Saturday, November 26, 2016

Pantai Apparalang, Surga Tersembunyi di Bulukumba



Akhir Oktober kemarin rame-rame sama keluarga pulang ke Kampung Almarhum Abba di Bulukumba. Kami silaturahmi kerumah-rumah keluarga dan ziarah ke makam puang Nenek dan Puang Lato'.Berangkat jam 6 pagi dari Makassar, Singgah istirahat di Bantaeng dan menikmati pantainya sejenak. Alhamdulillah tiba di kampung Abba di Bontotiro jam 12 siang. Makan siang dirumah daeng Mida (makasih ya daeng) disuguhi menu ala kampung yang sangat nikmat. setelah itu Ziarah ke makam dan lanjut berkunjung kerumah keluarga yang lain.
sore, kami diajak adek sepupu ke pantai ini, baru dengar kalo ada pantai yang indah selain pantai Bira yang sudah kesohor. akhirnya kami lanjutkan perjalanan. jalanannya udah lumayan bagus....beberapa ratus meter sebelum tiba dilokasi, aku sempat loncat keluar dari mobil....ngeri liat jalanannya. Turunan panjang dan sangat terjal, aku mikir gimana pulangnya nanti. Untung mobil yang dibelakang ngasih tau kalo arah pulangnya nanti lewat jalanan yang beda, Akhirnya aku naik lagi dan terus berdoa (dasar penakut) hehehe
Akhirnya rasa takut terganti.....pemandangannya indah banget..........sayang ga bisa lama-lama disini karena kami harus balik lagi ke Makassar. Bagasi mobil penuh dengan aneka hasil kebun, kue-kue dan tidak lupa dikasi oleh--oleh Jagung Marning ala Bulukumba.
Insya Allah nanti main lagi kesini:-)








Sunday, August 28, 2016

Beppa Baroncong (Kue Tradisonal Bugis)

Resep Beppa Baroncong 

Bahan-bahan:
250 gram tepung  terigu
250 gram Kelapa parut (pilih kelapa yang agak muda,buka kulit arinya)
1/2 sdt garam halus
50 gram gula pasir (kalo suka manis pake 100 gram) 
1 butir telur 
500 ml air

Cara Membuat:
Campur semua bahan,aduk hingga rata menggunakan mixer atau pake spatula. Panaskan cetakan,oles dengan minyak goreng atau mentega cair.masukkan adonan hingga penuh.Tutuo cetakan,masak hingga matang.Angkat dengan tusuk sate. Sajikan panas-panas,selamat mencoba:-)



Friday, August 12, 2016

Main ke Alun-Alun Bandung





Menikmati Menu Sunda di Resto Alas Daun Bandung






Spaghetti Tuna


Ini menu praktis kalo lagi malas masak, Spaghetti Tuna....
Aku buat tadi buat makan siang Keiko chan. pake Tuna kaleng, biar ada seratnya aku tambahkan wortel yang udah diserut. abaikan penampilannya, yang hitam itu bawang bombay yang hangus hehehe
resepnya mudah, tinggal masak Spaghetti sampai matang,sisihkan. Tumis bawang bombay yang udah diiris kecil, masukkan Tuna kaleng dan serutan wortel. Aduk hingga rata, tambahkan lada bubuk, oregano, saus tomat dan saus sambel serta parutan keju. Keju parutnya sebagian aku campur sebagian jadi topping. aduk hingga tercampur rata. Pindahkan Spaghetti dalam piring saji, tambahakan saus diatasnya. Siap dinikmati-)

Coto Makassar


Pernah masak Coto Makassar dulu dijaman masih tinggal di Makassar. Rame-rame sama teman kuliah tapi resepnya udah lupa. Pengen masak lagi menu yang ini, resepnya ngubek di om google. Akhirnya dapat resep dari blog Favoritku, Siapa lagi kalo bukan blog mbak Endang di JTT. Rasanya udah pas, kalo mau resepnya disini ya.
Ini resepnya kalo tinggal jauh dari kampung halaman. kalo mau menikmati Coto Makassar hars ke Bandung. Kalo di Bandung paling enak Coto di Rumah Makan Sulawesi dan di Konro Bakar Marannu-)

Mampir di Galley Mhia dan Menikmati Menu Malam

 Udah lama ga ngisi blog, sibuk apa ya....ga sibuk juga sih. Paling main kesana-kemari,masak kalo lagi mood. alasan utamanya seperti biasa, malas....
Akhir bulan kemarin mampir di Rumah dek Mhia di Ciamis sebelum lanjut toring sama Komunitas ke Pangandaran. Kami bertiga berangkat dari rumah di Garut jam 5 sore. Tiba di Ciamis udah jam 8 malam. 
Senang banget bisa ketemu dek Mhia dan kang Bow suaminya. Setelah berapa kali ga jadi ketemu. Oh iya, ini pertama kali kami ketemuan. Dek Mhia baru beberapa tahun tinggal di Ciamis. Seperti aku, dia juga asalnya dari Sulawesi,...Soroako tepatnya. Bahagia ketemu teman sekampung, ngolor -ngidur sambil menikmati menu yang dibuat dari Galley Mhia. Ada Jalangkote (Surprise), Pizza Jumbo dan Bakso Ikan Tengiri lengkap sama sambel pedes dan kacang goreng. Kalo orang dari Sulawesi Selatan makan Bakso wajib ada kacang goreng buat taburan dan jeruk nipis hehehe


 Makasih menu malamnya yang nikmat ya dek Mhia dan Kang Bow.....


Sunday, July 17, 2016

Es Labu Siam


Iseng bikin Es Buah Waluh beberapa hari lalu.Ternyata enak...seger dan krenyes. Cara membuatnya mudah: kupas kulitnya,cuci bersih dan serut pake serutan wortel.Remas-remas pake garam, cuci bersih kembali  dan masukkan kedalam gelas yang berisi sirup Melon yang sudah dicampur air dan ditambahkan  es Batu. Selamat mencoba;-)

Thursday, July 14, 2016

Asin Tulang Jambal Bumbu Merah

Bersiin kulkas,ditempat sayur paling bawah dapat sebungkus asin Jambal yang tinggal tulangnya. Bingung mau diapain,tiba-tiba ingat satu rumah makan Sunda Yang biasa kami lewati kalo pulang dari Bandung.Menu khasnya Asin Tulang Jambal,khhhmmm....dapat ide buat memanfaatkan Asin Tulang Jambalnya.
Sengaja ga pake cabe rawit pedes bias Keiko chan bisa ikut makan,dia suka makan Asin seperti ibunya hehehe.Kalo suka pedes tambahkan Cabe Rawit merah ya.

Resep Asin Tulang Jambal bumbu Merah
Bahan-bahan:
Tulang Asin Jambal potong-potong sesuai selera
Goreng hingga matang

Bumbu-bumbu:
3 siung bawang merah
2 siung Bawang putih
15 biji Cabe Keriting
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
Kaldu bubuk sedikit kalo suka
2 siung bawang merah,iris halus
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
Blender kasar bawang merah,bawang putih dan cabe keriting dengan sedikit air.Tumis bawang merah hingga wangi,masukkan bumbu yang sudah diblender.tambahkan guka,garam dan kaldu bubuk.kalo sudah tercampur rata dan matang masukkan Asin tukang jambal yang sudah digoreng,aduk rata.Tambahkan lagi 2-3 sdm makan minyak goreng.koreksi rasanya,siap disantap:-)

Cara Melelehkan Coklat Batang

Ada beberapa cara melelahkan Coklat Batang,tapi menurutku yang paling gampang adalah dengan memakai dua panci. Yang biasa disarankan adalah panci steinles,tapi aku pake panci biasa yang pake gagang yang sering aku pake buat mie rebus.
Hal pentingnya adalah panci yang berisi air harus lebih kecil dari panci yang dipake untuk wadah coklat.untuk memastikan uap panas tidak naik keatas yang bisa membuat tetesan air masuk kepanci yang berisi coklat. Coklat Batang dipotong kecil atau diiris kasar seperti gambar diatas. Panaskan air hingga mendidih,simpan panci berisi coklat diatasnya.Aduk hingga coklatnya meleleh.Kalo udah mengeras tinggal dipanasin kembali.
Salah satu teknik yang aku baca di group masak adalah mengiris coklat dalam irisan halus,memasukkan kedalam plastik,diikat dan dimasukan ke Magic Jar yang ada nasinya.Panas dari nasi yang akan melelehkan coklatnya.Teknik uji aku belum pernah pakai. Tapi dari review bakulan,cara itu juga lebih praktis dan tidak ada sisa coklat yang kejang di panci.Plastik coklat tinggal digunting sedikit dan langsung dipakai.
Selamat mencoba:-)

Saturday, July 9, 2016

Jus Jeruk Organik

Flu dan pilek dari td malam,kecapean plg dari rumah Bapak di Cilacap.Bolak-balik pake ac,cuaca panas banget.Balik ke Garut,tiba sore langsung silaturahmi kerumah Abah di Cibunar.Dikasi oleh-oleh Jeruk Garut organik hasil panen dikebun Samoja. Jeruk Garut rasanya manis asem,seger dan enak dibuat Jus.
Segelas kecil itu aku peras dari 5 buah jeruk,ga ditambah air atau gula.Seger banget....hatur nuhun Abah:-)

Friday, July 1, 2016

Triple Chocolate Brownies

Berapa hari ini pengen banget makan Brownies,tapi bikin sendiri. Bahan-bahannya udah lengkap,tadi malam  main kebeberapa blog. Pengen cobain resep Ummu Allegra yang booming tahun lalu. Ga dapat blog penulis resep aslinya.Hanya dapat di blog Mbak Nina,mbak Hesty dan mbak Sashy tapi beda-beda bahan dan caranya. Akhirnya aku ambil resep dasarnya aja dan merubah beberapa bagian. Aku skip pemakaian baking powder dan soda kue,Minyak aku ganti Mentega yang aku lelehkan 200 gram. Hasilnya....enak banget.Brownies padat yang lembut didalam.Aku potong-potong kecil dapat 38 potong. Loyang Browniesnya ga tau nyimpan dimana jadi aku pake loyang ukuran 24x24x4 cm. Yuk intip resepnya:-)

Triple Chocolate Brownies
Bahan-bahan
200 gram tepung terigu
50 gram coklat bubuk
100 gram Coklat Batang
1/2 cup choco chips
100 gram gula palem
150 gram gula pasir
1 bks vanili bubuk
200 gram mentega dilelehkan
4 butir telur

Cara membuat:
Kocok gula palem,gula.pasir,vanili dan  telur dengan kecepatan rendah.Sampai gula mencair aja,jangan sampai adonan mengembang. Masukkan campuran Terigu yang sudah diayak dengan coklat bubuk,aduk rata.Tambahkan coklat batang yang sudah dilelehkan,sisakam sedikit untuk topping.terakhir masukkan mentega cair Dan Choco chip.Aduk hingga rata...
Tuang kedalam loyang yang sudah dialas kertas roti dan dioles mentega. Taburi dengan Choco Chip dan coklat cair.Lebihkan kertas roti agar lebih gampang mengeluarkan Brownies setelah matang.
Panggang dirak tengah dengan suhu 190 derajat selama 20 menit.Pindahkan ke rak bawah.Panggang kembali dengan suhu 150 derajat.Jangan kelamaan dioven nanti hasilnya keras. Selamat mencoba:-)




Monday, June 27, 2016

Keiko chan B'Day Party

Selamat Ulang Tahun,nak....
Semoga panjang umur,jadi anak yang solehah
Rajin belajar dan selalu sehat dan bahagia:-)

Ultah Keiko chan dirayain dirumah Oma Yati(hatur nuhun Oma sayang) sengaja dirayain disini karena rumah keluarga yang lain satu lokasi.Tujuh rumah berdekatan ga pake pagar hehehe.Tinggal buka pintu dan nyebrang kesebelah;-)
Jam 9 pagi berangkat kerumah Oma Yati,drop barang-barang dan kue baru ke Toko beli bahan Puding,lilin dan balon. Pulang istirahat sebentar baru mulai buat puding dibantu teh Eka. Aku buat Puding Cinta dan Puding Coklat Fla Custard. Beres buat Puding,leyeh-leyeh nonton TV. Jam 3 baru masuk dapur lagi sama teh Eka,buat kuah Bakso. Nasinya dimasakkan Bi Ate. Ga lama Oma Yati juga bantuin. Menunya Urap,Ayam Goreng,Tahu,Tempe,Sambel Bawang,Bala-Bala dan Asin Sepat....khmmm menu rumahan;-)
Baksonya pake tambahan Mie dan Sawi Ijo yang aku pisahkan dari kuah Bakso.Ngumpul menjelang Buka Puasa,jadi Foto-foto dulu,buka puasa bersama dan shalat Magrib. Abis shalat baru tiup lilin dan potong kue.Kuenya aku bagi sampai habis jd kebagian semua:-)


Chocolate Birthday Cake

Belajar buat Cake Ultah pake Coklat.Nonton di YouTube cara melelahkan Coklat. Cakenya pake resep Sponge Cake yang udah aku posting disini. Biar gede karena pake loyang garis tengah 24 cm aku pake 1 1/2 resep.hasilnya bagus...senang banget.Biar Nyoklat aku tambahkan 4 sdm coklat bubuk merek Bendrops.
Cara melelahkan coklatnya ga sulit,hanya pastikan aja wadah yang dipake benar-benar kering.Potong kecil-kecil Coklat batangnya.Panaskan air dalam panci,masukkan Coklat dalam panci lain yang ukurannya lebih besar.dudukkan panci berisi Coklat diatas Panci kecil yang sudah mendidih airnya.Kecilkan api,aduk terus hingga coklat meleleh semua.
Masukkan Coklat cair kedalam piping bag.Gunting sedikit ujungnya.Mulai menghias coklat disekeliling pinggiran atas.semprotkan Coklat hingga meleleh kebawah.Setelah itu buat coretan-coretan diatas kue. Sisa Coklat dicetak diatas plastik.Aku buat model pagar,bulatan dan bentuk hati buat disusun diatas kue.
Setelah dingin lepas coklat dari plastik dan susun diatas kue,aku ganjel pagar coklat pake tusuk gigi dan ditambahkan beberapa buah Cherry.Selamat mencoba:-)



Ombre Birthday Cake Special for Keiko Chan





Wednesday, June 22, 2016

Bukber dengan Tetangga

Nikmatnya buka puasa bareng tetangga....menunya sederhana ala Sunda.Tumis Waluh/Labu Siam,ayam goreng,Bala-bala,Asin Sepat,Cibay,sambel Bawang,Tahu,Tempe dan Sambel Cibiuk (ga sempat kefoto,udah heboh buka puasa). Makannya ditempat Favorit,Pos Ronda hehehe
Masaknya di dapur teh Yanti,teh Asti dan Teh Diana.Aku kebagian nungguin menu yang udah matang di Pos Ronda (curang ya) Daripada makan diresto,aku lebih suka makan rame kayak gini. Puas dan nikmat banget.Alhamdulillah....


Monday, June 20, 2016

Pie Custart

Resep ini menyelamatkan telur pecah 8 butir hehehe.Mau bikin Cake tapi malas ribet,ya udah bikin Pie Custart aja.Punya loyang Pie bongkar pasang,pernah sekali dipake.Mungkin aku nusuk-nusuk adonan dasarnya kelewat banyak jd pas udah dioven setengah matang dan dituangun adonan telur.Ga lama..adonannya pada rembes kedasar oven.Buru-buru aku pindahin ke Pirek,untung.masih bisa selamat walaupun modelnya ga layak tayang.Biar aman aku pake pirex aja hehehe

Resep Pie Custart ala Dapoer Yuyu
Bahan Kulit:
350 gram tepung terigu
200 gram mentega
5 sdm air es

Cara membuat:
Masukkan terigu dan mentega kedalam wadah.Campurkan keduanya dengan garpu hingga berbutir-butir
Tambahkan air es,aduk lagi hingga tercampur rata. Masukkan kedalam plastik wrap,bungkus dan simpan dikulkas 30 menit.

Bahan isian:
8 kuning telur
1 kaleng susu kental manis
1/2 kaleng air putih  bekas SKM 
Sejumput garam
3 sdm tepung Custart
Sejumput garam
#campur semua bahan isi,mixer hingga tercampur rata dan saring dengan saringan teh/santan.

Penyelesaian:
Cetak adonan pie di pirek,oven sampai setengah matang. Panaskan oven 15 menit sebelum dipakai.Ovennya pake api atas dan bawah ya. Kalo udah,tuang adonan isi. Oven kembali hingga matanh.Aku kemarin oven 70 menit suhunya 170.Selamat mencoba....

Saturday, June 18, 2016

Puding Cendol

Ada stok Cendol dikulkas,campuran daun Pandannya wangi banget.Karena ga pake pewarna tambahan,Cendol ini ga secerah warna Cendol yang ada dipasar. Beli kemarin dan hanya dimakan satu gelas karena Bi Yati ngasih Kolak Pisang yang enak banget jd Cendol nya ga kemakan.
Dapat ide buat puding Cendol dan tarra...tuh hasilnya;-) 
Buatnya sama aja dengan cara puding lumut kemarin,hanya ini.pake Telurnya satu biji aja biar misah bagian dasar pudingnya. Cendol ga dimasak dengan adonan Puding ya.disendok aja langsung ke cup terus ditambah adonan Puding yang sudah mendidih.Biarkan hingga mengeras dan siap disantap.Selamat mencoba:-)