Monday, July 20, 2015

Pindang Ecot Ikan Nila


Ikan Pindang Mak Ecot terkenal di Jawa Barat,bukan hanya di Garut atau di Bandung. Browsing resep tapi ga dapat resep yang lengkap.Aku tanya sepupu jg ga tau,tanya ke Bi Tuti dapat deh resepnya.Masaknya gampang,hanya perlu mengiris semua bumbu.Masak perlahan dalam wajan besar pakai penutup.Aku masak satu jam aja,ga perlu sampe tulangnya lunak.Kalo mau tulangnya lunak,bisa pake presto.Presto udah disimpan diatas,malas ambilnya.lagian aku lebih suka masak dalam wajan besar dengan penutup. Rasanya enak kata ayah,aku icip sedikit karena kurang suka.Manis karena pake gula merah dan kecap,lidah Bugisku masih sulit nerima masakan ikan pake gula;-))

Pindang Ikan Mak Ecot aslinya pakai ikan Mas.Aku pake Ikan Nila karena ga suka Ikan Mas.Ikannya digoreng dulu,sebelum digoreng rendam dengan bumbu sedikit.Air jeruk,kunyit dan garam,biarkan sejam sebelum digoreng.Dinginkan dulu ikannya sebelum mulai dipindang.Aku tambahkan sebungkus kecil bumbu Samara Sengit.Kalo di Garut banyak dijual diwarung.Isinya Ketumbar,Cengkeh dan beberapa bumbu lain.Ga bisa kenali karena udah ditumbuk kasar. Yuk intip resepnya

Resep Pindang Ecot
Bahan-bahan

1 kg Ikan (goreng hingga matang)
5 sdm gula merah
5 sdm Kecap manis
1 bungkus Samara sengit
1 sdt garam ( tambahkan dikit kalo kurang)
1 sdm kunyit bubuk
5 gelas air
Bumbu yang diiris (liat difoto bawah)

Cara membuat:
Cuci dan iris semua bumbu,campur dan bagi dua.Siapkan wajan besar dengan penutup.Tata separuh bumbu iris didasar wajan,masukkan ikan.Tata sisa bumbu diatas ikan.Campur tiga gelas air dengan garam dan kunyit bubuk.Siramkan keatas ikan.Tambahkan gula merah dan kecap manis.Tutup wajan,masak dengan api sedang selama 30 menit.Tambahkan sisa air,kecilkan api.Masak kembali selama 30 menit. Ikan Pindang siap disajikan:-)



Iris semua bumbu dan campur kecuali daun jeruk dan daun salam

Bumbu yang dipakai

Post a Comment