Wednesday, June 17, 2015

Nasu Likku ( Menu Bugis)


Menu ini wajib ada dimeja makan kalo Sahur pertama dan hari Lebaran dirumah Ummi.Seperti Rendang Di masyarakat Padang.Menu ini ada ditiap rumah dihari-hari istimewa. Aslinya pake lengkuas muda yang diiris kecil seperti korek api,serehnya diiris halus.Kalo di Bone tinggal beli jadi dipasar, makanya ga repot.Ini versi dapoer Yuyu. Lengkuas,sereh dan sedikit jahe diblender kasar aja. Ga kuat kerja sendiri kalo ikuti resep aslinya,ribet hehehe.Rasanya sama aja,aku malah lebih suka cara gini karena bumbunya lebih cepat dikunyah;-))

Resep ini emang pake banyak lengkuas dan sereh,Makanya namanya Nasu Likku.Likku dalam bahasa Bugis artinya Lengkuas.

Resep Nasu Likku ala Dapoer Yuyu
Bahan-bahan:

1 kg ayam (potong 12)
1 butir kelapa (ambil santannya 1 liter)
1/4 kg lengkuas
15 batang sereh ukuran besar
1 rimpang Jahe
30 ml air asam jawa
1 sdm garam
1 sdt lada bubuk
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdm kunyit bubuk
5 siung bawang merah (iris halus)

Cara membuat:
Siapkan bumbu dulu,bersihkan lengkuas.Iris kecil buat diblender.Sereh buang kulit luarnya,sisakan bagian putih dan potong kasar.Bersihkan jahe,cuci bersih semua bumbu dan sisihkan.Untuk dapat santan kental lebih banyak kayak santan instan.kelapa cuci bersih dan dipotong kecil-kecil. Bagi tiga,blender bergantian pakai air hingga dapat santan 1 liter.Jadi air santan perasan pertama semua.Masak dua bagian santan,masukkan irisan bawang merah.Jaga jangan sampai santannya pecah. Satu bagian santan blender dengan lengkuas sampai agak halus,masukkan jahe dan sereh. Blender kembali,jangan terlalu halus.Masukkan ke panci santan tadi.Aduk hingga airnya berkurang dan mulai mengeluarkan minyak.Masukkan semua bumbu,aduk rata.Masukkan Ayam yang sudah dibersihkan.Aduk sesekali hingga airnya sisa sedikit.koreksi rasanya,siap dihidangkan.Kalo bikin banyak,simpan diwadah dengan penutup rapat.Bekukan di freezer;-))








Post a Comment