Thursday, May 14, 2015

Bala-Bala dan Lombok Kuning Makassar

Orang Sunda paling suka gorengan ini,banyak dijual sepanjang hari.Biasanya dimakan sama Lepet,plus cabe rawit ijo.Aku ga suka beli,minyaknya udah dipake berulang kali.Enakan bikin sendiri,minyaknya baru dan aku simpan gorengan pertama buatku.Lumayan lebih sehat tapi jangan keseringan.

Maklum orang Bugis,semua harus pake sambel pedes.Kalo bikin Bala-bala aku suka bikin sambel cair buat dimakan sama gorengan ini.Kebetulan masih ada stok lombok kuning botolan dari Makassar.

Kalo bikin Bala-bala ini ga pake takaran,asal nyemplung aja.Koreksi rasanya goreng deh....

Bahan Bala-Bala:
Kol diiris kecil
Wortel diparut
Bawang dan dan seledri dipotong kecil
Tepung terigu
Air
Garam,bawang putih,lada bubuk dan kaldu bubuk kalo suka.

Cara membuat:

Campur semua bahan,koreksi rasa.Goreng dalam minyak panas.

Sambel Cair:

Lombok Kuning 2 sdm,garam,gula,cuka dan air hangat.Kalo ga ada lombok kuning bisa diganti 10 biji Cabe rawit merah,diblender sampai halus.

Post a Comment