Sunday, November 1, 2015

Pizza dan Alat Giling Roti Jadul

Kemarin,pagi-pagi ditelp kak Kobana buat sarapan pagi bareng dirumahnya. Abis mandi main kesana,ngobrol dan ngejus buah.Abis motong-motong buah,eh mati lampu.Kota Palu ini emang krisis listrik sejak bertahun-tahun yang lalu.Jadi ga aneh kalo mati lampu berkali-kali dalam sehari.Kalo parah bisa berjam-jam sekali mati lampu. Ngobrol lagi soal aneka menu,kak Kobana perlihatkan alat gilingan roti manual yang jadul.Udah lama banget belinya tapi lupa gimana cara pakenya. Penasaran,aku bongkar dilantai.dibersiin dulu baru diliat lagi buku panduannya. Akhirnya bisa masang alat khusus buat giling adonan roti.Alar jadul itu bisa buat aneka jenis pasta dan mie selain menggiling adonan Roti jadi alat-alatnya yang kecil-kecil juga beraneka jenis.
Alat udah siap,bahan roti juga udah ada.Mualailah kami berdua nyampur adonan dan menggiling manual. 10 menitan,adonan udah kalis.aku pindahkan ke baskom dan ditutup serbet. Temani dulu kak Kobana ke acara Aqiqah dan singgah beli keju,Paprika dan Oregano di swalayan. Pulang kerumah kak Kobana,adonan sudah  mengembang dua kali lipat. Langsung selesaikan bikin Pizza,pake topping daging ayam,tomat Cherry,Paprika,bawang Bombay dan Keju plus sedikit taburan Oregano kering. Di oven hingga matang,langsung disantap panas-panas sama anak-anak.  
Baru kali ini bikin Pizza yang adonannya digiling.Biasanya pake resep Pizza yang ga perlu diuleni. Hasilnya emang lebih lembut.Dilebarkan diloyang lebih mudah dan ga lengket ditangan.
Resep Adonan Pizza:
500 gram tepung terigu
11 gram ragi instan
4 kuning telur
50 gram gula pasir
1 sdm mentega
200 ml air
50 ml air hangat

Cara membuat:
Campur ragu instan dengan air hangat,tunggu  sampai berbuih.Masukkan semua bahan dalam mesin manual,tambahkan biang ragi.Putar alat selama 10 menit atau sampai adonan kalis.Pindahkan kebaskom,tutup dengan serbet.Kalo sudah mengembang dua kali lipat,adonan siap diolah.

Note: adonan ini untuk dua loyang Pizza





Post a Comment