Monday, August 17, 2015

Sambel ala Sunda



Sambel ala Sunda resep teh Diana. Pedes dan nikmat banget, teman makan Nasi Liwet dengan lauk Tempe goreng dan ikan asin. Yuk intip resepnya:-))

Sambel ala Sunda
Bahan-bahan:
11 biji Cabe rawit (cabe inul)
2 buah tomat ukuran kecil
1 bungkus terasi (bakar) 
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 sdm minyak goreng
 Gula merah dan garam secukupnya

Cara membuat:
Bakar terasi terlebih dahulu,sisihkan.goreng bawang merah,bawang putih,cabe dan tomat hingga layu.Ulek semua bahan sambel,koreksi rasanya dan siap dinikmati:-))

Menikmati Sunset di Tugu Perdamaian Palu







Abon Ikan Roa


Masih banyak stok Ikan Roa, berdua Yana belajar mengolah Ikan Roa jadi Abon. Ga ada Food Processor, blender ga bisa mencacah ikan roa yang dagingnya keras banget tanpa ditambah air. Kalo pake air hasilnya seperti sambel Roa edsi sebelumnya. Akhirnya Yana bantuin ngulek Daging Ikan Roa yang udah disuwir-suwir. Penuh perjuangan dan ga bisa halus. Aku bumbui dengan bawang merah dan cabe rrawit yang banyak, hasilnya enak dan lumayan pedes.

Resep Abon Ikan Roa
Bahan-bahan:

15 ekor ikan Roa Asap
15 siung bawang merah
1ons cabe rawit
1 sdt gram
1 sdm gula
sedikit kaldu bubuk kalo suka
5 sdm minyak goreng

Cara membuat
Bersihkan ikan Roa asap, buang kulit, kepala dan ekornya. suwir kasar dan tumbuk atau oleh pakai food Processor. Haluskan 5 bawang merah dan cabe rawit. Tumis 10 siung bwang merah yang sudah diiris, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan sminyak goreng. tamhakan garam,gula dan sedikit kaldu bubuk. Masukkan daging Ikan Roa, aduk rata dan koreksi rasanya. Abon Ikan Roa siap disantap


Sunday, August 16, 2015

Kaledo (sajian khas Palu)


Dulu sering bikin Kaledo dirumah,hanya sekali makan diluar karena ngantar tamu dari Jkt waktu itu. Kaledo kuliner khas Palu,bahannya  dari  Kaki Lembu Donggala (Sapi Donggala). Belinya di Pasar tradisional,ga sulit menemukan bahan bakunya. Tulang sapi dari pangkal paha sampai ke kaki,penjualnya langsung  memotong kalo kita sudah memilih dan setuju dengan harganya.

Bumbu Kaledo ga ribet,hanya pakai Asam Jawa yang masih muda dan cabe rawit hijau. Kaledo bisa disantap dengan Nasi putih atau singkong rebus. Ditambah taburan bawang goreng Palu yang khas. Yang ini ayah makan disalah satu rumah makan Kaledo didepan sebuah Mall di Palu.Udah terkenal dari dulu,di TV lokal iklannya suka wara-wiri. Pesannya satu porsi aja karena aku udah putus hubungan sama Kaledo sejak 2008 hehehe.Ampun....kolesterol tinggi.Ayah makan Kaledo,aku menikmati Jus Sirsak aja. Aku ga pernah lagi masak kaledo,fotonya pake foto waktu ayah makan kemarin.

Resep Kaledo ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:
1 bagian paha Sapi (dari pangkal paha sampai kaki)
2 ikat Asam jawa yang muda
30 biji Cabe rawit hijau
Garam
Kaldu bubuk sesuai selera
3 liter air

Cara membuat:
Rebus air hingga mendidih,masukkan tukang sapi yang sudah dipotong-potong dan dicuci bersih.Bersihkan Asam jawa yang muda,kerik kulit luarnya dengan pisau.Rebus asam pakai panci kecil sampai lunak,hancurkan lalu tambah air.Saring air asam hingga terpisah dari ampasnya.Masukkan air asam kedalam panci tulang sapi,tambahkan cabe rawit yang sudah dihaluskan.Tambahkan garam dan kaldu bubuk.masak hingga daging pada tulang menjadi empuk. Tambahkan air kalo kuahnya kurang,biarkan hingga mendidih. Koreksi rasanya,sajikan dengan taburan bawang goreng,jeruk nipis dan sambel cabe rawit. Kaledo nikmat disantap dengan nasi atau singkong rebus.




Sambel Ikan Roa


Udah seminggu di Palu.Puas menikmati ikan segar,ngumpul dan makan-makan.Kemarin dek Fai ngasih oleh-oleh Ikan Roa,sebagian udah dibagi keteman yang lain.Tadi siang baru sempat bikin sambel Ikan Roa.Bikinnya dikit aja dulu karena stok cabe rawit sisa dikit. Rasanya enak,tapi ga terlalu pedes seperti yang biasa aku makan. Padahal cabe rawitnya udah banyak....berarti kalo bikin lagi harus ditambah takaran cabenya.

Sambel Ikan Roa ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:
10 ekor ikan Roa asap
20 cabe rawit
2 buah tomat
10 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt garam
1 sdm gula pasir

Cara membuat:
Bersihkan ikan Roa,buang kepala,kulit dan tulang lalu disuwir kasar. Blender dengan cabe rawit,5 siung bawang merah,bawang putih dan tomat.Jangan terlalu halus diblender.Iris sisa bawang merah,tumis dengan 3 sdm minyak goreng.Kalo sudah harum masukkan ikan Yang sudah diblender dengan bumbu.Tambahkan garam dan gula.Aduk hingga tercampur rata selama 5 menit.Sambel siap disantap:-))





Friday, August 7, 2015

Olahan Udang Segar yang Praktis


Pulang ke Makassar,bahagianya.....
Bisa kumpul dengan keluarga dan menikmati hidangan bersama. Ini judulnya masak buat adek cowok,bumbunya seadanya yang ada didapur. Aku masak Sawi ijo pake udang dan sedikit minyak wijen.Udangnya digoreng tepung.Tahu putih digoreng dan dicocol pake Sambel tomat segar. Udangnya adek beli di penjual ikan tidak jauh dari rumah

Menu sederhana yang nikmat:-))

Menikmati Ikan Bakar dan Cumi di Makassar

Makan malam yang sangat nikmat,makasih daeng Ramlah dan daeng Mun'im:-))

Cumi Nasu Lotong extra pedes


Ikan Bakar Rica-Rica

Sambelnya ada tiga macam


Monday, August 3, 2015

Soto Bandung


Resepnya dari Web Sajian sedap.Resep lengkapnya di www.sajiansedap.com. Saya icip-icip sedikit kuahnya karena lg diet daging Sapi;-)) Keiko chan suka,dia nikmati dengan setengah porsi Nasi.Saya tambahkan irisan tomat kesukaannya....