Wednesday, January 28, 2015

Tumpi-Tumpi Ikan Tongkol


Tumpi-Tumpi ini salah satu makanan Orang Bugis yg sudah mulai jarang dibuat. Waktu kecil, setiap kali ada acara daur hidup menu ini selalu ada. Sekarang jarang dibuat, mungkin karena sudah banyak jenis makanan baru yang lebih praktis dibuat apalagi dalam jumlah banyak

Seperti biasa, sudah lama pengen buat sendiri tp malas. Kadang pengen buat, kelapanya ga ada. Tadi pagi kebetulan tukang sayur langgananku bawa satu plastik kecil berisi 1/4 biji kelapa parut. di freeze juga masih ada tiga potong ikan tongkol tp hanya dua yang bisa dipake karena yang satunya bagian kepala.

Resep Tumpi-Tumpi Ikan Tongkol

 Bahan-Bahan:

1/4 biji kelapa parut
2 potong ikan tongkol (Bakar dan haluskan)
1 butir telur ayam
2 sdm tepung terigu

Bumbu-Bumbu

4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 buah lombok besar
2 iris jahe
2 iris lengkuas
1 batang sereh
1sdt kunyit bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt merica bubuk

Cara membuat:

Haluskan semua bumbu, campur dengan kelapa dan kunyit. setelah tercampur rata, masukkan ikan tongkol yang sudah dibakar (aku bakar pake teflon) dan dihaluskan. masukkan kunyit bubuk, merica bubuk, telur dan terigu. aduk hingga benar-benar tercampur rata. Bentuk segitiga pakai daun pisang. Goreng dalam minyak panas, pakai api kecil biar tidak mudah gosong.


Makan yuk:-))
Ngebentuknya rada susah, kudu sabar

Bumbunya aku blender pake telur biar cepat halus


Main dan Belajar di Ceres Community Environment Park, Melbourne


Membayangkan Indonesia punya "CERES" sebuah tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi.Beberapa kali aku sempatkan untuk datang ketempat ini. Belajar bagaimana CERES dikelola, menemani Daeng Sudi mengajar anak-anak Bule yang datang belajar membatik ditempat ini dan wawancara khusus dengan kak Subik Baso. Orang Bugis yang tinggal di Melbourne ddan kebetulan bekerja disini. Kalo ma tau lebih banyak tentang CERES bisa buka webnya disini http://www.ceres.org.au/ 




Sawah Mini


Kampung Indonesia, disini anak-anak Bule datang belajar membatik dan mengenal Indonesia





Beli buku dan benih tanaman organik disini


Sempat masuk kedalam liat mereka buat aneka jenis roti organik

Telur organik dari ayam-ayam ini


"Male" Sajian khas Mauludan ala Bugis dan Makassar



"Male" jenis baru, dibuat seperti Tumpeng
fotonya dari FB Daeng Emma

Kenangan waktu kecil setiap Mauludan atau Maulid Nabi Muhammad SAW adalah sajian "Male" yang khas. Nasi ketan putih atau hitam dalam wadah plastik atau panci yang dihias dengan telur warna-warni dan bunga-bunga kertas plus aneka jenis lauk yang disimpan ditengah atau dasar wadah. Setiap tahun kami selalu diundang kerumah-rumah keluarga Ummi dikampung untuk ikut merayakan Mauludan. Acara mauludan biasanya dilakukan dimesjid atau rumah, setelah acara selesai, kami makan bersama dan diberi "Male" untuk dibawa pulang. "Male" yang dikirim kerumah juga biasanya banyak. Biasanya Ummi bagi-bagi isi "Male" kerumah tetangga dekat.

Saat ini Tradisi tersebut masih terjaga, semakain meriah karena sekolah-sekolah dan instansi pemeritah ikut memeriahkan dengan aneka lomba "Male" Minggu lalu liat foto sepupu di FB, rasanya pengen pulang dan ikut merasakan tradisi Mauludan. Tadi pagi di FB kakak juga dia posting "Male" buat acara Mauludan di kantornya.

Kak Ena dengan "Male" di sekolah tempatnya mengajar:-))


Ingat Ummi....sedih rasanya:-(( Hingga tahun lalu, banyak sekali  "Male" dikirim keluarga dan teman Ummi kerumah. Wadah plastik dan aneka jenis panci bekas wadahnya tersusun rapi di dapur Ummi. Ummi biasanya mengirimkan oleh-oleh ala kota kerumah keluarga dikampung atau memberi uang kasih sayang.

Tradisi ini aku maknai bukan hanya bagian dari acara Mauludan tapi bagaimana orang Bugis-Makassar berbagi makanan pada keluarga dan tetangga. Berbagi rejeki sekali setahun......dan berbagi itu selalu indah:-))

Note : Makasih daeng Emma dan kak Ena udah ngasih ijin pake fotonya:-))

Tuesday, January 27, 2015

Cream Puffs with Dried Cranberries





Resep aslinya bisa liat disini ya, tp beberapa aku modifikasi sesuaikan bahan yang ada  didapur.

Resep Cream Puffs with Dried Cranberries ala Yuyu

Bahan-bahan

Puffs:

200 ml air
100 gram mentega
1 cup terigu (aku pake merek Cakra Cembar
sejumput garam
2 sdm gula pasir
3 butir telur

Cara membuat:

Siapkan panci (aku pake anci teflon biar ga lengket) masukkan air, mentega,gula dan garam. Tunggu hingga mendidih ddan mentega mencair, masukkan terigu. Aduk cepat hingga tercampur rata dan tidak lengket. Pindahkan ke wadah mixer dan biarkan hingga hangat. masukkan telur satu dan mixer dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. Masukkan lagi telur dan mixer kembali, lakukan hingga telur habis dan adunan tercampur rata dan lembut. masukkan kedalam kantong segitiga yang sudah diberi spuit. Spuit kewadah cup cake, taburi dried cranberries. oven hingga mengembang,kering dan tidak berbuih lagi.

Cream filling:

2 sdm tepung custard
3 sdm tepung maisena
2 sdm susu bubuk
1 kuning telur
1 sdm mentega
300 ml air

Cara membuat:

Campur semua bahan dan aduk rata, masak dengan api kecil hingga adonan mengental. angkat dan dinginkan, masukkan kedalam plastik segitiga yang sudah diberi puit.

* iris setengah lingkaran Puffs yang sudah dingin, semprotkan isian. teburi dengan gula halus





Wednesday, January 14, 2015

Camping @Jubilee Lake Holiday Park






Bahagia pernah merasakan camping di Aussie, fasilitasnya oke banget. Camping salah satu alternatif liburan yang menyenangkan apalagi kalo bareng sama keluarga dan teman-teman.Camping ditempat ini tiga hari menyenangkan sekali. Fasilitasnya bisa cek di web www.jubileelake.com.au

Campingnya rame-rame, menu hari pertama udah dibagi-bagi dan siap santap waktu tiba disana. Dari rumah kita udah nyiapin nasi goreng, roti,aneka jenis cemilan dan minuman. 







 Kalo mau BBQ ada fasiltasnya, tinggal masukkan koin. Bahan BBQ beli di kota Daylesford, sekalian jalan-jalan n cuci mata. 

 Sejuk dan bersih:-))




Monday, January 12, 2015

Mie Kering Makassar


Edisi rajin, sore-sore bikin Mie Kering Makassar. Garut lg dingin sekali beberapa hari ini, Diluar rumah kabut menghalangi pandangan. Cuaca kayak gini cocoknya makan yang panas, berkuah dan peses. Liat di kulkas ada sebotol Lombok Kuning yang aku bawa dari Makassar bulan kemarin. Cocok deh, masuk dapur buat kuahnya. Mie telur sudah aku bikin dua hari lalu, dijemur dua hari ga mau kering karena mendung, langsung aja digoreng sampe garing dan kecoklatan.



Resep Mie Kering Makassar ala Yuyu


Bahan :

300 gram Mie telor
1/4 dada ayam
10 biji bakso ikan (aku ganti bakso sapi)
1 telur ayam
1 ikat sawi ijo
4 sdm tepung maisena
1 sdm tepung aci
1000 ml air

Bumbu-Bumbu:

5 siung bawang putih
1 sdt merica bubuk
kaldu bubuk
garam secukupnya

Cara membuat:

Goreng mie sampe garing dan kecoklatan, sisihkan. rebus air dalam panci hingga mendidih. masukkan dada ayam yang sudah dipotong dadu. kalau ayam sudah matang, masukkan saawi ijo, masukkan erlebih dahulu bagian batang baru daunnya. masukkan bumbu, kalo rasanya sudah enak, masukkan telur yang sudah dikocok dan ditambah 3 sdm air. masukkan sedikit demi sedikit dan terus aduk hingga tercampur rata dan telur tidak menggumpal. terakhir masukkan tepung maisena yang sudah dicampur tepung aci. aduk hingga rata.
Penyajian : tata mie dalam piring, siram dengan kuah. tambahkan lombok kuning, jeruk nipis dan kecap manis:-))

Sunday, January 11, 2015

Nyiapin Bekal Camping


Nyiapin bekal camping harus benar-benar teliti, perhatikan durasi camping dan berapa orang yang ikut. Daftar menunya disusun dulu, setelah itu buat list makanan siap saji selama disana, makanan kering dan makanan basah siap masak. Paling buat aku harus ada cabe rawit dan sambel tumis karena pemakan pedessss. Lokasi camping yang dekat dengan fasilitas belanja sedikit memudahkan tp kalo tempatnya jauh harus siapkan semua dari rumah.





Alat dapur yang wajid dibawa:

kompor portable
gas cadangan
pisau
gunting
baskom kecil
teflon kecil
panci buat masak nasi
panci gagang buat masak sayur
jepitan kalo menggoreng (wajib buat aku hehehe)

Alat makan dan wadah makanan:

Piring
sendok
sendok sayur
sendok nasi
botol minuman
gelas plus penutup
wadah plus tutup buat nyimpan makanan

Bahan Mentah:

Beras
Sayur
tomat
kol, wortel dan bawang daun buat gorengan plus terigu
Minyak goreng

Bumbu Masak:

Garam
kaldu instan
lada bubuk
cabe rawit
sambel botolan
kecap manis

Makanan dan minuman:

Mie instan
gula pasir
susu
teh celup
kopi sachet
air mineral
aneka asnack
kerupuk
telur mentah (bungkus kertas satu persatu dan masukkan dalam wadah pake tutup)

Makanan siap makan dari rumah:

Nasi (buat hari pertama jd ga repot)
sayur
ayam/ikan goreng
kering tempe

*tissu basah dan tissu kering, lumayan membantu ngirit air kalo cuci piring

Kalo suka jajan sih ga perlu terlalu repot tapi saya lebih suka bikin sendiri. repot dikit gpp:-))

Alat camping:

tenda
terpal buat alas
matras
sleeping bag
senter
lampu cash
bantal boneka buat anak-anak

Bawa jaket, kupluk, pakaian secukupnya, karena dingin kita ga sering ganti baju, pakaian dalam, topi, kaos kaki  dan jangan lupa siapin kantong sampah:-))





Saturday, January 10, 2015

Pangsit Kuncup Mawar



Edisi lagi malas tapi pengen ngemil. Akhirnya jadi dua piring Pangsit Goreng ala Kuncup Mawar hehehe. Resepnya dikasi sama sepupu, aku otak-atik biar ga pake santan, Resep aslinya pake santan instan satu bungkus kecil.



Resep Pangsit Kuncup Mawar

Bahan-bahan:

Bahan 1
250 gram tepung terigu
50 gram tepung tapioka/tepung aci
1 sdt garam halus
1 sdt kaldu bubuk
150 ml air panas
50 gram tepung terigu buat nguleni adonan

Bahan 2

3 sendok tepung tepioka/tepung aci
5 sendok minyak goreng

*Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng Pangsit

Cara membuat

campur semua bahan kering dalam baskom, aduk rata. Tuang air panas kedalam dan aduk cepat. Diamkankan 20 menit, uleni adonan dengan 50 gram tepung terigu hingga  kalis. Campur bahan 2 sisihkan. Giling adonan dengan gilingan pasta atau sistik. potong-potong lembaran adonan yang sudah di giling selebar gilingan pasta dengan panjang 15 cm. olesi permukaan dengan campuran bahan 2. gulung sampai diujung dan potong miring dengan panjang sesuai selera. Tadi saya potongnya agak panjang biar cepat selesai. Giling kembali satu persatu dengan adonan pasta. Goreng dalam minyak panas dengan api kecil.


Selamat mencoba:-))

Wednesday, January 7, 2015

Martabak Keju Mini


Pertama kali buat Martabak Mini, pake resep Mbak Rina Rinso yang udah wara-wiri. Bersarang sih tapi ga banyak. Rasanya....enak-)) Ini resepnya:

Bahan-bahan:

Bahan 1
250 gram tepung terigu
50 gram gula pasir
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt garam
300 ml susu cair
1/2 sdt Fermipan/ ragi instan

Bahan 2
3 butir telur
30 gram gula pasir

Bahan 3
1/4 sdt baking powder
50 gram mentega cair

Bahan taburan:
Mentega
susu kental manis
keju (bisa diganti meses)


Cara membuat:

Campur semua bahan 1 kecuali fermipan.kalo sudah tercampur rata baru masukkan fermipan. diamkan 30 menit. kalo sudah 30 menit, kocok rata bahan 2 dan masukkan kedalam bahan 1. Aduk rata kemudian masukkan bahan 3. Panaskan cetakan, olesi tipis dengan mentega, ambil satu sendok sayur adonan. setengah matang taburi gula halus, masak kembali hingga matang. keluarkan dari cetakan,oles dengan mentega. taburi dengan keju.


Tuesday, January 6, 2015

Peyek Kacang


Akhirnya dapat resep Peyek Kacang yang anti gagal. Tadi siang tanya ke om google, akhirnya pilihanku jatuh sama resep teh Ike @pawonike.blogspot.com. Ini resepnya ya....

Source : Yulyan http://www.dapur-eeyand.blogspot.com/2012/01/rempeyek-kacang-pecel-dan-tumis-daun.html
Modifikasi : Ike 

Ingredients :
2 cup tepung beras
1 cup tepung tapioka
2 sdm telur 
3 bh daun jeruk,iris tipis
250-300 ml santan encer  (td Yuyu tambah airnya 150 mil karena terlalu kental) jd airnya 450 ml
1 cup kacang tanah, belah dua

Bumbu halus :
3 siung bawang putih 
1 lbr daun jeruk (Yuyu pake 5 lembar)
1/4 sdt ketumbar bubuk
1/2 ruas jari kunyit (optional) 
4 bh kemiri
garam secukupnya.

Cara Membuat  :
Semua bahan- bahan di campur, aduk rata sampai kalis dan tidak bergerindil,  pertama mengaduk dengan menggunakan whisk, agar cepat halus dan kalis. Pada saat sesuai resep 200ml, adonan dirasa masih kental...jadi saya tambahin air sedikit demi sedikit...sampai dirasa adonan agak cair, jangan terlalu cair, nanti rempeyeknya ketipisan
Adonan ini bisa memakai kacang, tapi kacangnya jangan dimasukkan semua ke adonan , nanti jadi lembek dan ga renyah kacangnya, kacangnya harus ditaruh pas adonan mau masuk wajan. 
Minyak harus banyak, dan wajan disarankan yang cekung, (wok), memasaknya, ambil satu dengan sendok sayur adonan, beri kacang di atas sendok sayur tadi, baru kemudian tuangkan di pinggir atas minyak yang panas, beberapa saat sebagian adonan akan meluncur ke bawah minyak, dan tak lama adonan yang menempel akan turun dan berenang, biarkan matang kecoklatan, kalau perlu bisa dibalik, tapi ga juga tidak apa-apa




Monday, January 5, 2015

Ayam Goreng Bumbu Kecap ala Yuyu


Tadi siang, tiba-tiba pengen banget banget makan ayam goreng bumbu kecap.Biasanya aku ga doyan makan ayam goreng apalagi pake banyak bumbu. Enakan makan ikan hehehe, masuk dapur liat bumbunya juga udah lengkap jadi deh dieksekusi-))

Resep Ayam Goreng Bumbu Kecapa ala Yuyu

Bahan:

1/2 kg ayam potong-potong jadi 8 bagian
5 siung bawang merah 
3 siung bawang putih
3 batang serai
2 lembar daun salam
3 iris jahe
3 iris lengkuas
1 sdm gula pasir
5 smd kecap manis
5 sdm saos sambel 
5 biji cabe rawit hijau
1 sdm kunyit bubuk
garam secukupnya
Minyak buat menggoreng

Cara membuat:

Cuci bersih daging ayam yang sudah dipotong, lumuri dengan kunyit bubuk. Goreng dalam minyak panas hingga matang, sisihkan. haluskan semua bumbu kecuali daun salam, tumis hingga harum. masukkan daun salam dan saus sambel. aduk rata, masukkan ayam goreng. tambahkan kecap manis, garam dan gula pasir.Aduk rata, ayam goreng kecap siap disajikan:-)) 









Friday, January 2, 2015

Puding Mozaik





Hari ini arisan keluarga dirumah teh Irma, aku buat puding ini buat dibawa kesana.
Udah lama pengen bikin tapi malas hehehe. 
Resep Puding Mozaik
Bahan-bahan:
Bahan1:
1 Bungkus agar-agar plain
700 ml susu
150 gram gula pasir
Sejumput garam
Bahan 2:
1/2 bungkus agar-agar warna Merah,kuning dan Hijau
500 ml air/ warna agar-agar

Cara membuat:
Campur agar-agar dengan air,masak hingga mendidih.cetak dan dinginkan.Lakukan pada semua warna lainnya.Tunggu hingga mengeras,potong kotak. Campur semua warna dalam satu wadah.Masukkan kedalam cetakan puding.
Masak bahan 1 hingga mendidih,matikan api dan terus aduh hingga uapnya hilang.Tuang sedikit demi sedikit kecetakan puding.Dinginkan kembali hingga mengeras,nikmat disantap dalam keadaan dingin dari kulkas.







Resep Puding Mozaik ala Yuyu

Bahan-bahan:

Bahan 1:

3 bungkus agar-agar warna hijau, merah dan orange
1500 ml air
6 sdm gula pasir

Bahan 2 :

1 bungkus agar-agar plain
500 ml air
150 gram gula pasir
1 bungkus vanili bubuk
1 buah santan kara ukuran kecil
1/2 kaleng susu kental manis

Cara membuat:

campur masing-masing agar-agar dengan 500 ml air dan 2 sdm gula pasir. Masak hingga mendidih dan dinginkan. Kalau sudah mengeras potong kotak dan campur ketiga warna tersebut, Campur semua bahan 2, masak hingga mendidih dan aduk hingga uapnya hilang. masukkan agar-agar yang sudah dipotong kotak dan dicampur kedalam cetakan agar-agar, masukkan bahan 2. Dinginkan atau masukkan dalam kulkas.

Selamat mencoba;-))