Tuesday, January 26, 2016

Sambel Teri Campur Pete

Dikasi Pete sama Nenek,guru ngaji Keiko chan yang rumahnya dekat sini. Tadi siang aku undang tetangga makan Mie Kuah khas Bone. Teh Asti sama Teh Eka ngupasin Pete sambil ngobrol dimeja makan.Sore masuk ke dapur sambil ngawasin anak-anak pada main di teras samping. Kalo suka pedes cabenya ditambah ya,ini sengaja ga bikin yang pedes banget Karena ayah ga bisa makan pedes hehehe

Resep Sambel Teri campur Pete ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:
Segenggam Ikan Teri Kering
2 Papan Pete

Bumbu-bumbu:
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 biji cabe keriting
3 biji lombok besar kering (rebus sebentar hingga lunak) kalo ga ada skip aja..
1 lembar daun jeruk
5 biji Cabe rawit
1 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
Minyak untuk menumis

Cara Membuat:
Haluskan semua bumbu,tumis hingga harum,tambahkan gula pasir.Masukkan Ikan Teri,aduk hingga tercampur rata.Tambahkan sedikit air,kalo udah matang masukkan daun jeruk dan  Pete,aduk sebentar.Angkat,siap dihidangkan.


Sunday, January 24, 2016

Menu Sederhana yang Nikmat

Aku mengenal beberapa orang yang sentuhan tangannya ajaib....semua yang dimasaknya enak:-)) salah satunya bibiku tersayang Bi Yati.Isteri adik mama mertuaku.Dari jaman kuliah sampai sekarang,sering banget tongkrongin bibi masak dan makan bersama.Apalagi kalo lg malas masak atau ga enak badan dan pengen makan nikmat.Menunya sederhana,bibi udah tau menu favoritku,Sup Wortel ala Bi Yati. Setiap kali aku coba buat sendiri dirumah,rasanya ga pernah sama hehehe. 
Sambelnya sambel cabe hejo,bikinnya simpel.goreng bawang merah dua biji sama cabe hejo.Ulek pake sedikit garam,udah.Tempenya direndam sedikit garam dan bawang putih,digoreng dadakan sebelum makan.Satu lg yang harus ada,Asin Peda....aduh kalo udah ada sambel,tempe,sup Wortel dan Asin peda aku udah makan nikmat banget.
Makasih Bibiku sayang,love u so much:-))




Pancake

Resep Pancake praktis ala daeng Nana,karena Self Raising Flour ga ada aku ganti pake Terigu biasa tambah 1 sdt baking powder.Enak dan praktis buat sarapan. Yuk intip resepnya:-)

Resep Pancake
Bahan-bahan:
1 cup tepung terigu
1 sdt baking powder
Sejumput  garam halus 
1 sdm mentega dilelehkan
1 butir telur
1 cup susu UHT

Cara membuat:
Campur semua bahan dalam wadah blender.blemder 1 menit hingga tercampur rata,diamkan 15 menit. Panaskan wajan teflon,ambil 1 sendok sayur adonan.biarkan hingga berbuih,balik....tunggu 1 menit atau hingga matang.Lakukan hingga habis,nikmati selagi panas.Toppingnya sesuai selera,bisa madu,selai atau sirup.

Wednesday, January 20, 2016

Mie Sayur Homemade

Mie Sayur homemade,resepnya sama dengan Mie Homemade yang sudah aku posting disini.Airnya dikurangi 50 ml karena akan dapat sisanya dari ekstrak sayur.Sayur yang aku pakai dua jenis aja,Wortel dan Sawi Hijau.Sawi Hijau pakai satu ikat besar,kalo wortel 2ons.Bagus kalo wortelnya lebih banyak tapi kurangi lagi jumlah airnya. Takaran diatas untuk 400 gram tepung terigu,2 butir telur dan 1 sdt garam halus.sayur potong kecil-kecil sebelum diblender dengan air. Selamat mencoba:-))


Thank u Girl's


Jamur Crispy ala Teh Asti

Makasih resepnya,teh Asti....berhasil;-))
Hasil Praktek Bareng Dirumah Teh Asti
Seharian bareng teteh-teteh dekat rumah.Ngaliwet dan makan bareng.Masaknya dirumah teh Asti.Aku bantuin teh Asti Goreng Tempe,teh Asti masak Terong Balado,nasi liwet dan tumis Waluh.Tahu,Sambel,asin dan jengkol dimasak dirumah teh Yanti.teh Diana kebagian bersiin pos Ronda buat tempat makan bersama.Teh Eka bantu angkat-angkat piring dan gelas hehehehe.Sambil nunggu liwet matang,aku siapin isian Jakangkote,neng Zhifa bantuin parut Wortel. Dan Suwir ayam. 
Abis makan,sholat Dhuhur dulu baru lanjut bikin Jalangkote. Agak sorean bikin Jamur Crispy.Resepnya ala teh Asti,hasilnya Crispy beneran,renyah dan enak....pernah bikin tapi gagal hehehe.Resep ini beneran praktis dan enak banget....

Resep Jalur Crispy ala Teh Asti
Bahan-bahan:
700 gram Jamur putih
500 gram tepung Terigu
200 gram Tepung Maizena
2 butir telur
1/2 sdt kaldu bubuk
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
potong-potong jamur,sisihkan. Kocok telur dan kaldu bubuk hingga tercampur rata.Diwadah terpisah campur tepung terigu dan tepung maizena. Siapkan wajan,masukkan minyak goreng.Ambil segenggam jamur,masukkan ke kocokan telur,aduk rata.Angkat sambil ditiriskan,masukkan kedalam campuran tepung.Aduk hingga rata,masukkan kedalam saringan tepung. Goyangkan saringan agar tepung yang tidak lengket bisa jatuh kebawah.Masukkan jalur kedalam minyak panas.Goreng sampai matang,jangan terlalu kecoklatan biar ga gosong. Angkat dan pindahkan ke wadah saji,nikmat dicemil selagi panas.Hasilnya banyak banget,kalo ada nyisa simpan diwadah kedap udara:-))


Tuesday, January 19, 2016

Eco Learning Camp (EcoCamp Dago Pakar) Bandung


Kami menemukan tempat ini ga sengaja,ketika berkendara menuju Taman Hutan Raya (Tahura Bandung). EcoCamp berada tidak jauh sebelum masuk ke Tahura.Berada disisi kiri jalan.Tempatnya berkontur,dari jalan tidak terlihat banyak bangunan.Dari parkiran didepan,kita bisa masuk kesebelah kanan,turun anak tangga.Tamannya indah dan ditata dengan bagus.
Aneka jenis tanaman dan ternak diolah secara organik.Info lebih lanjut bisa buka websitenya di www.ecolearningcamp.org
Tempat ini dikelola oleh Yayasan Sahabat Lingkungan Hidup. Sukses selalu buat EcoCamp ya:-))







Rumah Jamur

Family Gathering ke Pantai Pangandaran

Seperti biasa,aku malas diajak ke pantai kalo lagi di Garut.Gimana ga malas kalo harus berkendara berjam-jam baru ketemu pantai.Di Palu,tiap hari tiap laut hehehe. Karena acaranya Family Gathering dengan tetangga satu RT,ya udah...ikutan aja.Kami sengaja ga bawa mobil.Pake mobil pariwisata satu bus.penuh....perjalanan seru.berangkat jam 7.40 pagi.Singgah makan siang dijalan dan lanjut ke Pangandaran.Tiba disana jam 2,sebagian langsung serbu pantai.Aku memilih tidur siang dulu,sore baru main ke Pantai.Rada sepi jadi bisa menikmati.Malam acara bersama di lt 3 hotel.Nyanyi dan joget bareng diiringi live  music. Seru juga ngumpul sama tetangga (Makasih,peluk satu-satu)


Ini mah judulnya,ibu-ibu belanja dan bapak-bapak ngasuh anak.Aku ga ikutan pergi belanja,nitip asin jambal roti aja sama teh Asti buat oleh-oleh.


Menikmati Menu Sunda di Soreang

Singgah makan disalahsatu satu Rumah Makan Sunda di Soreang. Pinggir jalan besar sebelah kiri dari arah Bandunh,Namanya RM.Manjabal 2, tempatnya luas.Kami memilih lesehan dibagian belakang,turun tangga dan melewati kolam Ikan.View hamparan sawah yang hijau menyejukkan mata.
Kami pilih menu Nasi Liwet,Nasi Bakar plus sambal dan lalap. Ga lupa Sup Buntut dan dan Juice Strawberry yang seger banget. Es kelapa mudanya juga nikmat,dicampur Kinca Gula merah. Makannya nikmat banget....







Saturday, January 16, 2016

Main ke Kawah Putih Bandung

Senangnya bisa main ke Kawah Putih,udah lama pengen kesini tapi belum kesampaian. Pulang dari Kongres di UI dijemput kakak sepupu nginap dirumahnya (makasih kak Nia sayang).Pagi-pagi berangkat ke Bandung bersama kak Nia dan keluarga plus dg Aty. 
Mobil exit tol Moh Toha,belok kanan lurus ke arah Soreang. Singgah makan di Soreang dan lanjut ke Kawah Putih melewati Ciwidey. Langit sangat cerah dan puas menikmati Kawah Putih karena ga terlalu banyak pengunjung.




Thursday, January 7, 2016

Sarabba (Minuman khas Bugis/Makassar)


Dari kemarin pengen minum Sarabba,minuman khas Bugis Makassar yang biasa dinikmati dengan Pisang goreng atau Ubi Goreng.Kalo di Makassar banyak dijual dimalam hari jadi kalo ga mau repot bikin sendiri tinggal keluar rumah dan beli yang udah jadi.
Ini Sarabba tanpa sepiring gorengan,rasanya ada yang kurang hehehe. Kalo suka bisa tambahkan sedikit lada bubuk.Kalo aku suka ditambahkan sedikit,rasanya lebih panas dan enak.....

Resep Sarabba ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:
100 gram gula merah (pilih kualitas bagus)
50 gram Jahe
5 batang sereh
100 ml susu kental manis putih 
1200 ml air
1 sdt lada bubuk

Cara membuat:
Masak air dan gula merah,tambahkan Jahe yang sudah dihaluskan (aku blender dengan sedikit air). Tambahkan lada bubuk dan sereh yang sudah dimemarkan.Masak hingga mendidih dan gula merah meleleh.Angkat dan saring,rebus kembali dan tambahkan susu.Aduk rata hingga mendidih kembali.Siap dinikmati selagi panas....