Saturday, December 27, 2014

Mie Kering Makassar



Kalo ke Makassar, rugi kalo ga cobain Mie Kering. Pelopor pertamanya dari rumah makan Mie Titi. Makanan favorit Akang kasep hehehe. Waktu kuliah di Bandung, setiap kali pulang ke Makassar Akang suka minta oleh-oleh Mie Titi. Bawanya juga kudu pake trik biar ga basi dijalan. Aku beli sehari sebelum berangkat, Kuah dan mienya dipisah. Tiba dirumah kuahnya dibiarkan hingga suhu ruang terus disimpan di freezer. Sebelum ke bandara baru dikeluarin, aku bungkus koran berlapis-lapis terus masukin ke plastik. ditenteng naik ke pasawat. dijamin tiba dibandung dengan selamat. Tinggal panasin dan disiram diatas mie kering. Nikmat dengan sambel kuning khas Makassar yang pedes plus merica bubuk, dan jeruk nipis.

Mie Kering ala Melbourne

Buat kuahnya ga sulit, yang sulit ya dapetin mie kering yang udah digoreng. Waktu ke Melbourne bisa buat karena Mie siap pake bisa beli ditoko Cina. Di Bandung udah ada dijual, di Rumah Makan Konro Marannu Jl. Riau. Sejak ada menu itu disana, akang ga perlu nitip lg kalo aku pulang ke Mks hehehe. Waktu tinggal di Makassar aku beberapa kali buat mie kering, mie beli dipasar Terong. aku keringin sendiri baru digoreng. 

Mau buat dirumah? ini resep Mie kering ala Dapoer Yuyu:-)

Bahan Kuah :

1/4 kg dada ayam potong dadu
1/4 kg udang segar
10 biji bakso ikan
1 liter air
2 sdm tepung maisena
2 sdm susu bubuk
1 butir telur
1 ikat sawi ijo (potong panjang 4cm)
1sdt kaldu bubuk
1 sdt merica bubuk
3 siung bawang putih (ulek halus)
garam secukupnya

Cara membuat 

Rebus air hingga mendidih, masukkan daging ayam yang sudah dipotong kotak.Kalo udah matang, masukkan sawi ijo, udang, bakso  dan bumbu-bumbu. kalo rasanya udah pas masukkan campuran tepung maisena dan susu bubuk yang sudah dicairkan dengan beberapa sendok air dan aduk rata. Kocok telur dan tambahkan 3 sdm air, maskkan sedikit-demi sedikit kedalam kuah. aduk rata kembali. Siap dihidangan dengan mie kering yang sudah digoreng:-)

Selamat mencoba....




Post a Comment