Sunday, December 28, 2014

Mie Kuah Ala Bone


Ingat waktu kecil, kalo ada uang jajan extra aku suka mampir makan Mie Kuah di depan Bioskop Istana. Wanginya menggoda, kuahnya dicampur kacang goreng yang diulek dengan bumbu. Biasanya kalo pulang dari sana aku pasti bibirku tambah dower karena kepedisan. Kebiasaanku makan pedes masih diingat teman--teman SDku setiap kali kami kumpul dan makan bersama;-)





Mie kuah ini aku buat waktu ulang tahun Agustus kemarin. Ga pengen menu lain, aku pengennya menu ini aja. Kue ultahnya juga buat dadakan berdua Keiko chan. Mie kuahnya dinikmati bersama tetangga dekat, kuenya dibagi-bagi ke tetangga dan keluarga:-)


Resepnya aku kira-kira aja, mencoba mengenang aroma dan rasa. Hasilnya lumayan bisa dicoba dirumah:-))

Resep Mie Kuah ala Bone

Bahan-bahan:

2 bungkus mie telur
1/4 kg daging ayam
2 butir  telur rebus
Bawang goreng secukupnya
3 lembar bawang daun
5 lembar daun seledri
1/2 kg kol
100 gram kacang tanah sangrai
1,5 liter air
Bumbu-bumbu :

3 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1sdt lada bubuk
Garam
kaldu bubuk kalo suka

Cara membuat:

Goreng bawang merah dan bawang putih, ulek dengan kacang sangrai yang sudah dibersihkan kulit arinya, lada bubuk dan garam. Rebus air hingga mendidih, masukkan kol yang sudah dipotong kasar, kalo sudah setengah matang, masukkan irisan bawang daun, seledri dan bumbu halus. Goreng kering daging ayam dan suwir-suwir. Masukkan kuah mie kedalam wadah besar, taburi dengan suwiran ayam goreng, bawang goreng dan telur rebus yang sudah diiris tipis. sajikan dengan Mie telur yang sudah direbus dan ditiriskan.

Selamat Mencoba-))
Post a Comment