Tuesday, March 1, 2016

Kaddo Boddong (Kue Tradisional Bugis)

Kue ini sudah mulai jarang didapat.Kalau pulang kerumah Ummi di Bone harus minta dibuatkan sama tante di kampung.Resepnya minta di group SMA,kebetulan salah satu teman di Group biasa bikin sendiri.Aku telp pagi-pagi dan langsung eksekusi di dapur (makasih resepnya,Titin sayang). Hasilnya belum seenak buatan tante tapi lumayan buat obat kangen.kebetulan bajan-bahanya ada didapur semua.Bentuk aslinya sih digulung tapi ga dilipat seperti kue Dadar gulung.Selesai diisi langsung aja digulung sampai diujung dan dibungkus satu-satu dengan daun pisang biar tetap lembut walaupun sudah dingin. Yuk Intip resepnya;-)

Resep Kaddo Boddong 
Bahan-bahan:
200 gram tepung beras ketan putih
Air secukupnya untuk nguleni

Bahan isi:
Campur 100 gram Kelapa parut dengan 50 gram gula pasir

Cara membuat:
Campur tepung beras dengan sedikit air.Uleni sampai tercampur rata.adonan ga boleh terlalu lembek atau terlalu keras (buatanku agak keras jd patah-patah). Siapkan ta pisan teh yang lubangnya halus dan terbuat dari kawat besi. Parut adonan tepung beras hingga menghasilkan tepung bertekstur kasar seperti gambar dibawah.

Panaskan wajan teflon datar,taburi sampai rata di permukaan.pakai api kecil agar tidak gosong. Tutup dan biarkan hingga matang. Angkat dan isi ujungnya dengan campuran kelapa dan gula.gulung,lakukan hingga selesai. Selamat mencoba;-)


Post a Comment