Friday, October 30, 2015

Batagor Bandung

Dua hari lalu belajar bikin Batagor Bandung.Belanja bahan di swalayan berdua Mega.Beli Tahu Putih,kentang dan Sayur Pare. Pulang dari belanja bobo dulu sejam,capek pagi-pagi ke Panti Senam bareng Lansia dan lanjut ngajarin mereka bikin Sisi tik Keju.   Tiba dirumah, ngajarin Mega dan daeng Aty bikin Pangsit Kuncup Mawar.

Batagor Bandung komplit berisi Pangsit Goreng,telur rebus,Pare Isi,Tahu isi dan Kentang rebus.Nikmat dengan sambel kacang dan perasan Jeruk limau.Sedikit ribet kerjakan satu-satu tapi hasilnya puas:-) resepnya hasil browsing di internet. Dapat resepnya di blog mbak Elmi,makasih resepnya mbak....Aku modifikasi sesuai bahan yang ada.Yuk intip resepnya

Resep Batagor Bandung
Bahan-bahan:
20 lembar kulit pangsit homemade
1 buah sayur Pare ukuran sedang
4 biji kentang ukuran sedang
2 butir telur
5 buah tahu putih ukuran besar potong dua

Bahan Isian:
300 gram ayam fillet
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt lada bubuk
1 butir telur
500 ml air campur santan instan 
1 sdt garam halus
2 batang bawang daun (iris halus)
100 gram tepung Tapioka

Cara membuat:
Giling daging ayam,telur dan semua bumbu dan air santan sampai halus.Pindahkan kewadah,aduk rata dengan tepung Tapioka dan irisan bawang daun.koreksi rasanya,sisihkan

Penyelesaian:
1.Potong dua tahu putih,kerok bagian dalam.Campur hasil kerokan tahu kedalam bahan isi.Bahan isi buat tahu pisahkan 4 sdm.isi kembali kedalam tahu putih. Rebus dalam air mendidih hingga matang
2.Potong 6 buah Pare,remas-remas dan rendam air garam.biarkan 15 menit,cuci kembali sampai bersih.Cara ini untuk mengurangi rasa pahit dari sayur Pare.Isi buah Pare dengan bahan isian hingga penuh.Rebus dalam air mendidih hingga matang.
3. Ambil selembar kulit Pangsit homemade,isi bahan isian sesuai 1/2 sdm.Basahi sedikit dengan air dan rekatkan.Goreng hingga matang
4. Rebus Telur dan Kentang,kupas dan sisihkan

Resep Bumbu Kacang
Bahan-bahan:
200 gram kacang,goreng hingga matang
5q siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 iris Kencur (skip kalo ga suka)
10 biji Cabe rawit
3 biji Cabe keriting
1 sdt garam
100 gram gula merah
3 sdm kecap manis
500 ml air hangat

Cara membuat:
Haluskan kacang dengan semua bumbu dan air.Masak hingga meletup-letup.Koreksi rasanya

Penyelesaian: Tata semua dalam wadah saji,siram bumbu kacang.Tambahkan sedikit kecap manis dan perasan jeruk limau.Siap dinikmati...



Thursday, October 29, 2015

Keripik Daun Kelor



Siang tadi belajar bikin Keripik Daun Kelor,ngundang kak Reni buat ngajarin cara membuatnya.Keripik ini bahannya tidak menggunakan bahan pengawet,pewarna dan MSG. Anak-anak antusias mengikuti kegiatan dan ikut serta dalam proses pembuatan.
Daun Kelor sangat mudah didapat di Palu,salah satu bahan utama aneka menu khas Orang Kaili. Buatnya ga sulit apalagi kalo dikerjakan rame-rame. Yuk intip resepnya....

Resep Keripik Daun Kelor
Bahan-bahan:
500 gram tepung tapioka
100 gram tepung terigu
100 gram daun kelor
15 biji Cabe rawit
5 biji Cabe keriting
1 butir telur
500-700 ml air
4 siung bawang putih
1 sdt garam halus
Segenggam daun kelor

Cara membuat:
Siapkan wadah blender,masukkan 100 gram daun kelor,bawang putih,cabe rawit,cabe keriting dan 500 ml air.Giling agak sampai agak halus,jangan terlalu halus. Siapkan baskom,masukkan tepung tapioka dan tepung terigu.Tambahkan daun Kelor yang sudah dihaluskan  dengan bumbu.Tambahkan garam halus dan telur,aduk rata.Masukkan daun Kelor satu genggam,aduk kembali hingga rata.
Siapkan cetakan kecil,ambil sedikit adonan. Pipihkan rata,jangan terlalub tebal dan jangan terlalu tipis. Sambil mencetak,siapkan kukusan.Isi air dan biarkan hingga mendidih. Masukan cetakan yang sudah diisi bahan keripik.masak kira-kira 5-8 menit. Keluarkan cetakan dari kukusan,lepas pelan-pelan isi cetakan dan tata diatas plastik.Lakukan hingga habis dan jemur dibawah sinar matahari hingga kering.Setelah kering siap digxoreng dan dihidangkan.











Sunday, October 25, 2015

Bakar Ikan Yuk...

Sore,liat dimeja makan lauk sudah abis.Di kulkas masih ada stok ikan segar. Dapat ide bikin ikan bakar buat pengganti ikan Asap untuk menu Parede Bale Tapa.Anak-anak suka yang aku masak Kemarin, ludes sama kuahnya hehehe.

Yana siapkan bakaran dibelakang rumah,Lina bersihkan ikan dan melumuri dengan jeruk nipis dan garam.Aku nangkring dibawah pohon jeruk nipis sambil liat Yana yang sibuk siapkan bakaran. Ga lama,udah banyak bara dari kayu dibakar.Yana motong ranting pohon jeruk Nipis buat alas ikan. Berdua Yana bakar Ikan,senang banget pas dibalik sisi bawahnya.Cantik banget warnanya yang kecoklatan.Mirip ikan asap yang aku beli dipasar. Matang dikedua sisinya,beres deh acara bakar ikannya.Aku lanjut masak didapur,nyiapin bumbu dan masak Parede Bale.Resepnya sama yang aku posting sebelumnya,hanya aku tambahkan 15 biji Cabe rawit yang dihaluskan dengan bumbu lainnya.Hasilnnya pedes,nikmat dimakan rame-rame;-))


Saturday, October 24, 2015

Parede Bale Tapa


Belanja ke Pasar Inpres di Palu,dapat Bale Tapa (Ikan Asap) ikannya segar banget.sudah lama pengen masak Parede Bale Tapa tapi sulit dapat ikan seperti ini kalo di Garut. Kebetulan dapat juga mangga,bagusnya yang muda.Ini dapat yang udah agak mengkal,gpp yang penting ada. Sore menjelang magrib baru sibuk-sibuk di dapur.Kebetulan dek Heril  lagi ulang tahun jadi sekalian aja diundang makan malam bareng dek Anik isterinya. Fotonya seadanya,udah lapar mau makan hehehe.

Resepnya hasil nelp Ida teman SDku,resep asli dia ditambahkan Lombok besar (Cabe merah besar) dan kemiri.Aku skip Cabenya karena lg ga ada didapur dan kemirinya juga aku ga pake karena ga mau terlalu berlemak.Makasih resepnya Ida sayang,enak banget. Sebenarnya dulu sering masak menu ini dirumah Ummi tapi udah lama banget,takut salah hehehe.Yuk intip resepnya;-))

Resep Parede Bale Tapa
Bahan-bahan:
1 ekor Ikan Asap ukuran sedang
65 ml santan instan
600 ml air
4 sdm mangga muda yang sudah diiris kecil-kecil
(kalo tidak ada mangga muda/mengkal bisa diganti dengan air asam)

Bumbu-bumbu:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 iris jahe
3 iris lengkuas
2 batang sereh (memarkan)
1/2 sdt lada bubuk
1 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk (bisa diganti gula pasir)
2 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat:
Haluskan semua bumbu kecuali sereh,tumis dengan minyak hingga harum.Tambahkan air,masukkan ikan yang sudah dipotong dua.tambahkan sisa bumbu dan irisan mangga,biarkan hingga mendidih.Masukkan santan instan,aduk rata dan koreksi rasanya.Biarkan sampai kembali mendidih,siap dihidangkan

Thursday, October 22, 2015

Cakko-Cakko (Jajanan Masa Kecil)

Jaman SD Dulu,ini salah satu jenis jajanan yang ada. Penjualnya tiap hari duduk dibawah pohon Asam depan sekolah. Pembungkusnya tidak seperti yang ada digambar tapi dibungkus dengan kertas bekas. 
Di Bone,jajanan ini dikenal dengan nama Cakko-Cakko. Terbuat dari tepung Sagu,kelapa dan gula pasir. Kalo di Palu,namanya Pondi-Pondi.Kemarin Om Awal bawakan ke kampus. Aku sudah pesan minta dibelikan sebelum berangkat ke Palu Selasa kemarin.

Jajanan ini sudah langka,anak-anak sekarang jarang mengenal jajanan ini. Dibungkus dengan kertas warna-warni seperti ini menarik buat anak-anak. Terakhir menikmati jajanan ini dijaman SD,setelah masuk SMP tidak ada lagi dikantin sekolah. Yuk menikmati Cakko-Cakko dan mengenang masa kecil:-))


Monday, October 19, 2015

Beef and Tortilla Chips


Resep Beef and Tortilla Chips ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:
1 Bungkus Tortilla Chips siap pakai
150 gram daging cincang
100 gram keju cheddar
1 buah Bawang bombay
2 sdm mentega
3 sdm saus sambel
3 sdm saus tomat

Topping:
5 sdm Mayones
1 sdm saus sambel
Aduk rata,masukkan kedalam piping bag

Cara membuat:
Panaskan wajan,masukkan mentega dan bawang bombay yang sudah dicincang.Kalo sudah harum,masukkan daging cincang,saus sambel dan saus tomat.Aduk hingga daging cincang berubah warna.Siapkan pinggan tahan panas,masukkan Tortilla chips.Tambahkan daging cincang dan tutup dengan parutan keju.Oven pakai api atas suhu 200 derajat selama 10-15 menit.Keluarkan dari oven dan tambahkan topping,nikmat disantap selagi panas.





Friday, October 16, 2015

Ayam Goreng Mentega

Menu ini praktis dan tidak ribet dengan bumbu.Enaknya dimasak dadakan dan langsung disajikan karena kalo udah dingin,mentegnya akan membeku kembali. Biar yakin ayamnya ga mentah,aku ungkep dulu ayamnya baru di goreng.Setelah itu Baru dicampur dengan bumbunya.

Resep Ayam Goreng Mentega
Bahan-bahan:
1/2 kg daging ayam (potong 10 bagian)
Ungkep dengan kunyit bubuk,garam dan daun salam.Setelah matang goreng hingga kecoklatan tapi ga sampai kering,sisihkan.

Bumbu-Bumbu
1 buah Bawang Bombay
3 siung bawang putih
3 sdm kecap manis
2 sdm kecap Inggris
3 sdm saus tiram
3 sdm Mentega
Bawang daun buat taburan

Cara membuat:
Iris bawang bombay,cincang halus bawang putih.Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.Masukkan kecap manis,saus tiram dan kecap Inggris.aduk hingga rata,masukkan daging ayam yang sudah diungkep dan digoreng.aduk hingga tercampur rata.Pindahkan kepiring saji,taburi bawang daun yang sudah diiris halus.Selamat mencoba:-)


Thursday, October 15, 2015

Baso Tahu Kuah

Belajar bikin Bakso Tahu,resepnya pake resep isian Pangsit goreng yang aku masak kemarin.Hanya ditambahkan tiga sdm tepung Tapioka. Pake kuah dan bihun karena Keiko chan suka bihun dan yang berkuah. Baso Tahu jadi menu makan siangnya pulang dari sekolah. Ga ribet bikinnya,kalo buat dalam porsi banyak bisa disimpan di freezer.

Resep Bakso Tahu ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan
1/4 kg dada ayam ( buka tulangnya)
2 batang Wortel ukuran sedang
1 sdt garam halus
1/3 sdt lada bubuk
1/2 sdt kaldu bubuk
2 siung bawang Putih
1 butir telur ayam
3 sdm tepung Tapioka

Cara membuat:
Potong kecil dada ayam dan wortel.Masukkan kesemuanya bahan kedalam Blender kecuali tepung Tapioka.Tambahkan air dingin 5 sdm.Blender hingga halus,pindahkan kedalam wadah.tambahkan tepung Tapioka.Aduk hingga rata,koreksi rasanya.
Masak air hingga mendidih,ambil adonan dan bentuk bola-bola.masukkan kedalam air mendidih.lakukah hingga selesai.Sisakan adonan buat tahu.Kalo bakso sudah mengapung berarti udah matang.

Tahu Isi
Bahan-bahan:
4 biji tahu kuning
4 sdm adonan isi

Cara membuat:
Belah dua tahu kuning,buka isi dalam tahu.Isi dengan adonan isian.rapikan dan rebus dalam air mendidih hingga matang.

Penyelesaian:
Siapkan air kaldu buat merebus bihun
Bumbunya sesuai selera.Masukkan bihun bakso dan tahu. Pindahkan kedalam mangkuk saji,lengkapi dengan irisan bawang daun dan bawang goreng.


Wednesday, October 14, 2015

Sistik Daun Seledri


Ginilah hasilnya kalo lagi rajin,sambil nunggu 20 menit adonan Pangsit.Iseng-iseng bikin Sistik,biar wangi pake daun seledri.Hasilnya satu wadah cemilan sehat.Renyah dan enak buat teman ngeteh di sore hari;-)

Resepnya ala Dapoer Yuyu. Yuk intip cara bikinnya....

Sistik Daun Seledri
Bahan-bahan:
1/4 kg tepung terigu
50 gram tepung tapioka
1 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt lada halus
1/2 sdt garam halus
3 sdm minyak goreng
1 butir telur
1 tangkai daun seledri ukuran besar (iris halus)
100 ml air


Cara membuat:
Campur semua bahan kering,daun seledri dan bumbu,tambahkan telur,minyak goreng dan air.Uleni hingga rata,giling pake adonan Sistik hingga no 4. Giling lagi pake gilingan hingga terbentuk sistik. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang.
Selamat mencoba:-)


Kulit Pangsit Homemade

Kemarin belajar bikin Kulit Pangsit,kalo beli yang siap pake takut pake pengawet. Resepnya pake resep adonan kulit Pangsit Kuncup Mawar. Bikin dikit aja 1/4 kg.Hasilnya 20 lembar kulit pangsit 10x10 cm.Sisanya aku ga giling lagi. Aku potong kecil-kecil aja buat cemilan. Pangsit goreng enak dijadikan cemilan,dicocol pake saos botolan atau dimakan dengan bakso khmmmm....

Resep Kulit Pangsit Homemade:
Bahan-bahan:
250 gram tepung terigu
50 gram tepung Tapioka/tepung Aci
1 sdt garam halus
150 ml air mendidih
Tepung Tapioka secukupnya buat taburan

Cara membuat:
Campur bahan kering dalam wadah,siram air mendidih.Aduk cepat hingga tercampur rata.Tutup,biarkan 20 menit.Uleni hingga kalis,giling pake gilingan sistik.Aku mulai gilingan  no 1 sampe no 4,potong kotak 10x10.Bari taburan tepung tapioka aga tidak lengket satu sama lain.

Adonan Isi
Bahan-bahan:
1/4 dada Ayam
2 batang Wortel ukuran sedang
1 sdt garam
1/3 sdt lada bubuk
1/2 sdt kaldu bubuk
1 butir telur ayam

Cara membuat:
Potong kecil daging ayam dan wortel,masukkan kedalam blender.tambahkan semua bahan lain,giling sampai halus.

Pangsit Goreng
Cara membuat:
Ambil selembar kulit pangsit,tambahkan satu sdm adonan isi.basahi pinggiran kulit dengan air,lipat segitiga.lakukan hingga habis.Goreng dalam minyak panas pakai api kecil.
Selamat mencoba:-)


Wednesday, October 7, 2015

Susu Kedelai Homemade

Pertama kali bikin Susu Kedelei. Bikinnya 100 gram Kacang Kedelai,aku tambahkan air sampai dapat 1 liter Susu. Diblender beberapa kali sampai hasilnya bagus.Hasil blenderan didiamkan dulu baru disaring kembali. Bikinnya ga ga ribet kok,aku ga sempat rendam Kacang kedelainya. Langsung aja dimasukkan di air mendidih.Biarkan beberapa menit,matikan api dan tutup hingga kacang Kedelainya hangat baru diblender. Hasil blenderan disaring dan dimasak,tambahkan gula 5 sdm. Kalo suka manis bisa tambahkan gula.

Aduk selama proses memasak hingga mendidih,aku ga tambahkan Vanili atau daun pandan.Mau rasain rasa alaminya....enak diminum hangat atau dimasukkan dulu dalam kulkas biar dingin.