Monday, February 29, 2016

Pallu Butung (Kolak Pisang khas Bugis/Makassar)


Ingat jaman kecil dulu,ada penjual Pallu Butung disamping SD tempat aku sekolah.Selalu rame diserbu saat jam istirahat.Pernah makan beberapa kali,setelah itu aku lebih tertarik jajan Sup Ubi atau Nasi kuning. Kebiasaanku makan pedes sepertinya dimulai dijaman itu.Karena setelahnya,aku lebih suka makanan yang gurih dan disantap dengan tambahan cabe daripada yang manis.
Kembali ke Pallu Butung,enaknya pake Pisang Kepok.Tapi karena di Garut ga ada pisang Kepok dijual aku ganti pisang Nangka. Heran juga kenapa Pisang Kepok sangat sulit didapat.Waktu tinggal di Bandung,hilir mudik di Pasar kalo belanja hanya pernah dapat sekali itupun udah bonyok. Teman-teman biasa bawa dari Palu khusus kalo pulang liburan.
Pallu Butung ini dulu pake tepung beras,seiring waktu digantikan terigu.Aku lebih suka Pallu Butung dengan bubur sumsum yang lembut walaupun tidak seencer vla Pisang Ijo.beberapa kali praktek akhirnya dapat resep yang pas,bubur sumsum buat Pallu Butung yang lembut dan gurih. Ditambah sirup Pisang Ambon khas Makassar...khmmmmm;-)

Resep Pallu Butung ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:
1 kg pisang Kepok (aku ganti pisang Nangka)
150 ml santan kental
100 gram gula pasir
100 gram tepung Maizena
50 gram tepung terigu
1200 ml air
Sejumput garam

Cara membuat:
Siapkan panci,masukkan 700 ml air dan masak hingga mendidih. Masukan potongan pisang yang dipotong serong setebal 2-3cm. Masak dengan api sedang hingga matang.Masukkan gula pasir,aduk hingga rata. Tambahkan santan kental dan sejumput garam. Jaga jangan sampai santannya pecah. Campur 500 ml sisa air dengan tepung Maizena dan Terigu.Aduk hingga rata dan saring.Tambahkan campuran tepung kedalam panci,kecilkan api kompor.aduk terus hingga mengental dan tercampur rata.Pallu Butung siap disajikan panas-panas kalau cuaca dingin.Tambahkan es Batu kalau ingin disantap dingin.Jangan lupa sirup pisang Ambon atau Sirup Coco Pandan:-)

Sunday, February 28, 2016

Tahu Gejrot

Hujan-hujan enaknya menikmati yang hangat dan pedes.Cocok deh bikin Tahu Gejrot,bikinnya ga pake lama.Kebetulan td pagi beli Tahu Sumedang pulang dari Var Free Day di Alun-alun Garut. Bikinnya sengaja ga pedes banget Karena ayah ga bisa makan pedes.Kalau suka pedes,cabenya ditambah ya.Sesuai selera aja,kalo ga ada tahu Sumedang bisa diganti Tahu kuning atau tahu putih. yuk Intip resepnya;-)

Resep Tahu Sumedang
Bahan-bahan:
10 biji tahu Sumedang (goreng sampai matang)

Saus kinca:
100 gram gula merah
3 siung bawang putih
3 biji Cabe rawit merah
1 sdt garam
2 sdm air asam jawa
100 ml air

Cara membuat:
Masak air dan gula hingga gula mencair.Saring,masukkan kembali ke panci,masukkan bumbu yang sudah diulek,garam dan air asam.masak sampai mendidih,sisihkan.

Bumbu Ulek:
2 biji Cabe rawit hijau
2 biji cabe rawit merah
4 siung bawang merah
Ulek kasar semua bumbu diatas

Penyajian:
Siapkan mangkuk saji,potong dua tahu Sumedang yang sudah digoreng.Tambahkan saus kinca gula merah.terakhir taburi bumbu ulek.Nikmat selagi panas,selamat mencoba:-)

Tuesday, February 23, 2016

Makan Ramen di Gorilla:-)

Sering banget lewat di depan Resto Ramen ini di Garut.Letaknya ga jauh dari pasar Ciawitali yang merupakan pasar induk disini.Ga tau kenapa selalu ga minat lagi makan ramen di Garut.Aku udah coba ditempat lain ampun...seperti mie rebus biasa hehehe. 
Singgah makan disini juga kebetulan aja,plg dari bawa dedek Melika ke Dokter.Bareng teh Tia muter nyari bakso sebelum pulang kerumah.Sopirnya salah ambil jalan,ya udah pas kelewat tempat ini teh Tia ngajak singgah makan disini aja. Kami pesan Ramen dan jus Strawberry,aku tambah pesan Ocha panas.
Ramennya enak,kuahnya aku suka banget.Ramennya pake Topping Tempura,Sosis, bakso ikan,Telur rebus dan Rumput laut lembaran.Pesannya yang level 3 aja karena perutku lg ga enak.Lumayan pedes...Mie Ramennya ga terlalu suka.Aku suka Mie Ramennya yang lembut,ini lebih gede dan keras teksturnya.Ocha yang diantar aku ga minta minum.Ocha dikasi gula,manis banget.Aku fikir Ocha yang disajikan seperti yang biasa aku pesan di Resto Ramen di Bandung. Ocha panas tanpa gula,dicicipi dikit malah aneh.Tapi lumayan.....kalo pengen ramen ga perlu ke Bandung;-)




Sunday, February 21, 2016

Tumis Pepaya Muda Campur Tempe

Aku suka makan sayur Pepaya Muda,menu ini adalah salah satu sayur khas orang Bugis.Kalau di Bone,biasanya ditumis dan dicampur ikan Asap (Bale Tapa) atau Udang Segar.Kalau ga ditumis, dimasak sayur berkuah banyak dan dicampur Kacang Ijo atau daun kacang. Bumbunya sesuai selera. Kalo ditumis seperti ini,aku suka pake bumbu merah dan sedikit santan. Karena ga ada Ikan Asap aku ganti dengan Tempe.Yuk Intip resepnya:-)

Resep Tumis Pepaya Muda campur Tempe ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:
300 gram pepaya (Serut pakai serutan wortel)
1 papan tempe (potong kotak)
1 bungkus santan instan (65 ml)
500 ml air
3 buah Cabe bendot (iris memanjang)

Bumbu-bumbu:
2 sdm pasta cabe homemade
(3 cabe keriting+2 cabe kering)
 2 ruas jahe (potong 4 dan memarkan)
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 batang sereh memarkan
1 sdt garam
1/2 sdt lada bubuk
1/2 sdt kaldu bubuk/gula pasir
2 sdm minyak goreng

Cara membuat:
Panaskan wajan,masukkan 2 sdm minyak goreng.Tumis irisan bawang merah dan bawang putih.Masukkan pasta cabe,jahe dan sereh.kalau sudah harum,masukkan pepaya serut dan tempe . Tambahkan 500 ml air,biarkan hingga mendidih dan pepaya serut serta Tempenya matang.Tambahkan cabe Bendot,garam,lada bubuk,kaldu bubuk/gula pasir.Terakhir tambahkan santan instan.Aduk rata,koreksi rasanya.Siap dihidangkan:-)

 


Sambel Bawang Homemade

Sambel Bawang yang terkenal merek Bu Rudi di Surabaya.Aku belum pernah cobain....liat resepnya di file group masak di FB.Cobain bikin sendiri dirumah...Cara bikinnya beda karena aku ga kuat ngulek.jd di blender kasar aja.Rasanya enak dan pedesss....
Yuk intip resepnya;-)

Bahan-bahan
250 gram cabe rawit
250 gram bawang merah
1 sdm garam
1 sdm gula pasir
200 ml minyak goreng

Cara membuat:
Panaskan wajan,masukkan minyak goreng.kalau sudah panas,masukkan bawang merah dan cabe rawit.Bawang merahnya biarkan utuh,kalo besar belah dua aja.goreng hingga harum.kalo kuat ngulek,ulek kasar.kalo ga,blender kasar aja sama semua minyaknya.Biarkan minyaknya hangat dulu sebelum dimasukkan keblender. Masukkan kembali kewajan,tambahkan gula dan garam.Masak dengan api sedang dan terus aduk hingga matang,tambahkan sedikit minyak kalau kurang.Selamat mencoba:-)

Saturday, February 20, 2016

Saus Sambel Homemade

Resepnya dapat di group Arkme di Facebook.Aku screenshot jadi yang posting resep namanya ga keikut (maaf ya mbak) lain kali kalo buat lagi airnya dikurangi aja jd 300 ml,karena butuh air lagi buat campuran tepung maisena 200 ml.td agak cair jd aku tambah lagi tepung Maizena 3 sdm.kalo pake takaran air diatas kayaknya pas deh.Yuk intip resepnya.

Bahan-bahan:
1/2 kg tomat merah
1/2 ons cabe rawit merah
1/2 ons bawang Putih
300 ml air

Rebus halus ketiga bahan diatas sampai matang,dinginkan.Blender dengan 300 ml air.Saring lalu  masak diwajan dengan api sedang.Tambahkan gula,garam dan cuka.

Bahan lain:
2 ons gula pasir (aku pake 1 ons aja)
2 sdm Cuka dapur
2 sdm garam
3 sdm tepung maizena
Campur tepung Maizena dengan 200 ml air.

Kalau sudah mendidih campuran diatas,tambahkan campuran tepung Maizena dan air.masak kembali hingga mendidih angkat dan dinginkan.simpan dalam wadah bersih. Karena ga pake pengawet saus ini harus disimpan dalam kulkas.

Thursday, February 18, 2016

Tteokbokki ( Kue Beras Ala Korea)

Resep ini wara-wiri di Group masak yang aku ikuti di FB.Penasaran gimana rasanya,liar didapur masih ada sisa tepung beras.Bumbunya juga ada,yuk bikin....rasanya kenyal dan pedessss hehehe.Yuk intip resepnya;-)

Resep Tteokbokki ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:
300 gram tepung beras 
1 gelas air
3 sdm minyak wijen

Cara membuat:
Masukkan tepung dan air kedalam panci,aduk rata.masak dengan api kecil Dan terus aduk hingga mengental dan bisa diuleni.pindahkan ke baskom,biarkan hangat.Campur minyak wijen.uleni hingga bisa dipulung.Ambil sedikit adonan,bentuk bulat memanjang pake dua telapak tangan.lakukan sampai selesai.potong-potong kecil.Masak air hingga mendidih,masukkan semua dalam panci.masak hingga terapung.Angkat dan masukkan kedalam wajan yang berisi bumbu.masak hingga tercampur rata. Sajikan panas-panas.

Bumbu-bumbu:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
10 biji Cabe rawit merah
5 biji cabe keriting
1/2 sdt kaldu bubuk
3 sdm saus sambel
2 sdm minyak wijen
2 batang daun iris halus

Cara membuat:
Haluskan semua bumbu,tumis dengan minyak wijen sampai wangi.masukkan Tteok yang sudah direbus,tambahkan saos sambel,kaldu bubuk  dan irisan bawang daun.aduk hingga rata.siap disajikan :-)

Tuesday, February 16, 2016

Dadar Pisang Pelangi Vla Vanilla

Beberapa hari lalu di FB kak Anti ada Dadar Gulung Pelangi.Aduh fotonya bikin ngiler,jd pengen buat sendiri dirumah.Kemarin udah nitip ke Nenek beliin Pisang Raja.Pagi-pagi langsung dieksekusi....khmmm resepnya ala Dapoer Yuyu aja hehehe....Menurutku belum bagus kulit dadarnya.Pecah,kenapa ya? Kata Nenek kulit dadarnya jangan pake telor,tp biasanya bikin ga pecah pake telor juga. Yuk intip resepnya;-))

Resep Dadar Pisang Pelangi Vla Vanilla
Kulit Dadar:
200 gram Tepung Terigu
1 butir telur
3 sdm mentega (lelehkan dan dinginkan)
500 ml air
Sejumput garam
Pewarna makanan Pink,hijau,ungu,biru,coklat,dan kuning

Isian:
5 Pisang Raja matang (rebus hingga matang)
Karena pisang rajanya besar,belah dua dan dipotong dua lagi.

Cara membuat:
Aduk semua bahan kulit,bagi enam dan beri masing-masing satu jenis pewarna makanan.Aduk rata,panaskan teflon.oleskan sedikit minyak goreng.Tuangkan adonan dua sendok sayur atau sampai merata didasar teflon,masak hingga matang.tangkupkan kulit dadarnya di talenan,isi dengan pisang Raja yang sudah direbus.Gulung,sisihkan.lakukan sampai selesai.

Bahan Fla Vanilla:
100 gram tepung Terigu
50 gram tepung Maisena
150 mill santan kental (aku pake santan kara kecil 2 bks)
100 gram gula pasir (kalo suka manis tambahkan gula)
800 ml air
Sejumput garam
1 sdt Ekstrak Vanilla

Cara membuat:
Aduk semua bahan Vla,saring pake saringan teh biar ga ada yang menggerindil. Kalo ga mau repot,blender aja semua bahan diatas.Masak pake api kecil sambil terus diaduk sampai mendidih.Angkat...

Penyajian:
Tuang Vla dalam wadah saji,tata dadar Pisang.Siap disantap selagi hangat:-))

Monday, February 15, 2016

Minyak Ayam Homamade

Biasa makan Bakso atau Mie ayam,kan? Minyak yang dibotol yang suka ditambahkan itu minyak ayam.Dibuat dari Kulit daging Ayam yang digoreng sampai kecoklatan. Cara buatnya sangat gampang.Kulit ayam cuci bersih,kebetulan kalo mengolah daging ayam,kulitnya suka aku buang.Setelah dicuci bersih,panaskan wajan,tuang minyak bersih agak banyak.Setelah minyak panas,masukkan kulit ayam.Goreng dengan api kecil sampai kulit ayam berubah kecoklatan.Angkat kulit ayamnya,dinginkan minyak ayam setelah itu pindahkan kedalam botol.lain kali kalo buat,kayaknya bagus kalo ditambahkan bawang putih yang sudah dicincang.dimasukkan sesaat sebelum minyak diangkat biar ga gosong.Mudah buatnya kan;-))

Opor Ayam Putih

Belajar masak Opor Ayam,biasa makan kalo dibawakan Nenek kerumah.Nenek yang tinggal dekat rumah,guru Ngaji Keiko chan.salah satu orang yang kukenal dengan tangan ajaib.Semua yang dimasaknya enak.....Lucunya yang Nenek suka dari aku malah Teh Tawar.Kalau makan bareng dirumah,Nenek selalu memuji teh buatanku.Kalo ada sisanya dibawa pulang hehehe.
Belum mandi udah main kerumah Nenek minta resep Opor Ayam.Bumbunya semua ada dirumah,jd langsung eksekusi.Nenek ngasih santan kental yang udah dimasak dan siap pakai Biasanya Nenek bikin dari daging Ayam Kampung,yang dirumah daging ayam negeri,gpp deh.Masaknya bisa lebih cepat,yuk intip resepnya

Resep Opor Ayam Putih
Bahan-bahan:
1 kg daging ayam (potong sesuai selera)
500 ml santan kental (dari 1 butir kelapa)
Bumbu-bumbu:
15 siung bawang merah
8 siung bawang putih
3 ruas jahe
1/2 sdt lada bubuk
2 sdm gula pasir
1 sdt garam halus
1/4 sdt kaldu bubuk (skip kalo ga pake)
3 batang sereh (memarkan)
3 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
1 sdm minyak

Cara membuat:
Haluskan bumbu,remas-remas daging ayam yang sudah dipotong dan dibersihkan dengan bumbu halus.panaskan wajan,masukkan minyak. Tambahkan daging ayam dan semua bumbu lainnya.aduk hingga rata,biarkan mendidih dan daging ayam setengah matang.Tuang santan kental,aduk dan terus masak sampai daging ayamnya matanh.Koreksi rasanya,siap dihidangkan:-))

Tuesday, February 9, 2016

Sup Krim Jagung dan Bakso Goreng

Malas makan Nasi,bikin aja Sup Krim Jagung dan Bakso Goreng. Bikinnya ga pake takaran,asal nyemplung aja. Adonan bakso pake daging ayam,wortel,bawang putih,telur,lada bubuk dan garam.Aku blender semua sampai lembut.Setelah itu dicampur tepung Maisena dan sedikit tepung Tapioka.Setelah itu digoreng pakai api kecil sampai matang.Sup Krimnya pake Jagung pipil,Kaldu Ayam,susu UHT dan wortel.Aku kentalkan pake sedikit tepung Maisena. Bumbunya Bawang Putih dan lada bubuk aja.

Perkedel Jagung (tanpa digoreng)

Hujan-hujan,enaknya menikmati cemilan dan teh panas.kemarin udah makan gorengan,kalau semua digoreng juga ga sehat.Liat cetakan Kue Lumpur udah lama ga dipake,kepikiran buat Perkedel jagung tapi pake cetakan itu biar ga perlu digoreng. Semua pasti udah sering bikin perkedel jagung,jd pake resep mana aja.Bedanya hanya cara masaknya......

Resep perkedel Jagung ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:
3 cup jagung pipil
2 butir telur
4 siung bawang putih
1/2 cup air
Bahan diatas  diblender kasar
Setelah itu tambahkan:
1 cup tepung bumbu
1/2 sdt lada bubuk
2 batang bawang daun iris halus
5 cabe keriting iris halus
Campur semua sampai rata dan cetak bolak-balik pakai api kecil.selamat mencoba:-))


Monday, February 8, 2016

Putu Pesse ala Bugis

Ingat jaman kuliah di Makassar,aku dan daeng Nana suka bikin Putu Pesse.Biasanya Ummi ngirim Beras ketan Putih dari Bone.Jadi tinggal dicuci bersih,di goreng sampai kecoklatan dan digiling di Pasar.Sekalian beli gula merah dan Kelapa parut. Bikinnya juga ga susah,tinggal nyampur tepung ketan,kelapa parut dan gula merah yang sudah disisir halus.Aduk rata dan cetak,kalo terlalu kering bisa percikan sedikit air. Setelah itu dicetak dan siap dimakan.
Ini coba bikin dari Tepung Beras ketan siap pakai,aku goreng sampai kecoklatan.hasiknya ga seenak tepung ketan yang digiling langsung.tapi ga apa-apa,lumayan buat obat kangen hehehe.perbandingan bahannya sesuai selera aja,aku pake 2 cup tepung,1 cup kelapa parut dan 1/2 cup gula pasir.Lupa Nyimpan gula merah dimana,kalo pake gula merah lebih wangi....kalo ga punya cup ukuran aja pakai gelas atau mangkuk.Selamat mencoba:-))


Sunday, February 7, 2016

Menu Rumahan buat Arisan Keluarga

Arisan keluarga dirumah siang td,dari kemarin mikir mau masak apa malah bingung.Bakso,udah bosan.Mie kuah,udah....mau Soto,malas bikin Ketupat.Kari ayam juga sama,ga enak kalo ga pake Ketupat. Pagi diantar ayah kepasar,cuma sempat belanja aneka bumbu dapur dan sayur-sayur.Pasarnya becek,pulang ah...belanja daging ayam dll diwarung sepupu aja. Abis belanja di warung sepupu,pulang kerumah udah lewat jam 8 pagi.Arisan jam 11 siang.....
Minta tolong Keiko chan siapkan meja makan disamping,aku bikin adonan Puding dulu,sambil nyiapin cup Puding. Puding udah siap,Keiko chan dan adek Icha yang nuang adonan Puding ke Cup-cup.Goreng Tahu dan Tempe dulu sambil nyiapin bumbu Ayam. Tahu dan tempe setelah di goreng aku tumis aja. Pake cabe bendot,saus tiram dan kecap Inggris.Beres dua menu.Lanjut ngaron beras buat dikukus.Daging ayam dipotong-potongkan dan dibersihkan sama Mama.Aku tinggal masak sama bumbu,bumbunya aku blender biar ga repot.Abis masak daging Ayam,lanjut bikin Sayur Terong yang aku masak pakai bumbu Kari.Bumbu Kari buat dadakan,aku tambahkan beberapa potong daging ayam buat kaldunya. Lanjut bikin sambel tomat yang agak pedes.Setelah itu goreng kerupuk dan terakhir bikin Jamur Crispy.Pas beres semua,hidangan sudah siap di meja makan.Aku masak air teh buat di Teko,keluarga udah pada datang.Bergegas ganti pakaian dan makan bersama.Sisa makan siang dibagi dan dibawa pulang.khmmm....puas,menunya ala rumahan tapi nikmat dan sepupu-sepupu pada suka:-))

Wednesday, February 3, 2016

Sambel Ikan Pindang Extra Pedes

Lagi malas makan,tadi pagi makan dikit sambil nyuapin Keiko chan Nasi goreng. Minum Kopi dan makan sedikit kue perut minta diisi.Khmmm.....dasar perut kampung,harus diisi sama Nasi;-)) Ke Dapur liat apa di kulkas,ada sekotak ikan Pindang.Masak dulu sayur Terong sambil nyiapin bumbu. Ga pake ngulek seperti biasa hehehe,lumayan bisa makan siang pake menu sama Sayur Terong yang aku masak santan. Yuk intip resepnya....

Sambel Ikan Pindang Extra Pedes
Bahan-bahan:
Sekotak ikan Pindang Tongkol (7 iris kecil)
Goreng dan suwir kasar,sisihkan

Bumbu-bumbu
1 sdm bumbu merah homemade
3 siung bawang merah,iris kasar
5 cabe rawit merah
5 cabe rawit hijau
2 cabe bendot 
Sejumput garam
1 sdm gula pasir
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
Tumis bawang merah pakai sisa minyak menggoreng Ikan Pindang. Masukkan bumbu merah dan semua bumbu yang sudah diiris-iris.Masukkan ikan yang sudah disuwir,tambahkan garam dan gula.Koreksi rasanya,siap dinikmati dengan nasi panas:-))


Cake Marmer

Buat Cake Marmer untuk kedua kalinya.Pertama buat bener-bener ga layak tayang walaupun rasanya enak.Liat postingan Cake Marmer mbak Citra jd pengen buat lagi.Kata mbak Citra kalo gagal gpp tetap posting biar bisa diskusikan kesalahannya dimana.
Bikin lagi tadi berdua Keiko chan,pake resepnya mbak Citra. Ga tau lg melamun atau karena lagi ga semangat baking.Putih telur yang aku kocok sama gula castor ga bisa kaku.mungkin karena ada sedikit kuning telur yang ngikut atau kena mentega diwadahnya. Minta tlg Keiko chan masukkan mentega kedalam wadah mixer,lupa kalo disitu udah ada kuning telur.Liat lagi resepnya,aduh....kan ngocok mentega dulu baru masukin kuning telur.
Tetap dilanjutkan dengan perasaan galau,bolak-balik ngintip ke oven.Aku pake api bawah 30 menit dan tambah api atas 15 menit sebelum kuenya matang.khmmmmm.....lumayan kuenya bisa tayang walaupun hasilnya ga sebagus punya mbak Citra hehehe. Makasih resepnya ya mbak,resepnya bagus...aku yang ga bener bikinnya;-))
Resepnya bisa liat di blog mbak Citra ya  : myhomediaryinturkey.blogspot.co.id.

Monday, February 1, 2016

Pindah Rumah Baru: Dapoeryuyu.com

Dapoeryuyu.blogspot.com pindah kerumah baru....
Dapoeryuyu.com
Udah bayar dari tahun kemarin tapi karena ayah sibuk
Dan aku juga sibuk makanya sampai lupa
Tadi baru ayah utak-atik....
Dan tarra....
Kita jd pindahan hehehe
Makasih ayah kasep:-))