Monday, July 27, 2015

Seblak Ceker ala Dapoer Yuyu


Sering banget bikin Seblak berdua teh Erna tapi ga pake Ceker Ayam, karena aku ga suka. Ngeri liat ada kaki ayam didalam mangkuk hehehe. Dirumah Ummi kalo masak ayam, cekernya pasti di buang. Orang Bugis secara umum tidak makan ceker ayam. Ceker adalah bagian Ayam yang dibuang seperti halnya bulu ayam atau usus ayam. Kalo beli ayam dalam jumlah banyak, cekernya biasa diminta sama orang Jawa yang banyak merantau disana. 

Minggu lalu ngebakso ditempat yang baru buka, Kebetulan ada menu Seblak. Ayah pesan Seblak Ceker. Lama banget nunggunya, aku udah beres makan bakso  pesanannya baru datang. Begitu mangkuk Seblak Ceker diletakkan dan pelayannya pergi, kami berdua tertawa. Ya ampun....benar- benar ceker ayam  yang tersaji dalam piring padahal dibayangan kami berdua. Seblak Ceker ya seblak yang pake topping ceker ayam. Seblak yang biasa aku buat dirumah pake tulang ayam dan tambahan Wortel dan kol. 

Penasaran gimana rasanya makan Ceker, aku beli 1/4kg, kebetulan teh Erna datang kerumah. Bikin seblak berdua. khmmm.....ternyata Ceker itu lumayan enak. cuma ngeri aja liatnya hehehe. Minta teh Erna ajarin cara bersiin ceker Ayam. Geli dan sedikit ngeri waktu potong bagian kukunya. Ga tega rasanya padahal ayamnya juga udah mati. Sebelum bikin seblak, olah dulu ceker ayamnya ya. Ceker ayam dikuliti, buang kulit luarnya,potong bagian kuku. Cuci bersih, masukkan dalam air mendidih. rebus sebentar, buang airnya. Rebus kembali hingga matang, buang lagi airnya. Ceker ayam siap diolah.Yuk intip resepnya disni;-))


Resep Seblak Ceker ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:

Kerupuk 1/4 kg ( rebus setengah matang)
Ceker ayam siap pakai 1/4 kg

Bumbu-bumbu:
4 siung bawang putih
1 ruas kencur (sebungkus kecil)
4 gram kaldu bubuk
1 sdt garam
15 biji cabe rawit
2 biji cabe keriting
1 liter air panas
2 lembar bawang daun
1 sdm minyak goreng

Cara membuat:
Haluskan semua bumbu kecuali Bawang daun, tumis hingga harum. Masukka ceker ayam yang siap olah. aduk sebentar, tambahkan 500 ml air panas, kalau sudah mendidih masukkan kerupuk yang sudah sudah dimasak setengah matang. tambahkan sisa air, aduk hingga matang, kalo suka setengah matang, masaknya jangan lama. Tambahkan sisa air dan irisan bawang daun, biakan hingga mendidih. Coba sedikit, kalo rasanya udah pas matikan api. Seblak Ceker siap disajikan:-))



Kerupuknya pake yang seperti ini 


Post a Comment