Sunday, July 17, 2016

Es Labu Siam


Iseng bikin Es Buah Waluh beberapa hari lalu.Ternyata enak...seger dan krenyes. Cara membuatnya mudah: kupas kulitnya,cuci bersih dan serut pake serutan wortel.Remas-remas pake garam, cuci bersih kembali  dan masukkan kedalam gelas yang berisi sirup Melon yang sudah dicampur air dan ditambahkan  es Batu. Selamat mencoba;-)

Thursday, July 14, 2016

Asin Tulang Jambal Bumbu Merah

Bersiin kulkas,ditempat sayur paling bawah dapat sebungkus asin Jambal yang tinggal tulangnya. Bingung mau diapain,tiba-tiba ingat satu rumah makan Sunda Yang biasa kami lewati kalo pulang dari Bandung.Menu khasnya Asin Tulang Jambal,khhhmmm....dapat ide buat memanfaatkan Asin Tulang Jambalnya.
Sengaja ga pake cabe rawit pedes bias Keiko chan bisa ikut makan,dia suka makan Asin seperti ibunya hehehe.Kalo suka pedes tambahkan Cabe Rawit merah ya.

Resep Asin Tulang Jambal bumbu Merah
Bahan-bahan:
Tulang Asin Jambal potong-potong sesuai selera
Goreng hingga matang

Bumbu-bumbu:
3 siung bawang merah
2 siung Bawang putih
15 biji Cabe Keriting
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
Kaldu bubuk sedikit kalo suka
2 siung bawang merah,iris halus
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
Blender kasar bawang merah,bawang putih dan cabe keriting dengan sedikit air.Tumis bawang merah hingga wangi,masukkan bumbu yang sudah diblender.tambahkan guka,garam dan kaldu bubuk.kalo sudah tercampur rata dan matang masukkan Asin tukang jambal yang sudah digoreng,aduk rata.Tambahkan lagi 2-3 sdm makan minyak goreng.koreksi rasanya,siap disantap:-)

Cara Melelehkan Coklat Batang

Ada beberapa cara melelahkan Coklat Batang,tapi menurutku yang paling gampang adalah dengan memakai dua panci. Yang biasa disarankan adalah panci steinles,tapi aku pake panci biasa yang pake gagang yang sering aku pake buat mie rebus.
Hal pentingnya adalah panci yang berisi air harus lebih kecil dari panci yang dipake untuk wadah coklat.untuk memastikan uap panas tidak naik keatas yang bisa membuat tetesan air masuk kepanci yang berisi coklat. Coklat Batang dipotong kecil atau diiris kasar seperti gambar diatas. Panaskan air hingga mendidih,simpan panci berisi coklat diatasnya.Aduk hingga coklatnya meleleh.Kalo udah mengeras tinggal dipanasin kembali.
Salah satu teknik yang aku baca di group masak adalah mengiris coklat dalam irisan halus,memasukkan kedalam plastik,diikat dan dimasukan ke Magic Jar yang ada nasinya.Panas dari nasi yang akan melelehkan coklatnya.Teknik uji aku belum pernah pakai. Tapi dari review bakulan,cara itu juga lebih praktis dan tidak ada sisa coklat yang kejang di panci.Plastik coklat tinggal digunting sedikit dan langsung dipakai.
Selamat mencoba:-)

Saturday, July 9, 2016

Jus Jeruk Organik

Flu dan pilek dari td malam,kecapean plg dari rumah Bapak di Cilacap.Bolak-balik pake ac,cuaca panas banget.Balik ke Garut,tiba sore langsung silaturahmi kerumah Abah di Cibunar.Dikasi oleh-oleh Jeruk Garut organik hasil panen dikebun Samoja. Jeruk Garut rasanya manis asem,seger dan enak dibuat Jus.
Segelas kecil itu aku peras dari 5 buah jeruk,ga ditambah air atau gula.Seger banget....hatur nuhun Abah:-)

Friday, July 1, 2016

Triple Chocolate Brownies

Berapa hari ini pengen banget makan Brownies,tapi bikin sendiri. Bahan-bahannya udah lengkap,tadi malam  main kebeberapa blog. Pengen cobain resep Ummu Allegra yang booming tahun lalu. Ga dapat blog penulis resep aslinya.Hanya dapat di blog Mbak Nina,mbak Hesty dan mbak Sashy tapi beda-beda bahan dan caranya. Akhirnya aku ambil resep dasarnya aja dan merubah beberapa bagian. Aku skip pemakaian baking powder dan soda kue,Minyak aku ganti Mentega yang aku lelehkan 200 gram. Hasilnya....enak banget.Brownies padat yang lembut didalam.Aku potong-potong kecil dapat 38 potong. Loyang Browniesnya ga tau nyimpan dimana jadi aku pake loyang ukuran 24x24x4 cm. Yuk intip resepnya:-)

Triple Chocolate Brownies
Bahan-bahan
200 gram tepung terigu
50 gram coklat bubuk
100 gram Coklat Batang
1/2 cup choco chips
100 gram gula palem
150 gram gula pasir
1 bks vanili bubuk
200 gram mentega dilelehkan
4 butir telur

Cara membuat:
Kocok gula palem,gula.pasir,vanili dan  telur dengan kecepatan rendah.Sampai gula mencair aja,jangan sampai adonan mengembang. Masukkan campuran Terigu yang sudah diayak dengan coklat bubuk,aduk rata.Tambahkan coklat batang yang sudah dilelehkan,sisakam sedikit untuk topping.terakhir masukkan mentega cair Dan Choco chip.Aduk hingga rata...
Tuang kedalam loyang yang sudah dialas kertas roti dan dioles mentega. Taburi dengan Choco Chip dan coklat cair.Lebihkan kertas roti agar lebih gampang mengeluarkan Brownies setelah matang.
Panggang dirak tengah dengan suhu 190 derajat selama 20 menit.Pindahkan ke rak bawah.Panggang kembali dengan suhu 150 derajat.Jangan kelamaan dioven nanti hasilnya keras. Selamat mencoba:-)