Monday, June 27, 2016

Keiko chan B'Day Party

Selamat Ulang Tahun,nak....
Semoga panjang umur,jadi anak yang solehah
Rajin belajar dan selalu sehat dan bahagia:-)

Ultah Keiko chan dirayain dirumah Oma Yati(hatur nuhun Oma sayang) sengaja dirayain disini karena rumah keluarga yang lain satu lokasi.Tujuh rumah berdekatan ga pake pagar hehehe.Tinggal buka pintu dan nyebrang kesebelah;-)
Jam 9 pagi berangkat kerumah Oma Yati,drop barang-barang dan kue baru ke Toko beli bahan Puding,lilin dan balon. Pulang istirahat sebentar baru mulai buat puding dibantu teh Eka. Aku buat Puding Cinta dan Puding Coklat Fla Custard. Beres buat Puding,leyeh-leyeh nonton TV. Jam 3 baru masuk dapur lagi sama teh Eka,buat kuah Bakso. Nasinya dimasakkan Bi Ate. Ga lama Oma Yati juga bantuin. Menunya Urap,Ayam Goreng,Tahu,Tempe,Sambel Bawang,Bala-Bala dan Asin Sepat....khmmm menu rumahan;-)
Baksonya pake tambahan Mie dan Sawi Ijo yang aku pisahkan dari kuah Bakso.Ngumpul menjelang Buka Puasa,jadi Foto-foto dulu,buka puasa bersama dan shalat Magrib. Abis shalat baru tiup lilin dan potong kue.Kuenya aku bagi sampai habis jd kebagian semua:-)


Chocolate Birthday Cake

Belajar buat Cake Ultah pake Coklat.Nonton di YouTube cara melelahkan Coklat. Cakenya pake resep Sponge Cake yang udah aku posting disini. Biar gede karena pake loyang garis tengah 24 cm aku pake 1 1/2 resep.hasilnya bagus...senang banget.Biar Nyoklat aku tambahkan 4 sdm coklat bubuk merek Bendrops.
Cara melelahkan coklatnya ga sulit,hanya pastikan aja wadah yang dipake benar-benar kering.Potong kecil-kecil Coklat batangnya.Panaskan air dalam panci,masukkan Coklat dalam panci lain yang ukurannya lebih besar.dudukkan panci berisi Coklat diatas Panci kecil yang sudah mendidih airnya.Kecilkan api,aduk terus hingga coklat meleleh semua.
Masukkan Coklat cair kedalam piping bag.Gunting sedikit ujungnya.Mulai menghias coklat disekeliling pinggiran atas.semprotkan Coklat hingga meleleh kebawah.Setelah itu buat coretan-coretan diatas kue. Sisa Coklat dicetak diatas plastik.Aku buat model pagar,bulatan dan bentuk hati buat disusun diatas kue.
Setelah dingin lepas coklat dari plastik dan susun diatas kue,aku ganjel pagar coklat pake tusuk gigi dan ditambahkan beberapa buah Cherry.Selamat mencoba:-)



Ombre Birthday Cake Special for Keiko Chan





Wednesday, June 22, 2016

Bukber dengan Tetangga

Nikmatnya buka puasa bareng tetangga....menunya sederhana ala Sunda.Tumis Waluh/Labu Siam,ayam goreng,Bala-bala,Asin Sepat,Cibay,sambel Bawang,Tahu,Tempe dan Sambel Cibiuk (ga sempat kefoto,udah heboh buka puasa). Makannya ditempat Favorit,Pos Ronda hehehe
Masaknya di dapur teh Yanti,teh Asti dan Teh Diana.Aku kebagian nungguin menu yang udah matang di Pos Ronda (curang ya) Daripada makan diresto,aku lebih suka makan rame kayak gini. Puas dan nikmat banget.Alhamdulillah....


Monday, June 20, 2016

Pie Custart

Resep ini menyelamatkan telur pecah 8 butir hehehe.Mau bikin Cake tapi malas ribet,ya udah bikin Pie Custart aja.Punya loyang Pie bongkar pasang,pernah sekali dipake.Mungkin aku nusuk-nusuk adonan dasarnya kelewat banyak jd pas udah dioven setengah matang dan dituangun adonan telur.Ga lama..adonannya pada rembes kedasar oven.Buru-buru aku pindahin ke Pirek,untung.masih bisa selamat walaupun modelnya ga layak tayang.Biar aman aku pake pirex aja hehehe

Resep Pie Custart ala Dapoer Yuyu
Bahan Kulit:
350 gram tepung terigu
200 gram mentega
5 sdm air es

Cara membuat:
Masukkan terigu dan mentega kedalam wadah.Campurkan keduanya dengan garpu hingga berbutir-butir
Tambahkan air es,aduk lagi hingga tercampur rata. Masukkan kedalam plastik wrap,bungkus dan simpan dikulkas 30 menit.

Bahan isian:
8 kuning telur
1 kaleng susu kental manis
1/2 kaleng air putih  bekas SKM 
Sejumput garam
3 sdm tepung Custart
Sejumput garam
#campur semua bahan isi,mixer hingga tercampur rata dan saring dengan saringan teh/santan.

Penyelesaian:
Cetak adonan pie di pirek,oven sampai setengah matang. Panaskan oven 15 menit sebelum dipakai.Ovennya pake api atas dan bawah ya. Kalo udah,tuang adonan isi. Oven kembali hingga matanh.Aku kemarin oven 70 menit suhunya 170.Selamat mencoba....

Saturday, June 18, 2016

Puding Cendol

Ada stok Cendol dikulkas,campuran daun Pandannya wangi banget.Karena ga pake pewarna tambahan,Cendol ini ga secerah warna Cendol yang ada dipasar. Beli kemarin dan hanya dimakan satu gelas karena Bi Yati ngasih Kolak Pisang yang enak banget jd Cendol nya ga kemakan.
Dapat ide buat puding Cendol dan tarra...tuh hasilnya;-) 
Buatnya sama aja dengan cara puding lumut kemarin,hanya ini.pake Telurnya satu biji aja biar misah bagian dasar pudingnya. Cendol ga dimasak dengan adonan Puding ya.disendok aja langsung ke cup terus ditambah adonan Puding yang sudah mendidih.Biarkan hingga mengeras dan siap disantap.Selamat mencoba:-)

Friday, June 17, 2016

Abon Telur (Resep Ummi tercinta)

Ummi sering mengirimkan kami makanan, dari jaman kuliah hingga menikah. Suprise setiap kali membuka Dus kiriman, selalu ada beragam makanan disitu. Waktu masih tinggal di Makassar, Ummi paketkan makanan via Mobil angkutan umum langganan kami. kalo dikirim pagi, sore udah diantar kerumah. Kalo dikirim sore, biasanya tengah malam juga udah nyampe. Setelah pindah ke Bandung dan Garut. Ummi paketkan makanan via Tiki atau Pos. Tidak butuh waktu lama, biasanya 2--3 hari paketnya udah nyampe.Abon Telur ini salah satu makanan yang biasa Ummi kirim setelah kami pindah kesini. Karena jauh dan butuh waktu beberapa hari. Ummi tidak bisa lagi mengirimkan ikan segar atau ikan olahan yang butuh waktu sehari untuk nyampai.
Abon Telur ini dicampur dengan Ubi jalar yang sudah diiris kecil dan digoreng kering ditambah bawang goreng biar wangi. Kering Ubi Jalar dan Bawang Goreng aku bawa dari Palu. Beli yang udah siap pakai. Bawang Goreng khas Palu saah satu oleh-oleh andalan kota itu. Bawangnya hanya tumbuh di Sulawesi Tengah. Mungkin seperti Ubi Cilembu disini ya, kalo bibitnya dibawa keluar, hasilnya udah ga sama.
Kalo mau buat dalam jumlag banyak resepnya dikali dua ya, ini aku buat dikit aja.Yuk intip resepnya....

Abon Telur Ala Ummi
Bahan-bahan:
5 butir telur
10 sdm air putih
100 gram kering Ubi Jalar (bisa diganti Kering Kentang)
Bawang Goreng secukupnya
250 ml minyak goreng

Bumbu:
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk

Cara membuat:
kocok telur dalam mangkuk, tambahkan garam dan kaldu bubuk.Aduk hingga rata, masukkan air putih dan aduk hingga tercampur. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, untuk adonan dengan takaran diatas aku bagi tiga, masukkan satu bagian telur kedalam saringan santan, usahakan agak tinggi diatas wajan. aduk cepat hingga tidak menggumpal. Terus aduk satu arah hingga abon telur berubah kecoklatan. Angkat dan tiriskan minyaknya. Lakukan hingga selesai, campur abon telur dengan bawang goreng dan kering Ubi Jalar. tambahkan sedikit garam, masukkan keddalam wadah kedap udara. Selamat mencoba-)






Thursday, June 16, 2016

Puding Lumut



Resep Puding yang booming akhir-akhir ini adalah Puding Lumut.Resepnya sama dengan puding Gula merah yang dulu sering aku buat waktu kuliah di Makassar.Bedanya,puding ini pake Daun Pandan dan daun Suji,gulanya juga pake gula pasir,bukan gula merah.
Resepnya dari blog Mbak Monic (makasih resepnya mbak) Aku modifikasi dan hasilnya emang sedikit beda.Kalo Di resep asli,hasilnya ada adonan Puding yang bener-bener misah dengan adonan Puding yang Kecampur dengan telur.Ini kayaknya karena jumlah Telurnya aku tambah,selain itu aku juga tambahkan 3 sdm susu kental manis biar rasanya lebih enak. resep aslinya di blog mbak Monic ya disini.

Resep Puding Lumut ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:
1 bungkus agar-agar plain
10 lembar daun pandan blender halus dengan 200 ml air
1 cup gula pasir
sejumput garam
2 butir telur
700 ml air (aku blender dengan ampas daun pandan sisa belender 200 ml)
2 sachet santan instan 65 ml
3 sdm susu kental manis
Cara Membuat
campur semua bahan kedalam panci, tambahkan telur yang dikocok lepas dengan garpu. Nyalakan kompor, aduk terus hingga mendidih. Langsung cetak adonan puding, biarkan mengeras. Selamat mencoba-)





Tuesday, June 14, 2016

Bakso dan Pangsit BTP di Makassar

Kuliner di Makassar emang top markotop. Dua tempat jajanan baru yang berdampingan di BTP dikenalkan.sama sama Indy ponakanku.Letaknya dekat dengan tempat bimbingan belajar JILC. Singgah makan disini setelah pulang jemput daeng Ida di bandara.Kakak sulungku ini doyan sekali makan bakso.ingat waktu di Bone,plg jemput di bandara.tempat pertama yang dituju juga warung bakso hehehe.Ciri khas warung bakso di Makassar selalu dilengkapi dengan jeruk nipis,sambel super pedes dan Burasa atau lontong.




Belajar Foto Makanan;-)

Sambil menyelam minum air,sebelum disantap difoto dulu;-)Aku tidak melewatkan makanan yang menarik sebelum aku foto.Suka liat postingan foto para foodblogger yang keren-keren seperti foto di blog Mbak Monic,mbak Endang,teh Ricke dll
Kameranya bukan yang canggih tapi cukup pake kamera hp hehehe.Dua foto pertama itu Pallu Basa dan Bubur Ayam yang aku santap di Hotel Aryaduta Makassar. Foto dibawahnya yang aku nikmati waktu nginap di hotel Swiss Bell Panakukang Makassar.Menunya enak,penatannya cantik dan menggugah selera....





Roti Mantou Bakar

Roti Mantou lagi populer di Makassar,kudapan ini banyak di produksi di kota Pare-Pare.Dulu sebelum dijual di Makassar,ini salah satu oleh-oleh khas dari kota itu. Waktu plg ke Makassar aku liat banyak dijual dipinggir jalan antara pintu 1 dan pintu 2 kampus Unhas Tamalanrea. Singgah beli satu kotak besar,isinya lumayan banyak.
Roti Mantou biasanya di goreng pake banyak minyak,aku coba goreng beberapa iris.Ngeri liat minyaknya....
Coba ambil teflon dan aku bakar bolak-balik.Hasilnya lebih wangi dan lebih sehat.hanya ini harus dinikmati selagi panas.Kalo.udah dingin ga enak,keras.....

Menikmati Teluk Palu di Pagi Hari

Menurutku,Palu adalah salah satu kota yang paling cantik Di negeri ini (cieh....promosi nih) kotanya dikelilingi jejeran pegunungan dan dibelah Teluk Palu yang sangat Indah....
Kalau ingin menikmati pantai tidak perlu berkendara berjam-jam.
Foto ini aku ambil waktu nginap di hotel Swiss Bell rame-rame saat daeng Nanang datang ke Palu sama daeng Sudi.kami nginap berempat Indra dua malam,dan yang paling dinanti tentu saat sarapan sambil menikmati Teluk Palu yang indah dan mendamaikan hati;-)

 Hayu traveling ke Palu;-)


Monday, June 13, 2016

Sarapan Pagi ala Bugis

Sarapan pagi yang nikmat ala Bugis tentu harus ada Ikan.Menu sarapan ini aku masak waktu ke Makassar kemarin.Seperti biasa kalo stok ikan habis aku bela-belain kepasar nyari ikan segar.Dapat ikan Cakalang yang aku masak Pake asam dan kunyit aka Bale Nasu.Ikan Mairo (Teri Basah) sebagian aku masak pake air asam yang kental seperti Bale Nasu baru ditumis pake banyak irisan bawang merah ditambah cabe hijau hasil metik didepan rumah daeng Nanang.sebagian Maironya aku campur tepung bumbu dan digoreng dadakan.Sambel tentu juga wajib ada dimeja makan walaupun masih pagi.Aku buat dabu-dabu dari Tomat,cabe rawit dan sedikit garam ditambah perasan jeruk sambel.
Nasi gorengnya aku bikin ala kampung ditambah irisan Bonte' (Mentimun) dan  teh tawar panas.duh....liat fotonya jadi ngiler lagi;-)



Menikmati Coto Makassar di Palu

Dulu waktu masih menetap di Palu,setiapkali ingin menikmati Coto Makassar kami harus ke kota.Coto Makassar yang enak ada di salah satu warung Coto di jl.S.Parman.Sekarang ga perlu jauh berkendara 6 km. Di depan pomp bensin di jalur dua dekat dari kampus Universitas Tadulako ada warung Coto Makassar yang enak. Ga pake msg,msg disimpan terpisah dalam wadah kecil dan disimpan disetiap meja.
Ciri khas makan Coto Makassar di Palu adalah Ketupatnya gratis. Setiap porsi disediakan 5 buah ketupat dan boleh nambah kalo kurang.Porsiku sih cukup dua aja itu udah kenyang hehehe.Rasanya enakkkk......ini menu wajib aku setiap kali pulang ke Palu.Biasanya makannya bareng Indra ponakanku atau sama teman.Kalo lagi malas makan,aku pasti kesini,rasanya bikin ketagihan dan letaknya dekat dari runah.ga nyampe 5 menit Udah duduk manis:-)

Bukber dan Arisan dengan Menu Rumahan:-)

Buka puasa bersama sekalian arisan keluarga dirumah di hari ke 6 Ramadhan.Menunya ala rumahan,Ayam Rendang ala Dapoer Yuyu,Sambel Ikan Teri,Perkedel Tahu,sambel Tomat,Bala-bala dengan sambel cair dan Kolak Labu Kuning campur Kolang-kaling untuk takjilnya.Tumis Kangkung dibuat dadakan menjelang buka puasa. Rame,heboh dan seru buka puasa bersama:-)

Keiko chan ngabuburit didepan rumah sama sepupu-sepupunya:-)

 Garasi selalu jadi tempat Favorit untuk makan lesehan sambil menikmati pemandangan:-)
Menu Sederhana ala Dapoer Yuyu

Friday, June 10, 2016

Sup Buah

Berbuka puasa dengan cuaca dingin seperti di Garut,enaknya dengan Sup Buah.Kuahnya hangat dari campuran Santan,susu,gula pasir dan air hangat.Kalo di Palu atau di Makassar tentu wajib dengan es Batu karena cuaca panas. Buahnya apa yang ada didapur aja,kebetulan yang ada Pepaya,anggur,Melon dan Jeruk Bali. Buatnya dadakan aja 10 menit sebelum buka puasa karena aku kerja sambil masak menu yang lain.Sengaja waktunya dipas biar masaknya panas-panas:-)

Resep Sup Buah
Bahan-bahan
 Anggur
Pepaya
Melon
Jeruk Bali

Bahan kuah
1 sachet santan Instan 65 ml
5 sdm gula pasir
1 sachet susu Dancow
600 ml air hangat

Cara membuat:
Bukanya cuci bersih dan potong sesuai selera.Masukkan kedalam mangkuk saji.Campur gula,susu dan santan instan,tambahkan air hangat.Aduk hingga tercampur rata,tuang kedalam mangkuk saji.Siap dinikmati....