Monday, November 23, 2015

Tumis Tempe Campur Udang

Belanja Ikan dan Sayur di Pasar Antang,senangnya liat Ikan-ikan segar.Beli Ikan Bandeng dan Ikan Cakalang,Ikan Cakalang buat dimasak dan disimpan dikulkas untuk stok. Sayurnya Bayam,favoritku,enak dan paling mudah diolah;-)
Ada Udang dikulkas udah aku keluarin sebelum kepasar. Enaknya dimasak dengan tempe.Rifqy suka banget,sambil makan dia nanya apa bumbunya. Seperti biasa,yg malas ngulek bumbu sepertiku akan mengolah dengan cara yang cepat tanpa repot. Yuk intip resepnya....

Tumis Tempe campur Udang ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:
1 Papan Tempe (potong-potong dan goreng hingga kecoklatan)
Udang

Bumbu-Bumbu:
1 buah tomat ukuran sedang
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 sdm kecap manis
2 sdm Saus tiram
2 sdm minyak wijen
2 sdm kecap asin
3 sdm Minyak

Cara membuat:
Tumis bawang merah dan bawang putih,kalo sudah harum masukkan potongan tomat.Masukkan udang yang sudah dikupas kulitnya.Kalo susah berubah warna,masukkan tempe yang sudah digoreng.Masukkan semua bumbu,aduk hingga tercampur rata.Siap dihidangkan:-)

Menikmati Jajanan Pasar di Makassar

Pagi-pagi keluar beli jajanan pasar berdua Arul adekku.Rencana mau ke Pantai Losari batal,malah pada tiduran depan tv hehehe.Beli aneka jenis Jajanan dan dinikmati dengan Teh Tawar enak banget. Ada Jalangkote,Panada,Doko-Doko Lame,Onde isi Cangkuli,Boddong-Boddong,Kue Lumpang yang warna Hijau dan lupa lg namanya tuh yang dibalut Gula Merah. Murah,Meriah dan puas;-)

Saturday, November 21, 2015

Gogoso' dan Telur Asin

Keluar beli jajan pasar,dapat penjual Gogoso' dipinggir jalan ga jauh dari kompleks rumah daeng Nana.Gogoso' adalah salah satu menu Bugis-Makassar.Terbuat dari Beras ketan  putih atau hitam.Berasnya diaron dengan Santan dan dikukus hingga matang.setelah itu dibungkus daun pisang dan dibakar.Nikmat disantap dengan telur asin,kebetulan penjualnya udah siapin.


Sop Saudara Makassar

Khmmm....drama melankolis hari ini berakhir senyum di Rumah Makan Sop Saudara di Makassar. Setelah mendadak akan pulang ke Garut.Kejar pesawat siang,beli tiket di bandara kurang satu jam sebelum take off.Transit di Makassar sebelum lanjut terbang ke Jakarta.Alhamdulillah dapat kabar bahagia.Ya sudah....ga jadi terbang ke Jakarta.kejar-kejaran lagi dengan Koper yang udah ada dipesawat.Minta kru pesawat carikan,alhamdulillah kopernya dapat.
Nelp Indy,anak kakak yang sulung buat jemput dibandara,sejam baru datang.Pulang kerumah daeng Nana,dan singgah dulu makan siang disini. Rumah makan ini dulu sering jadi tempat ngumpul dan makan siang sama teman-teman waktu kuliah di Unhas.Letaknya dulu ga jauh dari Pintu 1 Unhas,sekarang udah pindah dijalan yang sama tapi kearah kota.
Rasanya masih sama,enak banget....Favoritku Sup Saudara dengan Paru Goreng semua,ga dicampur sama daging.

Sunday, November 15, 2015

Bale Nasu Bolu (Ikan Bandeng Masak Asam ala Bugis)

Bale Bolu adalah sebutan untuk Ikan Bandeng dalam Bugis dan Bale artinya Ikan. Menu ini adalah salah satu favoritku. Dalam keluarga Bugis,menu Ikan adalah menu yang terhidang setiap kali makan.Masalahnya buat yang tinggal jauh dari kampung halaman dan jauh dari Laut.Menu ini sulit untuk bisa dinikmati setiap saat. Ikannya harus ikan segar,kalo ga segar rasanya beda.
Bale Nasu nikmat disantap dengan Sambel Tomat atau Gammi Ladang (Sambel Cabe Rawit ala Bugis).Menu lengkapnya plus Nasi dan Sayur.Kalo ada Belimbing Dapur,Asam bisa diganti atau pakai Mangga muda yang sudah dikeringkan.Resep Bale Nasu sudah aku share disini. 



Saturday, November 14, 2015

Mie Cakalang ala Pantai Barat




Menikmati Minggu siang dengan Mie Cakalang ala Pantai Barat Resepnya dikasi sama dek Citra (makasih sayang). Menu ini umum dinikmati saat kumpul keluarga dikampung halamannya di Pantai Barat Sulawesi Tengah. Ikan Cakalang dibakar dulu sebelum disuwir kasar. Mie aku buat dadakan, Sukma bantu nyiapin bumbu.Mami Kifa dan Kak Kobana lagi sibuk dikamar ngurus berkas-berkas.Buatnya ga lama, ga sejam udah siap disantap karena Ikan Cakalang udah siap dari pagi jadi sisa disuwir. Resep Mie Homemade bisa diliat disini http://dapoeryuyu.blogspot.co.id/2015/11/mie-telur-homemade.html, bedanya kali ini aku giling Mie pakai gilingan khusus Mie yang kecil. Yuk intip resepnya....

Mie Cakalang ala Pantai Barat
bahan-bahan:

400 gram Mie Homemade
250 gram Ikan Cakalang Suwir
1000 ml air
2 sdm minyak goreng
1 sdt garam

Bumbu-bumbu:
7 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdt gram
1/2 sdt lada bubuk
3 iris Jahe
2 batang bawang daun (iris kecil)

Cara membuat
Haluskan bumbu dan tumis hingga harum, sisihkan. Rebus air hingga mendidih, tambahkan garam dan minyak goreng. Masukkan Mie, aduk rata. Tambahkan Ikan Cakalang Suwir, Bumbu halus, bawang goreng dan bawang daun. Koreksi rasanya, angkat kalau Mie sudah matang.

Sajikan panas-panas dengan bawang goreng, sambel, Jeruk Nipis dan Kecap manis





Thursday, November 12, 2015

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Makan sore dengan menu Sayur daun Kelor,ikan dan sambel tomat sungguh nikmat. Sayur Daun kelor aku masak bening.Kemarin metik dibelakang rumah kak Kobana. Daun yang disayur bagian yang muda,jadi lembut saat dimakan. Metiknya gampang,karena batangnya udah ditebang dan tumbuh banyak cabang.Tinggal tarik kebawah dan dipetik, buahnya masih kecil-kecil.enaknya kalo disayur sama buahnya.Waktu kecil suka makan sayur buah kelor.
Sayur daun Kelor mengandung banyak manfaat bagi kesehatan,dari berbagai sumber yang aku baca.Daun kelor memiliki khasiat sebagai insulin alami bagi tubuh.Dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit diabetes.Kandungan vitamin C dan Anti Oksidannya juga tinggi,bagus untuk menstabilkan berat badan atau membuat langsing. Selain itu,Daun Kelor bermanfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit kanker.Vit A yang dikandungnya baik untuk mata. Bagi penderita penyakit reumatik,daun Kelor berkhasiat mengurangi penumpukan asam urat pada sendi sekaligus mengurangi nyeri sendi.
Sayur daun Kelor sangat mudah didapatkan di Palu dan daerah Sulawesi Tengah secara umum.Pohonnya tumbuh cepat dan tahan terhadap cuaca panas serta mengandung banyak air jadi tetap subur dan hijau Di musim kemarau yang panjang. 


Wednesday, November 11, 2015

Jepa


Jepa salah satu kudapan tradisional yang terbuat dari Sagu ditambah irisan Pisang Kepok yang sudah matang.Kudapan ini bukan menu asli orang Bugis,Di beberapa daerah di Indonesia Timur juga mengenal kudapan ini dengan nama yang sama. Bahannya terdiri dari Sagu,Pisang Kepok dan kelapa parut.
Cara membuatnya,campur Sagu dengan kelapa parut.Panaskan wajan atau teflon,ratakan separuh adonan.Tambahkan irisan Pisang Kepok,tutup dengan sisa adonan Sagu.Bakar dengan api kecil hingga matang kecoklatan.Balik dan bakar kembali sisi bawahnya.
Kudapan ini harus dimakan selagi hangat,kalo sudah dingin keras dan sulit dikunyah:-)

Tuesday, November 10, 2015

Ikan Katombo Bakar

Bakar Ikan Katombo pagi-pagi.Aku racik bumbunya,Yana yang siapkan bakaran dibelakang rumah.Sambil masak Bubur dan Sambel tomat pesanan dek Anik yang lagi sakit. Kemarin aku tanya mau dibawain apa pagi ini,dia pesannya ikan Katombo bakar. Beres masak,aku antar berdua Yana kerumahnya.Cepat sembuh ya sayang:-))

Ikan Bakar ini ga sulit bumbunya.Hanya cabe keriting,cabe rawit dan bawang merah yang dihaluskan.Setelah itu tambahkan garam dan 3 sdm minyak goreng.Oleskan merata kalo Ikan bakar sudah matang,bakar bagian Ikan yang sudah dioles bumbu.sisi sebelahnya juga dioles,setelah wangi balik dan bakar lagi sisi sebelahnya. Jangan kelamaan nanti gosong:-)



Omelet Kelapa

Memanfaatkan Kelapa parut sisa bikin Sinole'.Bikin Omelet Kelapa campur telur.Rasanya gurih,wangi dan pedes. Nikmat buat sarapan pagi dengan nasi atau bubur. Bikinnya gampang ga pake lama hehehe .
Bahannya kelapa parut,telur,bawang merah,cabe rawit bawang daun,garam dan sedikit kaldu bubuk. Iris bawang merah,cabe rawit dan bawang daun.Kocok semua bahan td dengan telur,tambahkan garam dan kaldu bubuk.masukkan Kelapa parut,aduk rata. Panaskan wajan,tambahkan 2 sdm minyak goreng.Masukkan adonan Omelet,ratakan.Masak hingga matang sisi bawahnya,balik masak sih yang lain hingga kecokkatan.Hidangkan selagi panas:-)



Monday, November 9, 2015

Sinole' (makanan Pokok Pengganti Nasi)

Sarapan pagi dengan Sinole'.
Sinole' adalah salah satu jenis makanan yang terbuat dari Sagu.Sagu adalah makanan pokok pada beberapa daerah khususnya di Indonesia Bagian Timur. Sinole' terbuat dari sagu yang dicampur dengan kelapa dan disangrai hingga matang.Nikmat dengan Ikan Bakar atau Ikan yang dimasak dengan asam atau Bale Nasu khas Bugis. Waktu kecil,sering menikmati menu ini.Kalo mau yang manis,tinggal tambahkan sedikit gula saat Sinole' sudah matang. Versi manisnya tentu dinikmati begitu saja,tidak dengan Ikan.

Cara membuatnya gampang,panaskan wajan.Masukkan separuh bagian Kelapa.Sangrai hingga agak kering,setelah itu masukkan Sagu.Aduk hingga rata,masukkan sisa Kelapa.Aduk terus hingga matang,tambahkan sedikit garam sebelum diangkat.

Loka Dianjoroi (Menu Khas Mandar)

Arisan dirumah Bu Tuti td sore,dimeja makan ada beberapa menu.Soto Ayam, Gado-gado,Jagung Rebus dan yang menarik perhatianku ada wadah berisi kelapa parut dan Pisang Rebus yang tadinya aku fikir itu Keladi rebus karena warnanya keabuan.
Aku tanya sama teman tentang isi dua wadah itu,ternyata.....Pisang Rebus itu yang selama ini bikin aku penasaran. Ya.....itu yang namanya Loka Diajoroi.
Ingat pernah baca tulisan kak Tomi Lebang tentang Bapak Baharuddin Lopa,mantan Jaksa Agung. Tokoh Nasional dari Polewali Mandar yang kerap membawa Loka Dianjoroi dalam tas kerjanya.Aku browsing di internet tapi ga dapat foto menu itu.
Aku memilih makan Loka Dianjoroi ketimbang menu lain. Ada rasa khas ketika Pisang Rebus yang berbalut santan kental aku nikmati dengan parutan kelapa yang dicampur dengan parutan halus Mangga muda,bawang merah mentah,ikan Penja Kering,sedikit cabe rawit dan garam. Pengalaman menikmati kuliner Mandar yang mengobati rasa penasaran selama ini.Makasih,bu Tuti:-))


Sunday, November 8, 2015

Mie Bakso Ikan

Tarra.....Mie  telur Homemade aku olah jadi Mie Bakso Ikan.Pengennya sih Mie Ayam tapi Daging ayamnya sisa  bagian Ceker dan Hati.Jadi ditambah Bakso Ikan aja.Enak....bener deh bisa dicoba dirumah hehehehe.Yuk intip resepnya.

Mie Bakso Ikan Ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:
10 Biji Bakso Ikan
Ceker Ayam
Hati Ayam

Bumbu-bumbu
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1 ruas Jahe
1/2 sdt garam halus
1/2 sdt kunyit bubuk (1 ruas Kunyit mentah)
1/2 Bawang Bombay ukuran besar
100 ml air
2 sdm minyak goreng

Cara membuat:
Cincang kasar bawang Bombay,rumis dengan sedikit minyak hingga harum.Masukkan bumbu halus,kalo sudah berubah warna. Masukkan hati ayam,Vekr dan Bakso.Masak hingga Matang,sisihkan

Bahan Mie:
400 gram Mie Telur
1 sdt garam halus
2 sdm minyak goreng
Air untuk merebus

Bumbu-bumbu
3 sdm Kecap manis
3 sdm Kecap Asin
2 sdm Minyak Wijen
1/2 sdt lada bubuk
1 sdt Kaldu bubuk
Cara membuat:
Siapkan wadah saji,masukkan semua bumbu.Aduk rata,sisihkan.

Cara membuat:
Rebus air dalam panci hingga mendidih,tambahkan  garam dan minyak goreng.Masukkan mie,masak hingga Mie matang.Angkat,tiriskan airnya.Masukkan kedalam wadah saji yang sudah berisi bumbu,aduk hingga tercampur rata.Sisihkan

Bahan Kuah Mie
700 ml air
1 ikat Sawi Hajau
1/2 sdt lada bubuk
1/2 sdt Garam halus
1/2 sdt Kaldu bubuk bawang Goreng dan Bawang daun untuk taburan

Cara membuat:
Masak air hingga mendidih,masukkan potongan Sawi Hijau. Tambahkan bumbu.Kalo susah matang,pindahkan ke Mangkuk saji.

Penyelesaian: Sajikan Mie,tambahkan potongan Bakso Ikan,Veker dan Hati Ayam yang sudah ditumis.Hidangkan dengan kuah terpisah,Pangsit Goreng,saus sambel,kecap manis dan jeruk nipis.Nikmat disantap selagi panas.




Mie Telur Homemade


Bermain dengan tepung terigu,berdua mami Kifa.Mengolah Tepung jd Mie Telur.Ceritanya pengen makan Mie,sekalian nyoba gilingan sistik baru yang pake mesin. Aku dapat hadiah Gilingan Sistik seperti dari Dg Aty.Mami Kifa dan Bunda Unnik sekalian aku simpankan.Tapi dua itu bayar ya,kalo ga tekor distributornya hehehe.
Resepnya ala Dapoer Yuyu,takaran airnya pas.ga perlu lagi tambahan terigu saat diuleni hingga kalis.Saat digiling hingga jadi bentuk Mie juga ga perlu ditaburi tepung terigu.Ga lengket dan kenyal hasilnya....

Resep mie Telur Homemade ala DapoerYuyu
Bahan-bahan:
400 gram tepung terigu
2 butir telur
1 sdt garam halus
100 ml air

Cara membuat:
Campur tepung terigu,garam dan telur pakai sendok kayu hingga tercampur rata.Tuang kemeja,lubangi bagian tengah.Tuang air sedikit dan diuleni.Lakukan hingga air habis dan adonan kalis.Adonan terlihat kering,diamkan 10 menit sambil nyiapin Alat giling adonan.Potong empat adonan,mulai bentuk lembaran dari No 1,2 dan 4.Setelah itu potong lembaran adonan Mie sepanjang kira-kira15 cm.Giling memanjang memakai cetakan khusus sistik,kalo suka ukuran kecil pake gilingan khusus Mie.Lakukan hingga habis,Mie Telur  siap diolah



Saturday, November 7, 2015

Uta Dada Ayam Kampung (khas Kaili)



Dibawa makan Uta Dada di Donggala Kodi,Palu. Bareng daeng Munir,Daeng Aty,kak Reni dan anaknya.Tempatnya pinggiran kota Palu,nanjak keatas  gunung. Bisa liat view Kota Palu dari atas,tapi saat kesana. Ga bisa liat karena Palu lagi dilanda kabut asap.Lumayan parah karena sempat beberapa hari Bandara jadi lumpuh karena pesawat tidak bisa landing dan take off.
Rumah makannya sederhana tapi terkenal disini,katanya sih rasa Uta Dada yang paling asli ya dirumah makan ini. Bahan utamanya dari Ayam Kampung.Saat aku makan,kok rasanya seperti Parede Bale Tapa yang sudah aku posting disini. Ternyata bumbunya emang hampir sama Uta Dada dimakan dengan Ketupat.Ga ada pelengkap lain,aku hanya habiskan daging ayamnya karena takut kuahnya yang terlalu kental menurutku.
 
Dirumah makan ini juga disajikan Ayam Bakar khas Biromaru. Ayam kampung yang dibakar dan diolesi dengan bumbu merah campur santan kental. Enak banget....kalo mau rasa asli menu ini bisa makan di Pasar Biromaru tiap malam Kamis dan Malam Minggu.Sayang tempatnya jauh dan hanya buka malam hari jd malas kesana.

Belajar Bikin Roti

Pertama kali bikin roti yang diuleni,lumayan ga sesulit yang aku bayangkan. Ceritanya berhasil "bujuk" mami Kifa buat beli oven listrik.Udah berapa hari dibeli,belum sempat dipake.Dia penasaran dengan oven barunya dan pengen liat cara bikin roti.Jadilah kami berdua belajar,aku nguleni dia bantuin masukkan bahan cair.Karena takaran airnya aku kurangi,ga sesuai resep.Takut gagal dan jadinya roti keras.Alhamdulillah berhasil.....adonan roti ngembang banget. Aku buat A roti Kepang dan Model Gulung (namanya apa ya hehehe)

Resep Roti Isi Keju dan Meses
Bahan-bahan
500 gram tepung terigu (aku pake Cakra Kembar)
60 gram susu bubuk
Sejumput garam
50 gram gula pasir
11 gram ragi instan
2 kuning telur
50 gram mentega
180 ml air (aku kurangi karena sudah cukup)
100 ml air hangat

Isian:
Keju
Meses

Cara membuat:
Campur ragi instan dan air hangat,aduh rata.Diamkan beberapa menit hingga muncul buih,pertanda ragi masih aktif.Campur tepung terigu,gula,garam dan susu dalam wadah.Tuang campuran tepung ke meja,buat lubang ditengah,masukkan kuning telur.Aduk hingga tercampur rata
Tambahkan air ragi sedikit demi sedikit sambil terus diuleni.Tambahkan air 180 ml,liat kondisi adonan.airnya aku ga pake semua karena adonan sudah bagus.Terakhir tambahkan mentega,terus uleni sampai adonan kalis.
Bentuk bulat adonan roti,pindahkan kewadah.Tutup dengan kain 45 menit atau sampai n gembang dua kali lipat.kalo sudah ngembang,tinju adonan dibagian tengah.Setelah itu potong-potong dan bentuk bulatan.Kira -kira 35-50 gram.
Model Roti Kepang:
ambil satu bulatan,gilas memanjang.isi tengahnya dengan Meses dan keju.Iris miring samping kiri dan kanan dan kepang.
Model Gulung:
Ambil satu bulatan adonan,gilas memanjang.Pipihkan diujung yang satu.Ujung yang lebar isi dengan keju dan meses.Gulung kedalam
beri olesan pada masinh-masing roti sebelum dimasukkan ke oven.

Panaskan oven 15 menit sebelum dilpakai.Panggang roti dengan suhu 180 derajat selama 20 menit dengan api bawah.kalo susah mau matang,nyalakan api atas.

Bahan olesan:
Kuning telur 1 biji dan 2 sdm Susu kental manis,aduk rata dengan garpu



Friday, November 6, 2015

Putu Cangkir

Belanja ke Pasar Inpres,dapat penjual Putu Cangkir di sudut jalan.Jajajan ini sudah ada sejak masih kecil dulu di Bone.Banyak dijual dipasar tradisional dibagi hari. Nikmat disantap selagi panas.....didalamnya ada kelapa parut yang masih muda.bawahnya dialas daun pisang yang dipotong kotak. Ga pernah liat jajanan seperti ini kalo di Garut.



Pisang Mandar


Kuliner Bugis sangat beragam,mungkin karena Nenek moyangnya suka merantau kemana-mana sehingga menu khas tempat perantauan diadopsi dan dirubah sesuai selera. Menu ini mirip makanan khas Suku Mandar yang dikenal dengan nama Loka Dianjoroi. Bedanya,kalo Loka Dianjoroi hanya pake santan kental,pisang rebus dan ikan Teri.Kalo Pisang Mandar ala Bugis pake Udang dan Sayur Touge dan ditambah sambel,jeruk nipis dan sedikit kecap manis.
Menu ini juga favorit Almarhum Abba,kalo panen Pisang Kepok dikebun.Pisang ditandan paling bawah diambil beberapa sisir untuk dibuat menu ini.Pisang yang paling kecil emang sengaja dipilih karena masih mudah dan lunak kalo sudah direbus.Jadinya satu panci besar dimakan bersama karena kami keluarga besar dan biasanya sapupu-sepupu yang lain juga datang.Makanya menu ini biasanya dibuat Minggu siang.
Yuk intip resepnya.....

Pisang Mandar ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:
1 sisir pisang Kepok muda
250 gram udang sega
200 gram Touge
1 butir kelapa parut
2 liter air

Bumbu-bumbu:
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 biji Cabe keriting
1 sdt lada bubuk
1/2 sdt kaldu bubuk
5 siung bawang merah untuk ditumis
2 sdm minyak goreng

Pelengkap:
Sambel tomat
Jeruk nipis
Bawang daun
Daun seledri
Kecap manis

Cara membuat:
Rebus pisang hingga matang,penyek pake cobekan dan kupas kulitnya.Haluskan bumbu,tumis bawang merah yang sudah diiris halus.Masukkan bumbu,kalo sudah harum masukkan udang. Aduk rata,tambahkan sedikit air.Angkat kalo sudah matang,sisihkan.
Bagi empat kelapa parut,blender dengan 1/4 bagian air.Peras dan masukkan kepanci,lakukan hingga habis.Masak sampai mendidih,aduk jangan sampai santannya pecah.Tambahkan garam dan lada bubuk,masukkan pisang rebus.Aduk rata,masukka sayur Touge sesaat sebelum diangkat.Kalo suka,masukkan udang yang sudah ditumis atau udangnya dipisah.Sajikan panas-panas.Taburi dengan bawang daun dan daun seledri.



Thursday, November 5, 2015

Posso' Itterung (Terong Cobek ala Bugis)


Menu Bugis kesukaan Almarhum Abba,Abba ga bisa makan kalo ga ada sayur.Aneka jenis sayur terhidang dimeja setiap hari.Ini salah satu jenis yang Abba suka selain sayur Nangka,sayur bening,sayur kacang Ijo dan sayur campur. Aku memiliki banyak kenangan bersama Abba di dapur Ummi.Kalo ada Nangka muda dari kebun di kampung,Abba kupas kan dan potong-potong sebelum dimasak.Rumah kami di Kota,tapi Abba banyak menghabiskan waktu sepulang ngajar dengan berkebun. Aneka hasil kebun kami nikmati. Aku yang paling sering diajak Abba ikut,kalo bosan....aku turun mandi di sungai kecil disamping kebun sambil nyari kerang. Kadang Abba ambilkan Biji Kenari yang jatuh untuk aku cemil. Kalo ada menu yang pake kelapa parut dan sepupu -sepupu yang tinggal dirumah pada sibuk. Abba bantu parutkan kelapa, jd sedih mengingat kenangan manis ini:"( 
Ummi biasanya ngasih arahan dari kamar sama yang bertugas masak didapur.Rumah rame dengan kehadiran sepupu-sepupu yang tinggal dirumah,mereka berasal dari beberapa kampung dan bersekolah dikota. Aku ikut membantu didapur atau sekedar menemani mereka ngobrol. Nostalgia sedikit,yuk intip resepnya

Posso' Itterung Ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:
3 buah Terong ukuran sedang
3 sdm Ikan Teri basah yang sudah ditumis

Bumbu-bumbu:
1 biji kemiri bakar
5 siung bawang merah bakar
10 biji Cabe rawit
1/2 sdt garam
1/3 sdt lada bubuk
1 sdt perasan jeruk sambel
Cara membuat:
Bakar terong hingga matang,belah dua dan keluarkan isinya.Haluskan semua bumbu dengan Ikan Teri yang sudah ditumis. Masukkan terong bakar,ulek kembali hingga tercampur rata.Tambahkan perasan jeruk sambel.koreksi rasanya dan siap disajikan



Udang Tumis Saus Tomat

Menu ini praktis dan enak....ga ribet dengan banyak bumbu. Bisa ditumis dadakan sebelum makan.Salah satu isian Tumpeng kemarin,udangnya segar jd rasanya lebih nikmat. Yuk intip resepnya....

Resep Udang Tumis Saus Tomat
Bahan-bahan:
1 kg Udang segar

Bumbu-bumbu:
1 bawang Bombay ukuran sedang
2 siung bawang putih
4 sdm saus tomat
3 buah tomat ukuran sedang
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/3 sdt kaldu bubuk (skip kalo ga suka)
2 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat:
Cincang kasar bawang bombay dan bawang putih,tumis dengan minyak goreng. Masukkan tomat yang sudah dipotong kecil-kecil,tambahkan udang yang sudah dibuka kepala dan ekornya.Aduk rata,tambahkan semua sisa bumbu.Masak hingga airnya mengental,koreksi rasa.Siap disajikan....

Resep Urap Sayuran

Belajar bikin Urap Sayuran kemarin buat isian Tumpeng Mami Kifa,sengaja pake cabe sedikit karena takut anak-anak ga bisa makan.Sayurannya pake Pakis,Labu Siam,Kacang Panjang,Kangkung dan Touge. Meraba resepnya karena ga sempat nyari di internet.Ingat pernah liat tetangga di Garut bikin Urap sayuran dirumahnya. Lumayan,rasanya enak......

Resep Urap Sayuran ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan
1 ikat Kangkung
3 biji Labu Siam ukuran kecil
1 ikat Kacang Panjang
2 genggam Touge
1 ikat Pakis
2 genggam Kelapa Parut

Bumbu-bumbu:
5 siung bawang Merah
3 iris Kencur (tambah kalo suka)
3 biji Cabe rawit
1 biji Cabe keriting (kalo suka pedes cabenya ditambah)
2 sdm gula pasir
1 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt kunyit bubuk (3 iris kunyit mentah)
3 siung bawang merah,iris buat tumisan

Cara membuat:
Siangi sayur kangkung,iris memanjang Labu siam.Kacang panjang dipotong-potong,Pakis dipotong pendek.Cuci bersih dan sisihkan.Rebus sedikit air hingga mendidi,masukkan Labu siam.Masak hingga setengah matang.Masukkan potongan Kacang Panjang,kalo sudah matang,angkat dan tiriskan airnya.
Tumis irisan bawang merah pake sedikit minyak goreng,masukkan bumbu yang sudah dihaluskan.Masukkan semua sayur,aduk rata dengan kelapa parut.Tambahkan kunyit bubuk,gula dan kaldu bubuk.Koreksi rasanya,angkat dan siap disajikan.

Tumpeng Ultah Mami Kifa

Kemarin ultah adik dan sahabat kesayangan Mami Kifa.Pagi-pagi aku datang bawain kue berdua Lina.Kue Tart beli ditoko Bakery. Tidak sempat bikin sendiri kue tartnya. Tadinya udah janjian makan diluar sore atau malam hari.Pagi aku telp,gimana kalo ga usah makan diluar,bikin Tumpeng aja.Dua tahun ini setiap kali ke Palu,aku selalu balik ke Garut sebelum Mami Kifa Ulang Tahun.Jadi janji untuk buatkan Tumpeng gagal terus.Beraktifitas dari pagi sampai jam 3 sore.Belanja bahan Tumpeng hampir jam 4 sore,diantar dek Anik belanja ke Tondo bawah.Beli sayur,daun pisang,udang dll.Sekalian beli bahan Es buah,udah jam 5 baru beres belanja dan mulai masak.Dibantu mami dan lima anak gadis....Yana,Mega,Titin,Sukma dan Lina. bisa beres abis shalat magrib,walaupun masak dengan cahaya seadanya karena mati lampu hehehe.
Alhamdulillah lampu nyala jam 7an jadi bisa tenang menyelesaikan Tumpeng. Dimakan rame-rame sama keluarga dekat dan anak-anak plus anak-anak gadis.Lauk Tumpeng Udang bumbu saus tomat,Urap campur,tahu,tempe,telur,Mie goreng Bakso dan ayam goreng mentega. Menunya praktis dan ga perlu ngulek banyak bumbu.Es buahnya pake kelapa muda,pepaya,apel dan Nata de coco yang dicampur susu UHT dan gula pasir yang dicairkan.Praktis dan ga capek karena kerjanya rame-rame:-))