hingga gula mengental dan berserat halus. Matikan api, masukkan kue yg udah digorenh. Aduk rata, angkat dan dinginkan.
Selamat mencoba😚😚😚



Thursday, December 28, 2017

Pantai Sari Ringgung Lampung.

Kami singgah di Pantai Sari Ringgung pulang dari Pantai Klara. Kalo dari arah kota Lampung, pantai Sari Ringgung dulu baru Pantai Klara.  Pantainya cantik dan bersih. Banyak spot foto seperti ayunan diair dll tp kami malas basah-basah karena ga bawa baju ganti. Pantainya lumayan panjang. Banyak gazebo buat istirahat.
Diujung pantai ada Kafe yg cantik banget, kalo basah-basah juga ada disedikan kursi didek depan buat makan atau minum sambil rendam kaki. Kami duduk didepan ngobrol lalu masuk buat makan dan minum kopi. Pilihan menunya ga banyak. Kopinya enak juga pisang keju coklatnya. Nasi goreng tuna yang aku pesan ternyata bukan Tuna segar tp abon Tuna hehehe











Wednesday, December 27, 2017

Pantai Klara Lampung


Main ke Lampung berdua Unni sahabatku. Jam 2.30 subuh diantar ayah ke Jatinangor. Tiba dikost Unni sholat subuh dulu n sarapan. Jam 4 subuh mbl yg dipesan udah tiba, langsung berangkat ke bandara Husain Sastranegara  Bandung. Terbang jam 6 pagi, sejam kemudian tiba di Lampung.
Dijemput supir dek Ceceng, diantar kerumahnya. Tiba dirumah sarapan pagi dan ngemil kue manis. Istirahat sebentar dan mandi berangkat ke Pantai Klara. Perjalanan lebih sejam karena macet disekitar kota Lampung yg lg banyak perbaikan jalan. Jalanan mulus dan berkelok, dari atas gunung turun kepantai.
Pantainya sepi, mungkin karena kami kesana dihari kerja.  Menikmati pantai dan ngaso di saung.
Ga bisa mandi dipantai ini, pinggirnya udah ditembok semua. Ombaknya juga lumayan, foto-foto dan menikmati cemilan bertiga Unni dan sopir yg antar. Lumayan ada fotografer dadakan hehehe. 










Tuesday, December 26, 2017

Perjalanan Panjang Beppa Apang


Beppa Apang adalah salah satu kue tradisional Bugis. Kue ini selalu jadi rebutan dan favorit kalo kami ngumpul dirumah Ummi. Belinya dipasar tradisional. Dg Uma bawakan kue ini dari Makassar. Dikirim teman daeng Uma via mobil dari Bone ke Makassar. Langsung dimasukin di freezer. Sebelum berangkat baru dikeluarin.
Kuenya ditenteng ke kabin pesawat dan terbang ke Bandung.
Tiga hari aku simpan dikulkas baru dimakan rame-rame karena sulit dapat kelapa parut. Akhirnya pagi-pagi ditengah gerimis kami berlima kepasar Simpang Dago. Belanja buat makan malam dan kelapa parut tentunya.
Beppa Apangnya ukuran jumbo jd aku potong tiga bagian. Aku panasin di rice cooker.
Setelah lembut kembali diangkat dan dipotong kecil-kecil. Rasanya enak banget, ga berubah walaupun udah beberapa hari disimpan dikulkas.
Kue ini diolah secara tradisional, pisang kepok dipake sebagai pengganti ragi. Gulanya pake gula merah. Makasih kuenya dg Uma sayang😚😚😚



Nasu Likku masak pake Rice Cooker

Masak Nasu Likku pake Rice Cooker? Iya bisa....waktu liburan ke Bandung bulan kemarin. Aku masak Menu ini. Apartemen tempat kami nginap lengkap dengan dapur. Kompornya pake kompor listrik. Bikin telor ceplok aja pake lama. Aku fikir pake Rice Cooker pasti lebih cepat...beneran. lebih cepat hanya jadinya Nasu Likku berair. Ga macak-macak seperti kalo masak dikompor biasa. Rasanya enaklah hehehe
Bumbunya beli yang jadi semua, bumbu basah yg udah digiling seperti Jahe, Lengkuas dan Sereh. kebetulan kami nginap di apartemen depan BIP jd tinggal nyebrang dijembatan depan. Beli ayamnya juga yg udah dipotong dan dibumbui. Tinggal nyemplungin semua bumbu dan ayam. Santannya pake santan instan yg aku masukin belakangan. Tambahannya hanya lada bubuk, garam, kaldu bubuk dan irisan bawang merah. Resep Nasu Likku udah aku share ya. Resep itu selalu masuk 10 postingan yg paling populer di dapoeryuyu.comπŸ€—πŸ€—πŸ€—




Monday, December 25, 2017

Salad Buah Saus Keju

Salad buahnya berubah jadi ungu gara-gara dicampur buah Naga hehehe. Biasanya kalo bikin Salad buah aku campur aja mayonesnya dengan sedikit susu kental manis. Pengen lebih terasa kejunya jd aku campurkan dengan saus keju. Yuk intip resepnya:
Bahan-bahan
Buah Apel, Anggur, Pear, buah Naga dan Melon
Nata de Coco secukupnya
Bahan Saus
Mayones
Keju
Susu Dancow 1 sachet
Susu kental manis
Cara membuat:
Parut setengah bagian 3/4 bagian keju. Masukkan kepanci. Tambahkan susu Dancow yg sudah dicampur 100 ml. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk. Kalo sudah mendidih dan keju parut udah kecampur rata. Matikan api, pindahkan saus kemangkuk. Campur dengam Mayones dan susu kental manis.
Buah potong susuai selera. Pindahkan ke piring saji. Aduk rata dengan saus keju. Terakhir tambahkan parutan keju diatasnya.


Partai Karang Nini Pangandaran

Kami melipir kepantai ini dalam perjalanan pulang dari rumah Bapak di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Berangkat agak siangan karena aku sempatkan main ke Pasar Tradisional. Belanja sayur, udang, ikan dll buat sarapan pagi. Pulang dari pasar bergegas masak. Aku masak menu khas Bugis. Ga sempat foto, udah lapar banget hehehe
Dari Majenang, kami menempuh perjalanan sejam an kesini. Lokasinya masuk kedalam sekitar 2 km. Pantainya sepi padahal kami datang hari Sabtu siang. Dari parkiran nanjak naik kebukit. Menikmati laut dari atas. Untuk turun ke pantai bisa dari dua sisi. Turunan agak curam, ga cocok buat anak kecil. Belum ada jalan atau undakan yg permanen. Ga bisa berenang disini kaena ombaknya tinggi. Hanya disarankan main pasir dipinggir.
Pantai ini berada didalam area hutan lindung yg dikelola oleh Perhutani. Disekitar parkiran ada beberapa warung makanan. Ada penginapan berupa pondok  tp ngeri juga kalo nginapnya bertiga aja. Bagusnya kalo rame-rame. Puas menikmati suasana pantai, kami naik keatas. Makan kelapa muda yg baru dipetik. Pantai ini kata pemilik warung hanya ramai dihari Minggu.
Pantai Pangandaran dari sini sudah dekat, kalo ga macet paling 30 menit udah nyampe






The Lodge Maribaya

Akhirnya bisa coba adu nyali di The Lodhe Maribaya. Sempat takut dan pengen turun tapi malu hahaha. Lokasinya ga terlalu jauh dari Floating Market Lembang.
Suasananya sejuk....kami antri cukup lama untuk cobain dua wahana. Akhirnya ga penasaran lg dengan tempat ini😊😊😊