Monday, June 9, 2014

Bubur Ayam ala Dapoer Yuyu



Bubur ayam favoritku selalu aku tambahkan satu bungkus kecil santan Instan. Daging ayamnya aku rebus dulu, tulangnya aku cemplungin dalam bubur biar lebih enak rasanya.

Resep Bubur Ayam ala Dapoer Yuyu

bahan-bahan:

1/4 kg beras
1 sachet santan instan (aku pake merek Kara)
1 sdt Garam halus
1 liter air

Cara Membuat:

Masak air hingga mendidih, masukkan beras yang sudah dicuci bersih. masak hingga mendidih kembali. tutup dan matikan apinya, diamkan 20 menit hingga beras menjadi bekah dan airnya sisa sedikit. masak kembali hingga menjadi bubur, tambahkan air kalo kurang. masukkan santan kara dan garam. Tulang ayamnya bisa dicemplungin biar lebih gurih tp kalau mau bubur ayamnya keliatan bersih banget jangan dimasukin.

Bahan Taburan:

1/4 kg daging ayam (rebus dan goreng hingga matang)
bawang goreng
daun seledri
kacang goreng (kalau suka)
sambel Tomat extra pedes
Kerupuk

Penyajian:

Tuang bubur ayam keddalam mangkuk, taburi dengan suwiran daging ayam, daun seledri, kacang goreng dan bawang goreng. tambahkan kerupuk dan sambel tomat extra pedes.


# Tips membuat Bubur extra cepat n ga lama di dapur.

Siapkan beras, cuci bersih dan masukkan dalam panci (lebih bagus kalo pake panci teflon) pakai air panas dari dispenser dalam jumlah banyak. kalo ga ada masak air dalam panci terpisah. masak hingga mendidih, tunggu beberapa saat. tutup panci dan matikan api. sambil nunggu bisa kerjakan yang lain. setelah 20 menit beras dalam panci sudah mekar dan setengah bubur. nyalakan kembali api, tidak butuh waktu lama hingga menjadi bubur yang siap santap:-))

Kalo aku lg rajin sebelum tidur, biasanya aku udah masak bubur setengah jadi jd pagi-pagi tinggal nyelesain aja.
Selamat Mencoba:-)



Post a Comment