Monday, May 2, 2016

Sambel Tomat dan Sambel Cabe Hejo


Halo pembaca Dapoer Yuyu
Maaf baru posting lagi, sangat sibuk dari Februari kemarin jadi walaupun sempat masak tapi ga diposting. Kali ini aku posting dua resep sambel, lumayan buat stok seminggu. Sambel Tomatnya yang harus dikonsumsi duluan karena tidak tahan dengan cuaca panas seperti di Palu. Jadi harus bolak-balik masuk kulkas kalo ga mau basi duluan. Kalo Sambel cabe Hejo lumayan bisa tahan lebih lama. Tapi tetap juga harus masuk kulkas dan pastikan sendok yang dipakai adalah sendok bersih dan kering.

Resep Sambel Tomat
Bahan-Bahan:
1 ons cabe rawit
2 ons tomat merah
1 sdt garam
2 sdm gula pasir
10 siung bawang merah (iris halus)
50 ml minyak goreng

Cara membuat:
Haluskan cabe rawit dengan blender (kalo kuat ngulek boleh) Iris kecil-kecil Tomat merah. Tumis bawang merah yang sudah diiris halus, kalu sudah wangi, masukkan cabe rawit dan tomat. Aduk rata, tambahkan garam dan gula pasir. tunggu hingga matang. Dinginkan sebelum dimasukkan kedalam botol yang sudah dicucui bersih dan dikeringkan.

Sambel Cabe Hejo
Bahan-Bahan:
2 ons cabe hejo
50 gram cabe rawit merah
4 butir kemiri
5 sdm air 
1 sdt garam
5 siung bawang merah (iris halus)
2 sdm gula pasir
50 ml minyak goreng

Cara membuat:
Haluskan cabe dan kemiri, sisihkan. Tumis bawang merah hingga wangi, masukkan cabe yang sudah diblender, tambahkan 5 sdm air. Aduk hingga rata, tambahakan garam dan gula. tumis hingga matang. Simpan dalam botol bersih dan kering

Selamat mencoba:-)

Post a Comment