Sunday, March 20, 2016

Belajar Masak dan menikmati Menu di Papa Oz Caffee Cuccina Makassar

Bruschetta Cheeze Avocado,rasanya juara....enak banget.
Aku sempatkan main ke Kafe ini,milik seorang sahabat yang sudah seperti adek sendiri.Senangnya diajar cara masak menu yang aku pilih untuk disantap.Makasih ya Chef Ical King:-)
Bolak-balik masuk dapur,diajar cara masak dan menyiapkan setiap menu dan menikmatinya terpisah.Kafe ini berada di deretan ruko di Komp Gubernuran Jl.Paccerakkang Daya. Masuk dari samping Indo Maret setelah lewati Pom Bensin Pertamina. Chef Ical King,pengalaman belajar masak di New Zealand beberapa tahun lalu.Sukses Kafenya ya dek:-)

Vietnamese Noodle

Chocolato Bowl


Friday, March 11, 2016

Nyuk Nyang Ati Raja Makassar

Nyuk Nyang atau Bakso Khas di Makassar dengan kuah bening. Dinikmati dengan Gorengan,Burasa',dan Lombok Kuning.Khmmmm nikmat banget.Gorengannya khas Kios Ati Raja. Ini salah satu kuliner di Makassar yang ngangeni. Sempatkan singgah kesini kalo main ke Makassar ya.Tempatnya di Jl. Lanto dg Pasewang. Tempat ini cabang dari kios pertamanya di Jl.G.Merapi.Ga jauh dari samping Hotel Sahid Makassar:-)



Thursday, March 10, 2016

Menikmari Pallumara Kepala Ikan Kakap Merah di RM Ulu Juku' Makassar


Yey....baru kali ini plg ke Makassar via Bandung.Pesawat langsung dari Bandung ke Makassar ditempuh 2 jam 15 menit.Dari rumah di Garut diantar ayah menuju ke Bandung jam 2.30.Tiba jam 4.50,langsung check in,pesawat berangkat jam 6 pagi dan tiba di Makassar jam 9.10.Ada perbedaan waktu sejam antara Bandung dan Makassar.Dijemput Indy,ponakanku.Lapar banget karena ga sempat sarapan pagi,langsung makan Sop Sodara di Panaikang. Abis itu kerumah daeng Nana,ngobrol sampai siang.Sore ketemu daeng Emma di Panakukang. Check in di hotel Clarion dan makan malam di RM Ulu Juku'.
Pallu Mara Kepala Ikan Kakap merahnya enak banget,ini yang paling enak menurutku dibandung rumah makan lain di Makassar.Alamatnya di Jl. Racing Center,ga jauh dari Kantor Gubernur yang berada dijalan utama. Menu lainnya,Ikan Bakar bakar Baronang.Aku Minta pake bumbu Rica-Rica.Tidak ketinggalan Racca Mangga dan Cabe rawit biji yang dicampur di Pallu Mara.Khmmmmm enak banget;-)
Kalo main ke Makassar jangan lupa makan Pallu Mara Kepala Ikan Kakap disini ya;-)

Friday, March 4, 2016

Cara Mudah Menikmati Seporsi Sayur Buncis


Hanya butuh 5 menit buat menghidangkan seporsi Sayur ini buat Keiko chan.Dia pulang lebih cepat karena masih ujian Semester.Bekal makan siangnya dia bawa Sereal dan susu. Jadi pengen buatkan sesuatu dari bahan Sayur.Liat di kulkas ada sebungkus sayur Buncis,kepikiran buat masakkan dia resep Ala Ayuk Lili. Waktu tinggal bareng Ayuk Lili di Bandung,kami biasa masak seperti ini.Praktis dan tidak butuh lama di dapur.Ayuk Lili teman kuliah aku di Unpad,kami ngontrak bertiga teh Ikeu di sebuah rumah di Sekeloa. Ah...rumah kenangan,aku lebih sering sendiri dirumah itu karena teh Ikeu hanya nginap sesekali karena rumahnya dekat di Garut, sementara Ayuk Lili juga banyak di Jakarta karena Abang pindah tugas ke Jakarta dari Palembang. Sementara Ayah waktu itu masih di Sulawesi dan diakhir aku tinggal di Bandung,ayah udah kembali dan bekerja di Garut jd hanya bisa datang diakhir Minggu.


Kembali ke Sayur Buncisnya hehehe. Hanya butuh satu bungkus sayur Buncis,1 atau 2 sdm minyak goreng (aku ganti 1 sdm Mentega) dan beberapa sendok Saus Tiram. Cara membuatnya: Panaskan wajan,masukkan minyak/ mentega.Kalau sudah meleleh,masukkan sayur buncis yang sudah dibersihkan.Oseng pakai api sedang beberapa menit.Setengah matang aja,setelah itu pindahkan di piring saji. Tambahkan beberapa sdm Saus Tiram.Enak disantap selagi panas.Keiko chan suka, abis seporsi dia makan berdua dedek Dinda.Selamat mencoba;-)


Wednesday, March 2, 2016

Rendang Daging Ayam (bumbu Instan)

Aku sering menyimpan bumbu instan di dapur.Buat jaga-jaga kalo pengen makan sesuatu dan ga mau ribet dengan aneka bumbu dapur.Salah satunya bumbu Rendang Instan (aku pake merek Indofood) dan yang wajib tentu santan Instan. Karena rumah jauh dari pasar jadi sulit mendapatkan santan dadakan kalo ga kepasar.
Soal rasa,percaya deh....menurutku hampir sama.Sementara didapur ngaduk daging ayam diwajan,Keiko chan muncul dan bilang "ibu masak Rendang?" hehehe aku jawab iya tapi pake daging ayam. Wangi dan rasanya sama enaknya dengan rendang yang biasa aku bikin dengan aneka bumbu segar yang diolah dari awal. Masaknya ga lama karena daging ayamnya aku rebus dulu baru dibuang airnya. Yuk intip resepnya;-)

Rendang Daging Ayam
Bahan-bahan:
1 kg daging ayam potong 16
1 sachet santan instan 65 ml
1 sachet bumbu rendang Instan
15 siung bawang merah
3 lembar daun salam
1/2 sdt garam halus
3 sdm pasta cabe
3 sdm gula merah yang sudah disisir halus
(3 cabe keriting,2 lombok besar dan 3 cabe kering)
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
Rebus daging ayam,buang airnya dan sisihkan. Cacah kasar bawang merah pake blender. Tumis bawang merah sampai wangi.Masukkan bumbu rendang instan,daun salam dan pasta cabe.aduk hingga rata,masukkan daging ayam.Masak hingga tercampur rata.Tambahkan santan instan,gula merah dan garam.Tambahkan 3 sdm minyak goreng,aduk terus hingga semua tercampur rata dan matang. Rendang daging ayam siap disajikan:-)

Tuesday, March 1, 2016

Perkedel Tahu (Praktis buat yang malas ngulek bumbu)

Menu tahu tidak pernah membosankan,apalagi dinikmati dengan sambel yang pedes.Menu ini mudah dibuat karena tidak perlu ngulek bumbu. Hanya butuh Tahu Kuning,tepung bumbu instan merek apa saja, telur dan cacahan bawang daun. 
Agar teksturnya bagus,parut tahu dengan memakai parutan keju. Setelah itu campur dengan tepung bumbu, telur dan bawang daun yang sudah diiris halus.
Membentuknya cukup memakai sendok makan.Ambil adonan sesendok, padatkan didinding wadah adonan tahu.Balik dua kali hingga padat dan goreng di minyak panas hingga matang.kalau suka bisa tambahkan sedikit Lada bubuk dan ketumbar bubuk.Takarannya terserah aja,aku ga pake takaran.Selamat mencoba;-)


Kaddo Boddong (Kue Tradisional Bugis)

Kue ini sudah mulai jarang didapat.Kalau pulang kerumah Ummi di Bone harus minta dibuatkan sama tante di kampung.Resepnya minta di group SMA,kebetulan salah satu teman di Group biasa bikin sendiri.Aku telp pagi-pagi dan langsung eksekusi di dapur (makasih resepnya,Titin sayang). Hasilnya belum seenak buatan tante tapi lumayan buat obat kangen.kebetulan bajan-bahanya ada didapur semua.Bentuk aslinya sih digulung tapi ga dilipat seperti kue Dadar gulung.Selesai diisi langsung aja digulung sampai diujung dan dibungkus satu-satu dengan daun pisang biar tetap lembut walaupun sudah dingin. Yuk Intip resepnya;-)

Resep Kaddo Boddong 
Bahan-bahan:
200 gram tepung beras ketan putih
Air secukupnya untuk nguleni

Bahan isi:
Campur 100 gram Kelapa parut dengan 50 gram gula pasir

Cara membuat:
Campur tepung beras dengan sedikit air.Uleni sampai tercampur rata.adonan ga boleh terlalu lembek atau terlalu keras (buatanku agak keras jd patah-patah). Siapkan ta pisan teh yang lubangnya halus dan terbuat dari kawat besi. Parut adonan tepung beras hingga menghasilkan tepung bertekstur kasar seperti gambar dibawah.

Panaskan wajan teflon datar,taburi sampai rata di permukaan.pakai api kecil agar tidak gosong. Tutup dan biarkan hingga matang. Angkat dan isi ujungnya dengan campuran kelapa dan gula.gulung,lakukan hingga selesai. Selamat mencoba;-)