Tuesday, July 1, 2014

Gagape Panasa (Nangka masak kelapa goreng khas Bugis)

Aku selalu merindukan aroma dapur Ummi saat hidangan ini ada di dapur. Rumah Ummi di kota tp tidak jauh dari pantai. Setiap pagi hilir mudik pedagang ikan di dekat rumah. Semuanya segar dan beragam jenis. Masakan ini sering Puang atau ummi masak karena menu favorit keluarga. Biasanya dicampur dengan udang segar tp karena persediaan udang segar aku mau masak dengan tempe dan tahu ntar sore. Aku ganti dengan 1/4kg daging ayam yang aku potong kecil-kecil buat menambah rasa.
Masakan dimasa kecil emang selalu ngangeni, karena tinggal jauh dari Ummi, setiap kali merindukannya. Aku selalu berusaha menghadirkan menu yang dulu sering kami santap bersama:-(( Rumah kami dulu adalah tempat ngumpul keluarga. rame setiap hari, yang tinggal dirumah bisa lebih sepuluh orang. itu keluarga dari Ummi dan Abba yang rumahnya jauh dari kota dan harus sekolah dikota. Ummi selalu masak dalam porsi jumbo saking banyaknya orang. ketika menikah, aku suka bingung gimana masak dalam porsi sedikit. sangat sulit karena terbiasa melihat masakan dalam jumlah banyak. Kalo masak yang banyak aku bagikan ke tetangga atau diantar kerumah keluarga. Aku suka sekali makan bersama.....menunya apa saja yang penting makan rame-rame. Tadi pagi aku nelp ke Uwak dan Bibi, ajak mereka buka puasa bareng dirumah kakek. aku mau bawa sayur ini dengan udang yang aku masak nar sore, dicampur tempe dan tahu. Khmmm kebayang rame dan nikmatnya makan bersama;-))

Nostalgia deh jadinya, ini aku share resepnya ya. Bulan kemarin aku posting foto tp nangkanya aku ganti terong Ungu tapi ga ada resep. Tadi aku sengaja ditakar semua bumbunya biar bisa dibagi diblog ini. biasanya aku masak ga patokan bumbu...ngalir aja di dapur:-))

Resep Gagape Panasa

Bahan-bahan:
1kg nangka muda (aku pesan yang udah dipotong-potong)
1/4 udang segar (aku ganti 1/4 daging ayam)
1 sachet santan instan kecil
1 liter air untuk merebus nangka muda
1 liter air panas untuk kuah sayur
1 sdm gula pasir atau gula merah
4 sdm minyak goreng buat numis bumbu
Bubuk penyedap kalo suka

Bumbu-bumbu:
10 siung bawang merah
8 siung bawang putih
1sdm ketumbar bubuk
1 sdt kunyit bubuk (kiriman Ummi)
1/2 sdt merica bubuk
7 sendok kelapa goreng
1 ruas  jahe
2 ruas lengkuas
4 batang sereh
3 sdm cabe halus
2 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam

Cara membuat :
Didihkan 1 liter air dipanci, masukkan nangka muda. masak hingga matang. buang airnya, sisihkan.Potong kecil-kecil daging ayam, bersihkan dan sisihkan.blender halus semua bumbu kecuali daun salam dan daun jeruk. Tumis bumbu di panci (aku pake panci teflon), kalo sudah harum, masukkan daging ayam. masak hingga matang. masukkan nangka yang sudah matang, tambahkan air panas 1 liter panas.aduk rata, masukkan santan instan. tambahkan garam dan gula, masak hingga mendidih. Tunggu beberapa saat, aduk kembali. siap dihidangkan:-))

Rebus nangka Hingga matang, buang airnya
 Daun jeruknya aku petik didamping rumah. beinhnya aku beli di pasar. kata orang daun jeruk angka delapan.
 Bumbunya ga ada yang ribet,kan?
 Bulan lalu aku beli kelapa di pasar,langsung di parut. sampe rumah aku goreng hingga kering, biarkan dingin dulu dan disimpan di kulkas.
 Kunyit bubuk kiriman Ummi, ini bumbu wajib ada didapur orang Bugis disana. tiap hari dipake buat campuran ikan masak:-))

Blender semua bumbu, kecuali daun salam dan daun jeruk


Santannya ga usah banyak karena udah ada kelapa gorengnya.


Note : Nangka bisa di ganti dengan Terong Ungu atau terong Ijo yang besar:-))

Post a Comment