Wednesday, September 30, 2015

Makan Nikmat Tidak Harus Mahal


Makan nikmat emang ga harus mahal.Kalo mau tau aku makan nikmat atau ga liat aja kalo aku makan,kalo muka berkeringat,berarti aku makan nikmat.Kalo ga ada keringat dimuka itu makan biasa aja hehehe. Kemarin sore udah janjian sama tetangga,ngaliwet hari ini jam 10 pagi.

Ngaliwet nasi,goreng asin dan perkedel jagung dirumah teh Asti.Goreng Jengkol,tahu dan tempe dirumah teh Diana.Sayur Pakis campur tempe dimasak teh Yanti.Makannya di Pos Ronda....hahaha.Pos Ronda itu tempatnya pas di Jalan Buntu. Belakangnya udah tebing gunung dan kebun penduduk diluar kompleks. Disitu tempat ngumpul dan makan-makan.

Makannya nikmat,makan bersama......
Tumis Genjer campur Tempe



Sunday, September 27, 2015

Nasi Goreng Kampung dan Ikan Teri bumbu Pedes


Menu sarapan favorit setelah bosan makan daging-dagingan di Hari Raya Idul Adha. Nasi goreng kampung ala Dapoer Yuyu.Bumbunya hanya bawang merah,bawang putih dan lada bubuk ditambah telur yang diorak-arik dengan bumbu.Enak disantap dengan Ikan Teri Kering dibumbu pedes. Tidak ketinggalan sambel tomat extra pedes.Minumnya teh tawar panas...Khmmmmm alhamdulillah.Nikmat banget:-))

Singkong gorengnya dikasi sama tetangga,ditanam didekat rumahnya.Pulen banget,aku rebus setengah matang baru digoreng sampai matang. Enak disantap dengan sambel tomat dan sedikit kecap manis....

Ikan teri digoreng kering dan ditulis dengan bumbu pedes dari campuran Cabe rawit merah,bawang merah dan bawang putih ditambah garam dan gula.

Menu Lebaran Idul Adha

Menu lebaran Idul Adha yang simpel,menunya ga banyak. Ayah hanya request Rendang,dan aku pengen Nasu Likku...Menu wajib lebaran buat orang Bugis hehehe. Sengaja ga bikin ketupat,bikin Burasa aja.Bikin dua macam menu pengganti nasi malah ga kemasan semuanya. Aku tambahkan Sup Bakso dalam menu,Supnya pake sayur Wortel dan Kentang.Bihunnya diseduh terpisah dan dimasukkan ke mangkuk Sup sebelum disajikan. Acar Timunnya ga keburu dibuat.Udah pada lapar pulang shalat Ied.

Kue lebarannya buat dua macam aja,Kue Nastar dan Putri Salju.Bikinnya dadakan sehari sebelum lebaran.Ga terlalu capek masak menu lebaran kalo simpel seperti ini hehehe



Es Buah Leci


Siang-siang bikin Es buah Leci,seger....sambil nemenin Bunda Unni yang lagi sibuk di dapur. Bunda masak Nasu Likku dan Daging masak kecap buat dibawa pulang ke Jatinangor. Es buah Leci bahannya simple aja,pake buah Leci kaleng,Biji selasih yang tinggal diseduh air panas,Nata de Coco siap pake dan Nutrijel rasa Strawberry yang sudah aku buat sebelumnya. Ga pake tambahan gula atau sirup karena ga suka manis.Airnya dari air Nata de Coco aja. Kalo suka manis bisa tambahkan simple sirup homemade atau sirup rasa Leci.

Simple dan cocok buat nyuguhin tamu yang datang ngedadak karena nyampurnya ga pale lama. Selamat mencoba:-))



Tuesday, September 22, 2015

Terong Balado Bumbu Ebi

Kemarin beli sayur Terong Balado yang udah matang,berminyak banget....sepertinya Terongnya digoreng dulu sebelum dibumbu.Jadi ngeri makan agak banyak,padahal suka banget.Itu salah satu masalah kalo beli masakan diluar,ga sesuai selera dan kurang sehat. Enakan bikin sendiri,ga ribet juga.Yuk intip resepnya:-))

Bahan-bahan:
500 gram Terong Ungu

Bumbu-bumbu:
2 sdm ebi kering
5 biji Cabe kering (rendam air panas)
5 biji Cabe rawit (kalo suka pedes)
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 batang sereh
3 iris lengkuas
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
Garam dan gula secukupnya
500 ml air
2 sdm makan minyak untuk menumis

Cara membuat:
Haluskan semua bumbu kecuali sereh,lengkuas,daun salam dan daun jeruk. Tumis bumbu halus sampai harum,masukkan ebi dan  bumbu lain.Masukkan sayur  terong yang sudah dipotong-potong.Tambahkan air,biarkan hingga mendidih. Kalo sayur terong sudah lunak,koreksi rasanya.Siap dihidangkan


Monday, September 21, 2015

Pisang Goreng dan Sambel (cara orang Bugis menikmati keduanya)


Waktu pengantin baru, ayah kaget waktu makan pisang goreng dirumah daeng Nanang. disajikan dengan sambel. Kata daeng, cuma daun pintu yang ga dimakan sama sambel hehehe. Begitulah cara orang Bugis menikmati Pisang Goreng.......dengan sambel pedes dan teh manis. Makan Pisang Goreng tanpa sambel serasa makan nasi tanpa ikan, garing banget. Mau harga cabe lebih mahal dari pada daging Sapi, cabe tetap laris manis.

Ini foto waktu main kerumah Anty sahabatku di Bone, abis makan siang dengan menu Nasu Likku Ayam Kampung, Kari Ayam dan Ikan Bakar. Kami pindah keruang tamu menimati pisang goreng dan sambel extra pedes. Orang Sunda seperti akang jadi terheran-heran tapi lama-lama dia juga ketagihan sambel tapi tingkat pedesnya beberapa level dibawahku. Ayah ga kuat makan sambel Pedes hehehe


Thursday, September 17, 2015

Sayur Tahu

Keiko chan suka aneka jenis sayur,kalo makan ga pake sayur jadinya lama.Katanya susah nelan kalo nasinya ga basah hehehe. Sayur ini salah satu yang dia suka.Pake sedikit santan dan irisan bawang merah dan putih dikuahnya.  Tahunya bisa diganti Tempe goreng.Bikinnya praktis,tahu digoreng terlebih dahulu.Masak kuah sayur dipanci hingga mendidih,masukkan potongan wortel dan buncis,tambahkan irisan bawang merah dan bawang putih.Kalo sudah matang,tambahkan tahu goreng,sedikit garam dan lada bubuk.Terakhir masukkan santan,aduk rata.siap dihidangkan.
Sayur ini bisa jadi variasi menu bekal makan siang disekolah:-))

Wednesday, September 16, 2015

Homemade Chocolate Jam


Kemarin sore ngemil Roti Tawar berdua Keiko chan,nyari selai eh udah abis.Jadinya pake susu kental manis aja. Tadi pagi kepikiran buat selai sendiri,pengen selai Strawberry tapi belum beli buahnya. Didapur ada stok coklat batang ya udah bikin itu aja. Nyari resep di Internet tapi ga sreg,beda satu sama lain.Aku coba bikin resep sendiri,dieksekusi dengan harap-harap cemas jadinya seperti apa,eh...hasilnya bagus.Manisnya pas karena aku ga suka selai yang terlalu manis.Yuk intip resepnya

Homemade Chocolate Jam ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:
250 gram Dark Coklat ( aku pake merek Colatta)
5 sdm gula pasir (kalo suka manis gulanya ditambah)
5 sdm tepung maisena
500 ml air 

Cara membuat:
Potong-potong coklat batang,masukkan ke panci.Tambahkan 300 ml air,masak hingga coklat mencair. Aduk selama proses masak. Matikan api,masukkan gula pasir,aduk-aduk.Dalam wadah lain,campur tepung maisena dan sisa air.pastikan tidak ada yang menggerindil.Tuang campuran dalam panci berisi coklat.Masak kembali sambil terus  diaduk.cairan coklat akan mengental,matikan api,biarkan selai dalam kondisi dingin baru masukkan kedalam wadah selai.Selamat mencoba:-))


Monday, September 14, 2015

Ayam Goreng Bumbu Merah

Minggu kemarin masak menu ini buat arisan keluarga. Rasanya manis dan gurih,sesuai selera Sunda.Biasanya aku suka yang pedes tapi karena yang makan bukan aku sendiri akhirnya ngikut aja seleranya. Barusan bikin lagi buat menu malam malam. Sengaja aku ga tambahkan cabe rawit merah karena Keiko chan ga bisa makan yang pedes. Resepnya ga pake kecap manis,aku ganti dengan gula pasir. Yuk intip resepnya

Ayam Goreng Bumbu Merah ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:
1 kg daging ayam (aku pilih paha bawah semua)

Bumbu-bumbu
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 ruas jahe
3 biji Cabe merah besar
5 biji Cabe merah besar yg kering
1/3 sdt lada bubuk
2 batang serai
2 lembar daun salam
1/2 sdt garam
2 sdm gula pasir
50 ml air
2 siung bawang merah untuk ditumis
Minyak untuk mnggoreng

Cara membuat:
Bersihkan daging ayam,rebus dalam panci hingga matang.Tambahkan garam,daun salam dan kunyit bubuk dalam air rebusan.Goreng hingga kering.Ulek bawang merah,bawang putih,jahe dan cabe besar sampai halus.Aku pakai blender jadi aku tambahkan air 50 ml.tumis dua siung bawang merah yang sudah diiris,kalau sudah layu masukkan bumbu halus,tambahkan daun salam dan sereh yang sudah dimemarkan.tambahkan gula,garam dan lada bubuk.Kalau  sudah
mendidih masukkan ayam yang sudah digoreng.biarkan mendidih beberapa saat.Koreksi rasanya,kalo susah pas matikan api.Siap dihidangkan:-))


Sanggara Peppe'



Ini salah satu olahan pisang kepok kesukaanku, namanya Sangara Peppe'. Sanggara dalam bahasa Bugis artinya gorengan tapi menghusus ke Pisang Goreng. Kalo yang di goreng bahan lain seperti Sukun  atau Singkong tinggal ditambahkan saja untuk penegasan.  Peppe' dalam bahasa Bugis artinya ditepuk tapi tidak keras.Khusus jenis olahan ini harus pakai pisang Kepok yang masih muda. Bulan lalu waktu ayah main ke Palu beberapa hari, ini menu menu sarapan khusus buatnya. Di Garut tidak pernah liat Pisang kepok,  yang ada jenis pisang lain. 

Pisang ini diolah dua kali, setelah dikupas, digoreng setengah matang. Setelah itu dipenyek pake cobekan. setelah itu digoreng kembali hingga matang. Nikmat dengan sambel tomat segar yang diberi sedikit perasan jeruk limau dan teh panas-))




Main ke Gunung Galunggung


Minggu lalu main ke Gunung Galunggung, berangkat dari rumah jam 8 pagi. Ketemu teman satu komunitas dan berangkat bareng ke Tasikmalaya. Perjalanan harusnya ditempuh 2 jam aja tapi beberapa kali singgah dan kecepatan mobil juga rendah akhirnya molor jadi tiga jam. Pertama kali kesana, pake GPS buat penunjuk jalan eh malah bikin kesasar hehehe. Jadinya singgah aja bertanya beberapa kali. 

Aku fikir kami akan mendaki seperti gunung lainnya, ternyata jalur pendakian sudah dibuat ratusan anak tangga jadi tinggal jalan naik keatas. Lumayan pegel lewati 600an anak tangga. Diatas bisa liat kawab tertutup dibawah, tidak tercium bau belerang seperti di kawang Tangkuban Perahu. Pemandangannya indah....aku istirahat tiga kali baru nyampe keatas. Keiko chan licah banget, nyampe keatas duluan sama ayah. Diatas istirahat sebentar sambil menikmati Teh panas dan Mie Instan. Setelah ambil beberapa foto kami turun kembali.

Kami bergegas menuju kawasan Cipanas karena sudah ditunggu teman, sebgaian besar udah masuk kedalam berendam air panas. Kami ga bawa baju renang karena ga tau ada kolam berendam. Istirahat aja diwarung sama teman di warung sambil makan siang.Menunya Ikan Nila goreng, sambel, lalap, Pete dan asin. Nikmat.....atau mungkin karena usah lapar hehehe


Selesai ngobrol kami lanjut main ke kota Tasiklamaya, singgah sebentar di Mall terus lanjut main kerumah teman. Sore balik ke Garut, pak Dedi teman yang bareng dari Garut pulang dengan jalur yang sama waktu berangkat. Kami lanjut lewat jalur limbangan karena mampir kerumah teman disana. Bareng teh Fiet dan kang Umar menuju arah Limbangan. Kami misah di pusat oleh-oleh khas Tasik...........
Kawah Gunung Galunggung

Jalur menuju Gunung Galunggung

Pemandangannya Indah



Setelah pintu masuk ada dua jalur satu keraha gunung dan satunya lagi kearah Cipanas

Sunday, September 13, 2015

Pepes Ikan Teri Kering

Bulan kemarin bawa Ikan Teri Kering dari Palu, segar banget. Biasanya aku masak kecap pake asam jawa ala Bugis.Kemarin pohon pisang diseberang rumah keluar daun pucuk,kepikiran buat pepes ini. Kebetulan diwarung dekat rumah masih ada kepala parut, biasanya kalo udah siangan udah habis. Bikinya praktis ga pake ngulek bumbu, enaknya sih pake bumbu yang diulek tapi kemarin repot banyak kerjaan masak menu lain buat arisan keluarga. Yuk intip resepnya::-))

Resep Pepes Ikan Teri Kering
Bahan-bahan:

Ikan Teri segenggam (aku ga timbang kemarin)
1/2 kelapa parut
1 sdt kunyit bubuk (bisa diganti kunyit basah)
1 biji cabe hijau
1 biji cabe merah
2 siung bawang putih
1 ruas jahe
1 batang bawang daun
1 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
1/3 sdt lada bubuk
1 butir telur
Daun pisang buat bungkus pepes

Cara membuat:
Iris semua bumbu dan bawang daun. Campur semua bahan dalam baskom, koreksi rasanya. Kalo sudah pas, Siapkan daun pisang diatas talenan, isi dua sendok adonan pepes. bungkus dan semat ujungnya dengan lidi atau hekter. Lakukan sampai habis, bakar di teflon sampai matang kedua sisinya. Aku bakar di Happy Call jadi matangnya rata, ga perlu dikukus terlebih dahulu.







Puding Coklat Fla Custard




Kembali ngisi blog setelah semangat ngeblognya plg jalan-jalan hehehe. Kemarin bikin puding pagi, setelah ayah dan Keiko chan main kerumah Uwak.Sendiri dirumah, ngubek dapur, Hasilnya ini....Siang Keiko chan pulang kerumah sama sepupu-sepupunya. Mereka bolak-balik buka kulkas ambil puding. Khmmm...anak-anak suka. Sore arisan keluarga, pudingnya laris manis, sisanya dibagi dibawa pulang. Yuk intip resepnya, satu resep jadi 50 cup puding

Resep Puding Coklat Fla Custard
Bahan-bahan:

2 bungkus agar-agar coklat
5 sendok coklat bubuk (aku pake merek Bendrops)
2 sachet susu coklat kental manis
100 gram coklat batang (aku pake merek Collata)
75 ml santan instan
150 gr Gula Pasir (kalo suka manis tambahkan gulanya)
1.700 ml air 
sejumput garam

Cara Membuat:
Siapkan panci, masukkan semua bahan puding kecuali coklat batang. Aduk rata, saring untuk mematikan tidak adda bahan yang menggumpal. Iris haluscoklat batang, tambahkan kedalam panci. masak sambil terus diaduk hingga mendidik. setelah mendidih matikan api, terus aduk hingga uapnya hilang. Tuang kedalam wadah puding sampai selesai. Setelah dingin tuang fla Custard ke cetakan puding, iarkan dingin. Masukkan kekulkas, puding ini enak disantap dalam keadaan dingin:-))

Resep Fla Custard
Bahan-bahan:

5 sdm tepung Custard
5 sdm gula pasir (kalo suka manis tambahan gula)
1 sachet susu bubuk
700 ml air

Cara membuat
Campur semua bahan fla, masak dengan api kecil. aduk terus hingga mendidih. Matikan api, teruskan mengeduk hingga fla menjadi hangat. Tuang kedalam cetakan puding.



Tuesday, September 1, 2015

Asin Jambal Cabe Bendot

Lama juga ga ngisi blog,capek dari Makassar terus lanjut ke Palu.Pulang dari Palu,dua hari dirumah ke Bandung lg beberapa hari.sibuk nih yee hehehe....
Ini Asin Jambal oleh-oleh ayah pulang dari Pangandaran,aku dan Keiko chan ga ikut karena itu acara bapak-bapak di kompleks.

Resep ini simple dan emang cocok buat yang malas ngulek bumbu sepertiku.Ikannya jangan digoreng sampe kering,biar dagingnya tetap lembut. Yuk intip resepnya;-))

Asin Jambal Cabe Bendot ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:
2 ekor asin Jambal ukuran sedang
3 biji Cabe bendot
2 buah tomat merah
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt gula pasir
2 sdm saus sambel botolan
Minyak secukupnya

Cara membuat:
Potong-potong asin jambal,cuci bersih dan goreng,sisihkan.tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum,masukkan potongan cabe bendot dan tomat.aduk rata,masukkan asin jambal.aduk hingga rata,tambahkan gula dan saus sambel.aduk kembali,koreksi rasanya,siap disantap

Note: aku ga tambahkan garam,rasanya pas;-))