Posts

Showing posts from April, 2015

Puding Rainbow

Image
Cara membuat

Siapkan wadah besar,campur semua bahan-bahan kecuali pewarna makanan.aduk rata,bagi 5 (aku pake 5 warna) masak satu jenis hingga mendidih,aduk hingga ucapnya berkurang.Tuang kedalam cetakan,masak lagi yang berikutnya.Lakukan seperti warna pertama hingga selesai.Pastikan lapisan pertama setengah keras baru masukkan lapisan berikutnya.

Selamat mencoba:-)


Roti Goreng Isi Coklat

Image

Bolu Jerman

Image
Resep ini aku dapat di Group NCC di Facebook, di posting Bunda Shinles (makasih resepnya, bunda)
Kuenya lembut banget dan manisnya pas karena aku ga bisa makan kue yang terlalu manis. Karena ga ada stok Sukade aku ganti pake dried cranberrries. Udah aku taburi terigu tapi tetap aja semua kebawah, ga nyampur sama adonan hehehe. mungin lain kali dibasahi dikit ya biat terigunya lengket ini resepnya:

Resep Bolu Jerman
Eba Chan
Bahan-bahan:
6 Kuning Telur
3 Putih Telur
100 gram mentega cair
100 gram gula pasir
60 gram tepung terigu
36 gram tepung maizena
25 gram susu bubuk (aku pake susu dancow sachet 1 bks)
1/2 sd tbm
1/2 sdt vanili bubuk
2 sdm air
sukade secukupnya

Cara membuat:
campur semua bahan kecuali mentega cair, mixer 10 menit kecepatan tinggi dan 10 menit kecepatan sedang. Tadi aku mixer pake Phi...ps cuma 10 menit speed no 3 udah kental berjejak jd aku langsung matikan mixer. Masukkan mentega cair sedikit demi sedikit dan aduk balik. masukkan kedalam cetakan yang sudah dioles mentega dan d…

Udang Cobek Sambel Bawang

Image

Cah Kangkung Saus Tiram

Image

Roti Maryam Homemade

Image
Hari ini lg semangat, buat Roti Maryam abis mandi pagi dan belanja di warung. Singgah sebentar jemput dua orang anak tetangga buat main sama Keiko chan.Berkutat di dapur sambil ngawasi tiga anak kecil main digarasi. Aku buat setengah resep, resep aslinya di blog mbak Vivi (makasih resepnya,mbak) bisa liat disini http://www.jajanevivi.com/2012/02/roti-maryam.html. Aku copy resepnya disini:
ROTI MARYAM
Bahan : 
1 kg     tepung terigu 2 btr     telur utuh 2 btr     kuning telur 4 sdm   susu bubuk 1 sdt     garam 175 cc  minyak goreng 450 cc  air hangat
margarin untuk olesan
Cara membuat :
1. Siapkan wadah, masukkan air, minyak goreng dan telur. Aduk dengan garpu atau whisker asal rata aza. 2. Masukkan bahan kering kedalam campuran minyak goreng tadi, uleni sampai bener2 kalis. 3. Adonan siap digunakan.




Campur air hangat, telur dan minyak goreng
Masukkan bahan kering (aku aduk dulu pake garpu biar tangan ga belepotan)
Uleni hingga kalis (kalo terlalu lembek tambah sedikit terigu)
Bagi ado…

Gagape Itterung (Terong masak kelapa sangrai)

Image

Telur Mata Sapi,menu sarapan yang praktis

Image
Menu ini sangat praktis buat sarapan di pagi hari.Kuahnya enak buat dicampur dinasi yang hangat.Aku biasanya ceplok telurnya satu kali.Seperti pagi ini.Tiga telur aku ceplok bersamaan.Kuningnya aku pecahin biar lebih cepat matang dsn kuningnya merata.

Resep Telur Mata Sapi

Bahan-bahan:

3 butir telur
1 buah tomat ukuran besar
3 siung bawang merah
Sejumput garam
2 sdm kecap manis
1/2 sdt lada bubuk
500 ml air
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
Ceplok semua  telur bersamaan dengan tiga sendok minyak goreng,pecahkan kuningnya.Balik kalo sisi bawahnya sudah matang.agoreng sisi sebelahnya,angkat dan sisihkan. Tumis bawang merah yang sudah diiris kecil sampai harum.Masukkan tomat yang sudah diiris kecil.tambahkan air, garam,lada bubuk dan kecap.Masukkan telur ceplok,masak hingga mendidih.Angkat dan sajikan selagi panas.




Ikan Tongkol Suwir Cabe Bendot

Image

Sambel Setan Bi Tuti

Image

Bubur Beras dan Sirup Pisang Ambon

Image
Ga enak badan dan malas makan....aduh sepaket.Masuk dapur,bingung pengen masak apa.Ya udah bikin Bubur beras aja,bikinnya cepat.Disiram Sirup Pisang Ambon udah enak dan gampang ditelan.Lumayan ganjel perut yang lg lapar.
Resepnya ini ya
Bahan-bahan: 250 gr Tepung Beras (aku pake merek Rose Brand) 75 ml santan instan Garam sejumput 800 ml air
Cara membuat:
Campur semua bahan,masak dengan api sedang sambil terus diaduk sampe mengental m matang. Sajikan dimangkok,siram dengan sirup.

Sirup DHT,Sirup Pisang Ambon ala Makassar

Image

Cara mudah membawa Durian

Image

Sambel Cabe Hejo,penambah nafsu makan:-)

Image

Bakso Aci ala Dapoer Yuyu

Image

Ngumpul,Arisan n Ngebakso

Image
Jadwal arisan dirumah sih nanti Agustus tapi pengen ngebakso rame-rame jd jadwalnya ditukar.Kemarin udah bikin Pangsit goreng dan pesan Bakso Sapi sama tetangga.Jadi sisa bikin bakso Aci dan Puding. 
Tadinya mau sore tapi suka hujan kalo sore jd td pagi dimajuin ke jam11.Jam 8.30 baru belanja,jam 9.10 baru mulai.Jumplitan didapur berdua tetangga.Bikin bakso Aci 1kg sambil nyiapin kuah dan bikin dua wadah Puding.
Bakso Aci dan bakso Sapi udah dimasukin ke kuah kuahny,lanjut nyelesaiin puding,menata meja makan dan siapkan sayur,bihun dan sambel.Saus Puding bikin dadakan waktu keluarga udah pada datang.Seru,nikmat dan kenyang hehehe




Acar Ikan Kakap

Image

Donat Impian

Image

Pisang Bakar dan Sambel Terasi

Image
Paduan nikmat antara pisang bakar dan sambel terasi plus teh manis panas.Aneh? Ga kalo di Sulawesi,ibaratnya cuma daun pintu aja yang dimakan ga sama sambel hehehe

Pisangnya cukup dibakar sebentar di teflon,sambil nunggu pisang mateng.Siapkan sambel n teh manis panas.Viewnya Gunung Guntur;-)

Nasi Kuning dan Ikan Bakar

Image
Ini salah satu menu favoritku di kampus.Nasi kuning dengan lauk ikan Katombo Bakar rica-rica.Pedesnya mantap,daging ikannya segar dipadu nasi kuning panas.Duh.....liat fotonya aja bikin aku bebe kata orang Bugis hehehe
Murah,meriah,nikmat dengan 15rb.Dijamin kenyang sampe sore. Belinya dikantin FKIP,seberang gedung Fisip.

Otak-otak EN Resto Palu

Image

Nasi Liwet Asep Stroberi Resto

Image
Kalau main ke Garut,boleh nyobain Nasi Liwet di Resto Asep Stroberi.Ada beberapa cabang,kali ini kami makan di cabang Astro dekat Alun-alun Garut. Pesan nasi liwet ayam kampung bakar buat empat porsi.Aku pesan Sup Buntut,teh Keiko pesan pasta.Minumnya Jus Strowberi,jus Mangga dan jus Melon.
Aku ga cicipi nasi liwetnya karena ga terlalu suka,tapi kakak ipar n temannya menikmati.Katanya enak hehehe.Diresto ini ga tempat duduk buat lesehan,beda dengan cabang yang lain.Kalau mau sambil main atau metik buah stroberi bisa dicababg Astro Kadungora.Sebelah kanan dari arah Banding.

Lotek Uwak,favorit keluarga

Image
Resep Lotek Uwak:

Bahan-bahan

3 ikat besar Kangkung
1/2 kg touge
1/4 kg Wortel
1 biji sedang Labu Siam
1/2 kg Kol

Bumbu-bumbu

1/2 kg Kacang tanah (sangrai dan haluskan)
7 siung Bawang Putih
1 1/2 ons gula merah (sisir halus)
3 ruas Kencur
10 biji cabe rawit hijau
Garam secukupnya

Cara Membuat:
Siangi kangkung,cuci bersih dan sisihkan.Potong-potong sayur yang lain.Rebus bergantian semua jenis sayur,tiriskan airnya dan campur rata.

Ulek halus semua bumbu,tambahkan air dan coba rasanya.Kalau sudah pas,campurkan kesayuran. Taburo dengan bawang goreng.Siap disantap...

Note: Resep ini untuk porsi bayak

Menu Sunda untuk tamu dari Makassar

Image
Ingin menyuguhi tamu dengan menu Bugis,tapi karena sulit dapat ikan laut segar menunya diganti menu Sunda.Alhamdulillah tamunya menikmati menu yang aku sajikan. Favoritnya Lotek,tempe dan ayam goreng yang dicocol dengan sambel terasi



Puding Zebra Gagal

Image