Friday, June 20, 2014

Artisan Bread (No knead dough)




Tadi malam sebelum tidur, saya buat adonan roti ini. Resepnya ngambil di http://www.simplysogood.com/2013/03/artisan-no-knead-bread.html. 

Bahan-bahannya :

3 Cup terigu
1/2 sdt ragi instan
1 3/4 sdt garam
1 1/2 air 

Cara Membuat:

siapkan wadah, masukkan tepung terigu. masukkan ragi isntan,aduk hingga tercampur rata. setelah itu masukkan garam (garam dan ragi instan jangan masukkan bersamaan). aduk kembali, setelah tercampur rata, masukkan air. jangan terlalu banyak diaduk, ingat...ini adalah resep roti tanpa diuleni. tutup pake plastik wrap. diamkan pada suhu ruang selama minimal 12 jam. tadi malam saya siapkan adonan jam 9 malam dan saya mulai kerjakan kembali tadi siang jam 14.00. Saya sempat deg-degan roti ini ga bakal jadi karena memakai air dingin dari kulkas. saya nyari perbandingan resep di berbagai blog akhirnya ketemu dari salah satu blog diluar bahwa semua air yang dapat diminum maka itu akan bekerja pada adonan roti:-))










setelah 16 jam difermentasi maka penampakan roti seperti gambar dibawah ini. adonannya basah dan sangat lengket.

Tahap berikutnya adalah menyiapkan oven dan panci. Nyalakan oven, katena pake oven nangring dengan suhu tertinggi 200 derajat. Maka saya siapkan aja suhu seperti itu, masukkan panci yang dilengkap tutup. oven dalam kondisi kosong selama 30 menit. sambil menunggu kita siapkan proses berikutnya.

 Pindahkan adonan ketas kertas roti, adoan sangat lengket.
 tutup adonan dengan plastik wrap.



 Setelah panci sudah dipanaskan 30 menit, pindahkan adonan kedala panci dan masukkan ke oven.
 panggang selama 30 menit, dengan panci yang dilengkapi tutup
Ini setelah dipanggang selama 30 menit. kalo pake oven listrik pake api bawah dan atas jadi hasilnya bisa lebih bagus. setelah itu masukkan kembali ke oven tapi tutup pancinya dibuka. saya oven kembali selama 20 menit (optional)


Enaknya sih roti ini dinikmati dengan sup krim kental ya. Tapi penasaran pengen nyobain jadinya aku iris-iris aja. atasnya aku oles pake mentega yang dicampur bawnag putih halus dan bubuk Oregano. aku panggang 10 menit:-)



Post a Comment