Saturday, October 24, 2015

Parede Bale Tapa


Belanja ke Pasar Inpres di Palu,dapat Bale Tapa (Ikan Asap) ikannya segar banget.sudah lama pengen masak Parede Bale Tapa tapi sulit dapat ikan seperti ini kalo di Garut. Kebetulan dapat juga mangga,bagusnya yang muda.Ini dapat yang udah agak mengkal,gpp yang penting ada. Sore menjelang magrib baru sibuk-sibuk di dapur.Kebetulan dek Heril  lagi ulang tahun jadi sekalian aja diundang makan malam bareng dek Anik isterinya. Fotonya seadanya,udah lapar mau makan hehehe.

Resepnya hasil nelp Ida teman SDku,resep asli dia ditambahkan Lombok besar (Cabe merah besar) dan kemiri.Aku skip Cabenya karena lg ga ada didapur dan kemirinya juga aku ga pake karena ga mau terlalu berlemak.Makasih resepnya Ida sayang,enak banget. Sebenarnya dulu sering masak menu ini dirumah Ummi tapi udah lama banget,takut salah hehehe.Yuk intip resepnya;-))

Resep Parede Bale Tapa
Bahan-bahan:
1 ekor Ikan Asap ukuran sedang
65 ml santan instan
600 ml air
4 sdm mangga muda yang sudah diiris kecil-kecil
(kalo tidak ada mangga muda/mengkal bisa diganti dengan air asam)

Bumbu-bumbu:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 iris jahe
3 iris lengkuas
2 batang sereh (memarkan)
1/2 sdt lada bubuk
1 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk (bisa diganti gula pasir)
2 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat:
Haluskan semua bumbu kecuali sereh,tumis dengan minyak hingga harum.Tambahkan air,masukkan ikan yang sudah dipotong dua.tambahkan sisa bumbu dan irisan mangga,biarkan hingga mendidih.Masukkan santan instan,aduk rata dan koreksi rasanya.Biarkan sampai kembali mendidih,siap dihidangkan

Post a Comment