Thursday, July 17, 2014

Cheese Ball Cookies


Resepnya dapat di Group NCC, diposting sama mbak Evi Lam. Aku modifikasi karena ada bahan yang ga tersedia didapur.

Resep Cheese Ball Cookies

200gram mentega
3kuning telur
250 gram tepung terigu
1 sachet susu dancow
2 sdm tepung custar
1kotak keju kraft (diparut)

Cara membuat:

Kocok mentega dan kuning telur hingga lembut. masukkan 1/4keju parut,kocok hingga rata. masukkan tepung terigu yang sudah diayak dengan susu dan tepung custar. bentuk bulat buat satu loyang, aku pake loyang kecil yang bisa 25 biji biar ga terlalu dempet. gulir diatas parutan keju. Panggang 25 menit atau sampai coklat.

Ini resep aslinya:

Butter 300 gram.. Royal Palmia 300 gram 

Garam1 sendok teh.. Kaldu ayam 1 sdt (eva pake all in Royco 1 sachet) 
Cream cheese 200 grm
Kocok rata.. masukin 5 kuning telur
Kocok pelan2.. masukin terigu protein rendah yang sudah diayak dengan susu bubuk ( tepung terigu 900 gram + susu bubuk 100 gram+ tepung custard 50-75 gram).. aduk rata
Masukin Keju parmesan 250 gram + 320 gram keju kraft parut 


Kue Kering Lidah Kucing Jadul


Menikmati kenangan masa kecil dalam loyang Lidah Kucing. Dulu kue ini wajib hadir setiap hari Raya Idul Fitri. Bentuknya ga seperti ini tapi berlipat-lipat. Cara buatnya adonan diletakkan ditalang yang udah diolesi mentega. diratakan dan dibentuk bulat tipis. Satu loyang biasanya ada 4 kue. Kalo udah matang, panas-panas dilipat empat. hasilnya seperti segitiga berlapis:-))

Baru kali ini beraniin buat, td kerumah tetangga dulu. Aku tanya dua orang tp ga satupun yang perah buat resep ini. Balik lg kerumah, aku nyari di embah google. Nyangkut di tutorial di http://www.youtube.com/watch?v=D1OgOlHtXBo. Akhirnya beraniin aja buat, alhamdlillah jd deh hehehe. Aku ga ngasih keju, pengen versi jadulnya:-)) aku ubah dikit takarannya ini resepnya ya.

Resep Kue Lidah Kucing

200gram mentega
50 gram gula halus
1/4dst garam
1 sachet susu dancow
150 gram tepung terigu
30 gram gula pasir
3 putih telur

Cara membuat:

Kocok putih telur dan gula pasir hingga kaku, sisihkan. kocok mentega, garam dan gula halus hingga lembut.masukkan susu dan tepung terigu yang udah diayak bersama. aduk rata dengan spatula. campur sedikit demi sedikit adonan putih telur kedalam adonan mentega. Masukkan kedalam plastik, lubangi ujungnya. cetak ketalang khusus kue lidah kucing atau talang biasa. Angkat apabila pinggirnya udah mulai kelihatan coklat. Dinginkan dan susun ditoples:-))


Wednesday, July 16, 2014

Bubur Candil Ubi Jalar

Sering bikin bubur candil tapi bahannya ketan putih, baru kali ini buat versi Ubi Jalar. 

Resep Bubur Candil Ubi Jalar

Bahan-bahan:
1kg ubi jalar, rebus dan haluskan
2 bungkus santan instan (aku pake santan Kara)
150 gram tepung tapioka
1/2sdt garam
1000 ml air
1/2kg gula merah

Cara membuat:

Masak santan dengan sejumput garam hingga mendidih,sisihkan. Campur ubi jalar halus,garam dan tepung tapioka, buat bola-bola kecil. Masak air dan gula merah, saring biar kotoran gula kebuang. masak kembali air gula hingga mendidih, masukkan bola-bola ubi. masak hingga bola-bola ubi mengambang. Sajikan bubur candil dalam mangkuk, siram kuah santan diatasnya. Siap santap:-)) 

Note: Kalo suka kuahnya kental. cairkan 2 sendok tepung tapioka dengan 1/2 gelas air. masukkan kedalam panci aduk hingga tercampur rata dengan air gula.








Coffee Cookies

Ngutak-atik resep, modifikasi dari resep Chocolate Chip Cookies. Sumbernya dari : Centercut Cook adapted Pennylane Kitchen. 

Coffe Cookies

Bahan-bahan:
31/2 cup tepung terigu (1 cup 120gram)
200 gram mentega (dicairkan)
100 gram gula pasir
2 bungkus White coffe
1 kuning telur
1telur utuh
1sdt soda kue

Cara membuat:

Lelehkan mentega, sisihkan. Masukkan gula pasir,aduk rata. Masukkkan telur kedalam campuran mentega cair dan gula, sisihkan. campur terigu, vanili,soda kue dan white coffe. masukkan kedalam adonan cair. aduk rata dengan spatula, simpan di kulkas minimal 3 jam. diankan disuhu ruang 1jam. bentuk bola-bola kecil,susun diloyang dan tekan satu persatu dengan punggung garpu. panggang dioven 25 menit. 

 Adonannya keras, baru dikeluarin dari kulkas, diamkan dulu sebelum dibentuk. Nanti lama-lama juga enak dipulung.
 Tekan dengan punggung garpu
Tarra....ini hasilnya. Wangi kopi banget:-))

Tuesday, July 15, 2014

Kue Kering Putri Salju


Hari ini melawan rasa malas, setelah rencana membuat kue ini terunda beberapa hari. Pagi-pagi masuk ke dapur, buat dulu satu resep adonan  kue buat disimpan di kulkas baru mulai kerjakan resep ini. Puas liat hasilnya, cantik seperti yang biasa aku liat di group NCC hehehe. Td googling resep tp ga ada yang nyangkut, buat perbandingan aja bahan-bahannya. sisanya ngalir aja didapur. Aku ga ngasih kadang mente, lebih suka rasanya tanpa kacang ;-))

Resep Puteri Salju

200gram mentega
1sdm roombutter
2 kuning telur
50 gram gula halus
400 gram Terigu (aku kira-kira aja soalnya pake takaran cup bukan timbangan)
1sdt vanili

Cara membuat:

Kocok mentega dan roombutter hngga lembut, masukkan vanili dan  kuning telur satu persatu. Masukkan gula halus, kocok lg sampai tercampur rata. Masukkan terigu sedikit demi sedikit, aduk dengan spatula. cetak dan bakar hingga matang.Tata wadah datar yang sudah ditaburi gula donat campur susu taburkan kembali diatasnya hinga taburan merata.

Bahan Taburan: 100 gram gula donat campur dengan satu sachet susu Dancow

Masak dan bikin kue itu seperti belajar tentang kehidupan, jangan takut untuk memulai dan jangan takut gagal. Terus belajar dan belajar:-))



Sunday, July 13, 2014

Chocolate Chip Cookies

Resep ini aku dapat Group NCC di Facebook.Diposting mbak Afif Haryanti. Aku simpan adonan kuenya di kulkas selama 5 jam, aku diamkan disuhu ruang 2 jam sebelum diolah. Rasanya enak banget, krenyesssss. Makasih mbak Afif:-))

Chocolate Chip Cookies
Versi Kurang Manis:
sumber Centercut Cook adapted Pennylane Kitchen
330 gram terigu protein sedang
1 sdt soda kue
1 1/2 sdt maizena
1/2 garam halus
180 gram mentega, lelehkan
130 gr gram gula pasir
30 gr gula palem
1 telur utuh
1 kuning telur
1 sdt pasta vanilla
200 gr milk chocolate chips + 50 gr untuk garnish


Cara Membuat:

1.                 Ayak terigu, soda kue, maizena, garam, ke dalam mangkuk adonan. Aduk rata.
2.                 Di wadah lain, campur mentega leleh, gula pasir dan gula palem, aduk hingga gula larut dan menyatu dengan mentega. Adonan menjadi seperti adonan karamel. Masukkan telur utuh dan kuning telur, aduk rata. Masukkan pasta vanilla, aduk rata.
3.                 Tuang adonan basah ke dalam adonan kering, aduk rata dengan sendok kayu. Masukkan chocolate chips, aduk rata.
4.                 Tutup mangkuk dengan plastik wrap, dinginkan adonan dalam kulkas minimal 3 jam.
5.                 Keluarkan adonan dari kulkas, biarkan 10 menit agar mudah dibentuk. Bentuk adonan dengan tangan membentuk bulatan tidak sempurna , atau tergantung keinginan, letakkan di loyang kue kering yang sudah dialasi silpat atau baking paper, beri jarak antara adonan. 
6.                 Pipihkan sedikit adonan dengan jari. Tidak perlu membentuk permukaan yang sempurna. Biarkan ia penuh lekuk dan lipatan agar nantinya membentuk keriput yang cantik. Jika adonan licin sempurna, permukaan cookies akan melengkung biasa. Beri beberapa chocolate chips tambahan di permukaan cookies, tekan separuh masuk ke dalam adonan. 
7.                 Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan 180 derajat Celsius selama 11 menit. ( saya menggunakan suhu 150 derajat celcius, 25 menit supaya kukisnya lebih merata matangnya )
8.                 Keluarkan dari oven, dinginkan 10 menit, pindahkan cookies ke atas rak, biarkan dingin seluruhnya. Simpan dalam wadah tertutup.


Note :
 gunakan chocolate chip yang berbentuk paku, bisa merk Ceres, Delfi atau lainnya supaya rasa chocolate chipnya lebih berasa coklatnya dan lunak setelah dioven.





Sate Hati Ampela Ayam

Menu ini paling praktis dan bisa dibuat dadakan karena ga perlu ngulek bumbu. Keiko chan suka sekali, kalo anak-anak ga suka makan ampela karena alot bisa pake hati ayam aja.

Resep Sate Hati Ampela Ayam ala Yuyu

Bahan-bahan:
1/4kg hati ampela ayam
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1 buah tomat merah
1 ruas jahe
sejumput garam
3 sdm kecap manis
2 lembar daun salam
1sdm minyak untuk menumis

Cara membuat:

Cuci bersih hati ampela ayam, sisihkan. cincang kasar bawang merah, bawang putih dan jahe. potong kecil-cil tomat, sisihkan. tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan jahe cincang, tomat dan daun salam. masukkan hati ample ayam kalo bumbu udah tercampur rata. masukkan daun salam, garam dan kecap manis. biarkan mendidih beberapa menit.Tusuk hati ampela ayam dengan tusukan sate, siramkan sisa bumbu diatasnya. Siap dihidangkan, praktis bukan:-))


Bale Nasu ala Bugis:-)


Bale nasu ini menu yang hadir dimeja makan setiap hari sejak aku masih kecil. Dulu ga terlalu suka,lebih suka yang digoreng. Tapi sekarang kalo bikin, sampai habis ga ada yang digoreng. Senang banget kalo dapat ikan segar, kalo udah dimasak bisa langsung disantap. Asyiknya dengan sambel tumis ekstra pedes dan sayur bening khmmmmmm Bugis banget hehehe.

Resep Bale Nasu ala Bugis

1kg ikan tongkol (ikannya bisa ikan apa saja)
Asam
Garam
1/2sdt merica bubuk
1/2 sdt kaldu bubuk
3siung bawang merah
cabe rawit muda
500 ml air
1sdt gula pasir
1sdm kunyit bubuk

Cara membuat:

Siapkan panci, masukkan air, asam, garam, kaldu bubuk,gula pasir, kunyit bubuk dan bawang merah yang sudah diiris halus. remas-remas garam dan semua bumbu hingga tercampur rata. masukkan ikan, tambahkan beberapa biji cabe rawit hijau. masak hingga mendidih. biarkan mendidih 10 menit, siap dihidangkan:-))






Bahagia itu sederhana, bisa menikmati  masakan sendiri bersama keluarga:-))

Risoles Ayam Saus Mayones

Jangan liat tampilannya, kurang rapi tp rasanya.....enakkkkkk banget:-))

Resep Risoles  ayam saos mayones

Bahan kulit:

250 gram tepung terigu
300 ml susu cair
300 ml air dingin
100 gram mentega (dicairkan)
sejumput garam

Cara membuat:

Campur tepung terigu, garam, susu cair dan air dingin. aduk hingga terampur rata lalu saring. masukkan mentega, aduk rata kembali. buat dadar memakai pan teflon biar ga lengket. isi dengan bahan isian,lipat dan gulung. gulingkan di kocokan telur lalu gulingkan ditepung panir. simpan dikulkas minimal sejam biar tepung panir lengket, siap digoreng.

Resep Isian
Bahan-bahan:
1/2 kg dada ayam direbus dan dicincang kasar
1/4kg wptel potong dadu kecil
7 sendok saos mayones
2 siung bawang putih cincang kasar
sejumput garam
sejumput lada
1/2 sdt kaldu bubuk
1 sdm minyak goreng

Cara membuat:

Tumis bawang putih dengan satu sendok minyak goreng sampai harum, masukkan ayam cincang.kalo sudah setengah matang, masukkan wortel dan semua bumbu. Dinginkan sebentar, masukkan mayones. aduk rata,siap dipakai.

Bahan Panir:

200gram tepung panir
2 butir telur


Risoler ini tahan di kulkas, saya simpan 3 hari masih segar padahal bukan di freezer. kayaknya kalo di freezer bisa seminggu:-))

Cookies Hias

Cookies hias, hasil kerja bareng anak-anak gadis yang ributnya luar biasa. Kuenya udah buat dua minggu lalu. Baru sempat dihias, nunggu Keiko chan liburan sekolah jd dedek Icha dan teh Salmah bisa ikutan menghias.





Senyum ceria, ngabuburit didapur sama Ibu.

Resep Cookies:

200 gram mentega
100 gram gula pasir
300 gram terigu
1sdt vanili

Cara membuat:

kocok mentega sampai lembut, masukkan vanili dan gula halus. kalo udah rata, masukkan terigu. adonan simpan di kulkas 1 jam. cetak dan oven 25 menit.dinginkan, simpan di wadah tertutup rapat.

Resep Icing sugar :

1 putih telur
80 gram gula halus
1sdt cuka
pewarna makanan

Cara membuat:
masukkan putih telur dan gula halus kedalam wadah, mixer hingga kaku dan kental berjejak.masukkan cuka sebelum adonan kaku banget. mixer kembali. adonan siap kalo dibalik ga netes kebawah. harusnya pake air jeruk nipis 1sdt tp lg ga ada persediaan didapur.

Menghias cookies, buat dulu pinggiran disekeliling kue baru diratakan. setelah itu ditimpa warna lain. oven kembali 5 menit.

Saturday, July 5, 2014

Muffin Cocopandan

Minggu kemarin waktu buat butter cream untk kue ulang tahun Keiko chan, percobaan pertamanya gagal. 1/2kg mentega putih yang aku campur sirup Cocopandan dan susu kental manis menggumpal tak karuan. Ternyata penyebabnya adalah saya menteganya belum terkocok rata dengan mixer udah saya tambahin gula dan campuran sirup Cocopandan dan susu. Menteganya misah dengan cairan. Aku mixer malah muncrat kemana-mana hehehe.akhirnya aku simpan dulu di kulkas. Butter cream gagal itu membeku jd aku masak dikompor hingga cair baru aku masukkan di adonan muffin. Ibu-ibu kalo ada resep gagal, bahannya jangan dibuang. simpan dulu, kalo ada waktu baru diolah kembali:-))

Muffin Cocopandan ala Yuyu

Bahan-bahan:

250 gram tepung terigu
2 butir telur ayam
75 gram gula
100 gram mentega putih
50 mil sirup Cocopandan
50 ml susu cair
1 1/2 sdt baking powder

Cara membuat:

Panaskan oven hingga mencapai 150 derajat (aku pakai oven tangkring) Campur tepung terigu,gula pasir dan baking podwer,sisihkan. kocok telur dengan susu cair sisihkan.Campur mentega leleh yang sudah dimasak dengan sirup Cocopandan kedalam campuran tepung.masukkan kocokan telur. aduk rata, angan terlalu diaduk, nanti bantat. masukkan kedalam 3/4 cetakan muffin. Panggang dalam oven dengan suhu 150 derajat selama 30 menit.


 Aku pake dua resep, jadinya 18 muffin:-))
Muffinnya buat buka puasa ntar sore ya sayang:-))

Wednesday, July 2, 2014

Sambel Cabe Rawit

Sambel Cabe rawit ini tahan di freezer hingga 3 bulan. Aku beli waktu petani yang tinggal di dekat kompleks rumahku panen di kebunnya. Biasanya kalo beli aku ga patok minta berapa kilo. Aku tinggal ngasih uang, selalu saja dilebihkan. Harga tetangga kali ya;-))

Resep Sambel Cabe Rawit :

1/2 kg Cabe rawit
5 siung bawang merah
1 sdm garam
3 sdm gula merah atau gula pasir
3 sdm minyak goreng
500 ml air panas

Cara membuat:

bersihkan cabe rawit dari tangkainya, cuci bersih dan sisihkan.Blender cabe rawit, air panas dengan bawang merah yang sudah dibersihkan dan diiris kasar. panaskan minyak di wajan (aku pake panci teflon, bair airnya cepat kering) masukkan cabe rawit yang sudah diblender. tambahkan gula merah atau gula pasir. aduk sesekali, tunggu hingga airnya menyusut. Biarkan hingga dingin, masukkan kewadah yang sudah dicuci bersih dan dibersihkan dengan tissu kering.







Note: Kalo mau buat sambel Tomat tinggal diiriskan bawang 2 siung bawang merah, goreng hingga harum. Masukkan potongan tomat, tambahkan garam, gula dan dua sendok sambel cabe rawit:-))