Saturday, November 7, 2015

Belajar Bikin Roti

Pertama kali bikin roti yang diuleni,lumayan ga sesulit yang aku bayangkan. Ceritanya berhasil "bujuk" mami Kifa buat beli oven listrik.Udah berapa hari dibeli,belum sempat dipake.Dia penasaran dengan oven barunya dan pengen liat cara bikin roti.Jadilah kami berdua belajar,aku nguleni dia bantuin masukkan bahan cair.Karena takaran airnya aku kurangi,ga sesuai resep.Takut gagal dan jadinya roti keras.Alhamdulillah berhasil.....adonan roti ngembang banget. Aku buat A roti Kepang dan Model Gulung (namanya apa ya hehehe)

Resep Roti Isi Keju dan Meses
Bahan-bahan
500 gram tepung terigu (aku pake Cakra Kembar)
60 gram susu bubuk
Sejumput garam
50 gram gula pasir
11 gram ragi instan
2 kuning telur
50 gram mentega
180 ml air (aku kurangi karena sudah cukup)
100 ml air hangat

Isian:
Keju
Meses

Cara membuat:
Campur ragi instan dan air hangat,aduh rata.Diamkan beberapa menit hingga muncul buih,pertanda ragi masih aktif.Campur tepung terigu,gula,garam dan susu dalam wadah.Tuang campuran tepung ke meja,buat lubang ditengah,masukkan kuning telur.Aduk hingga tercampur rata
Tambahkan air ragi sedikit demi sedikit sambil terus diuleni.Tambahkan air 180 ml,liat kondisi adonan.airnya aku ga pake semua karena adonan sudah bagus.Terakhir tambahkan mentega,terus uleni sampai adonan kalis.
Bentuk bulat adonan roti,pindahkan kewadah.Tutup dengan kain 45 menit atau sampai n gembang dua kali lipat.kalo sudah ngembang,tinju adonan dibagian tengah.Setelah itu potong-potong dan bentuk bulatan.Kira -kira 35-50 gram.
Model Roti Kepang:
ambil satu bulatan,gilas memanjang.isi tengahnya dengan Meses dan keju.Iris miring samping kiri dan kanan dan kepang.
Model Gulung:
Ambil satu bulatan adonan,gilas memanjang.Pipihkan diujung yang satu.Ujung yang lebar isi dengan keju dan meses.Gulung kedalam
beri olesan pada masinh-masing roti sebelum dimasukkan ke oven.

Panaskan oven 15 menit sebelum dilpakai.Panggang roti dengan suhu 180 derajat selama 20 menit dengan api bawah.kalo susah mau matang,nyalakan api atas.

Bahan olesan:
Kuning telur 1 biji dan 2 sdm Susu kental manis,aduk rata dengan garpu



Post a Comment