Friday, November 6, 2015

Pisang Mandar


Kuliner Bugis sangat beragam,mungkin karena Nenek moyangnya suka merantau kemana-mana sehingga menu khas tempat perantauan diadopsi dan dirubah sesuai selera. Menu ini mirip makanan khas Suku Mandar yang dikenal dengan nama Loka Dianjoroi. Bedanya,kalo Loka Dianjoroi hanya pake santan kental,pisang rebus dan ikan Teri.Kalo Pisang Mandar ala Bugis pake Udang dan Sayur Touge dan ditambah sambel,jeruk nipis dan sedikit kecap manis.
Menu ini juga favorit Almarhum Abba,kalo panen Pisang Kepok dikebun.Pisang ditandan paling bawah diambil beberapa sisir untuk dibuat menu ini.Pisang yang paling kecil emang sengaja dipilih karena masih mudah dan lunak kalo sudah direbus.Jadinya satu panci besar dimakan bersama karena kami keluarga besar dan biasanya sapupu-sepupu yang lain juga datang.Makanya menu ini biasanya dibuat Minggu siang.
Yuk intip resepnya.....

Pisang Mandar ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:
1 sisir pisang Kepok muda
250 gram udang sega
200 gram Touge
1 butir kelapa parut
2 liter air

Bumbu-bumbu:
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 biji Cabe keriting
1 sdt lada bubuk
1/2 sdt kaldu bubuk
5 siung bawang merah untuk ditumis
2 sdm minyak goreng

Pelengkap:
Sambel tomat
Jeruk nipis
Bawang daun
Daun seledri
Kecap manis

Cara membuat:
Rebus pisang hingga matang,penyek pake cobekan dan kupas kulitnya.Haluskan bumbu,tumis bawang merah yang sudah diiris halus.Masukkan bumbu,kalo sudah harum masukkan udang. Aduk rata,tambahkan sedikit air.Angkat kalo sudah matang,sisihkan.
Bagi empat kelapa parut,blender dengan 1/4 bagian air.Peras dan masukkan kepanci,lakukan hingga habis.Masak sampai mendidih,aduk jangan sampai santannya pecah.Tambahkan garam dan lada bubuk,masukkan pisang rebus.Aduk rata,masukka sayur Touge sesaat sebelum diangkat.Kalo suka,masukkan udang yang sudah ditumis atau udangnya dipisah.Sajikan panas-panas.Taburi dengan bawang daun dan daun seledri.



Post a Comment