Friday, June 17, 2016

Abon Telur (Resep Ummi tercinta)

Ummi sering mengirimkan kami makanan, dari jaman kuliah hingga menikah. Suprise setiap kali membuka Dus kiriman, selalu ada beragam makanan disitu. Waktu masih tinggal di Makassar, Ummi paketkan makanan via Mobil angkutan umum langganan kami. kalo dikirim pagi, sore udah diantar kerumah. Kalo dikirim sore, biasanya tengah malam juga udah nyampe. Setelah pindah ke Bandung dan Garut. Ummi paketkan makanan via Tiki atau Pos. Tidak butuh waktu lama, biasanya 2--3 hari paketnya udah nyampe.Abon Telur ini salah satu makanan yang biasa Ummi kirim setelah kami pindah kesini. Karena jauh dan butuh waktu beberapa hari. Ummi tidak bisa lagi mengirimkan ikan segar atau ikan olahan yang butuh waktu sehari untuk nyampai.
Abon Telur ini dicampur dengan Ubi jalar yang sudah diiris kecil dan digoreng kering ditambah bawang goreng biar wangi. Kering Ubi Jalar dan Bawang Goreng aku bawa dari Palu. Beli yang udah siap pakai. Bawang Goreng khas Palu saah satu oleh-oleh andalan kota itu. Bawangnya hanya tumbuh di Sulawesi Tengah. Mungkin seperti Ubi Cilembu disini ya, kalo bibitnya dibawa keluar, hasilnya udah ga sama.
Kalo mau buat dalam jumlag banyak resepnya dikali dua ya, ini aku buat dikit aja.Yuk intip resepnya....

Abon Telur Ala Ummi
Bahan-bahan:
5 butir telur
10 sdm air putih
100 gram kering Ubi Jalar (bisa diganti Kering Kentang)
Bawang Goreng secukupnya
250 ml minyak goreng

Bumbu:
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk

Cara membuat:
kocok telur dalam mangkuk, tambahkan garam dan kaldu bubuk.Aduk hingga rata, masukkan air putih dan aduk hingga tercampur. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, untuk adonan dengan takaran diatas aku bagi tiga, masukkan satu bagian telur kedalam saringan santan, usahakan agak tinggi diatas wajan. aduk cepat hingga tidak menggumpal. Terus aduk satu arah hingga abon telur berubah kecoklatan. Angkat dan tiriskan minyaknya. Lakukan hingga selesai, campur abon telur dengan bawang goreng dan kering Ubi Jalar. tambahkan sedikit garam, masukkan keddalam wadah kedap udara. Selamat mencoba-)






Post a Comment